• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cuka Sari Apel Ampuh Obati Sariawan Anak, Kok Bisa?

Cuka Sari Apel Ampuh Obati Sariawan Anak, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cuka Sari Apel Ampuh Obati Sariawan Anak, Kok Bisa?

Halodoc, Jakarta - Jika ibu melihat ada ruam putih di dalam mulut Si Kecil, kemungkinan ia mengalami sariawan. Sariawan adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur candida. Kondisi ini bisa terjadi di mulut dan bagian tubuh lainnya. Jika Si Kecil mengalami sariawan, bagaimana mengobatinya?

Untuk mengobati Si Kecil yang sariawan, ibu dapat menggunakan cuka sari apel sebagai pengobatan alami. Perlu diketahui, cuka sari apel memiliki sifat anti-jamur yang dapat melawan candida, jamur penyebab sariawan. Pemberian cuka sari apel untuk sariawan bisa dengan cara mengoleskannya ke area yang terinfeksi. 

Baca juga: Sering Sariawan Tanda Kurang Vitamin C, Benarkah?

Keampuhan Cuka Sari Apel untuk Obati Sariawan

Cuka sari apel terbukti secara ilmiah memiliki sifat antimikroba dan antibakteri. Cuka sari apel efektif menghilangkan sel kulit mati. Hal ini membantu menyembuhkan sariawan lebih cepat setelah mencapai tahap keropeng. Sifat antiseptik dalam cuka sari apel juga bermanfaat untuk mengurangi risiko infeksi sekunder pada sariawan yang sebelumnya sudah ada. 

Untuk membuktikannya, cobalah menggunakan cuka sari apel untuk mengobati sariawan anak. Berikut beberapa metode yang dapat dicoba:

1.Cuka Sari Apel yang Diencerkan

  • Encerkan cuka sari apel dengan air.
  • Rendam kapas dalam larutan ini dan oleskan pada luka sariawan satu atau dua kali sehari sampai sembuh. 
  • Jangan gunakan cuka sari apel berkekuatan penuh pada kulit, karena dapat membakar atau mengiritasi area yang parah dan menyebabkan jaringan parut. 

2.Cuka Sari Apel dan Madu

  • Campur cuka sari apel yang diencerkan dengan madu hingga membentuk pasta. 
  • Oleskan cuka sari apel dan madu yang sudah membentuk pasta ke area sariawan satu atau dua kali sehari selama 5 sampai 10 menit. 
  • Oleskan dengan lembut dengan kain atau kapas yang lembut. Madu dapat menempel di korek, untuk itu tarik sebelum waktunya supaya tidak terlalu keras dan sakit dilepaskan. 

Baca juga: 5 Fakta tentang Sariawan

3.Cuka Sari Apel dan Tea Tree Oil

Tea tree oil juga bisa membantu mengurangi peradangan dan terbukti memiliki efek antivirus. Begini cara membuatnya: 

  • Encerkan sekitar 5 tetes tea tree oil.
  • Campurkan minyak yang sudah encer dengan cuka sari apel.
  • Gunakan larutan ini sebagai obat untuk mengobati sariawan. Oleskan satu atau dua kali sehari menggunakan kapas, dan biarkan di area tersebut selama lima menit setiap kali. 
  • Ulangi pengobatan sampai sariawan benar-benar hilang. 

Jangan pernah menelan tea tree oil atau membiarkannya tertelan, karena bisa menjadi racun. Perlu diketahui, tea tree oil bisa mengiritasi kulit, sehingga kemungkinan tidak cocok untuk semua orang. 

Walaupun memiliki sifat basa, cuka sari apel bersifat asam. Untuk itu, sebaiknya jangan gunakan dengan kekuatan penuh pada kulit atau sariawan, terutama jika luka terbuka atau di area sensitif. Hal ini bisa menyebabkan luka bakar serius, perih, dan iritasi.

Baca juga: Cari Tahu 5 Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya

Sariawan mudah diobati pada anak-anak yang sehat. Namun, apabila gejalanya lebih buruk dan sulit untuk diobati dengan pengobatan alami, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter mungkin akan meresepkan obat antijamur yang harus diminum selama 10-14 hari. 

Obat sariawan tersedia dalam bentuk tablet, tablet hisap, atau cairan. Pemberian resepnya akan disesuaikan dengan usia anak, mana yang lebih mudah digunakan. Ibu juga bisa beli obat sariawan resep dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Apple Cider Vinegar Remedies: Do They Work?
Healthline. Diakses pada 2021. How to Treat Cold Sores with Apple Cider Vinegar
Journal of Prosthodontics. Diakses pada 2021. Antifungal Activity of Apple Cider Vinegar on Candida Species Involved in Denture Stomatitis