• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Bahan Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Bahan Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

“Tekanan darah tinggi bisa memicu berbagai gangguan kesehatan yang lebih buruk. Sangat penting melakukan pengobatan dan perawatan agar kesehatan membaik. Sebaiknya perbanyak mengonsumsi bahan alami, seperti wortel, bawang putih, seledri, hingga sayuran hijau untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.”

Halodoc, Jakarta – Tekanan darah tinggi terjadi ketika tekanan darah berada di 130/80 mmHg atau lebih. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit berbahaya karena dapat muncul tanpa gejala apa pun. Biasanya, gejala akan muncul saat kondisi sudah terbilang parah dan memicu gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Membahayakan Kesehatan, Ini Buktinya

Selain pengobatan secara medis, kamu bisa melakukan perawatan di rumah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup dan pola makan sehat. Sebaiknya ketahui berbagai bahan alami yang bisa membantu kamu menurunkan tekanan darah tinggi.

Kenali Tekanan Darah Tinggi Lebih Banyak

Tekanan darah tinggi dibagi menjadi dua jenis, yaitu tekanan darah tinggi primer dan sekunder. Tekanan darah tinggi primer dapat berkembang dalam waktu yang cukup panjang dan tidak diketahui penyebab pastinya. 

Sedangkan tekanan darah tinggi sekunder adalah tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh berbagai gangguan kesehatan, seperti gangguan ginjal, tumor kelenjar adrenal, kelainan pembuluh darah, obesitas, kehamilan, hingga penggunaan obat terlarang.

Pengidap tekanan darah tinggi umumnya tidak merasakan gejala apa pun diawal. Gejala muncul ketika penyakit sudah memburuk. Biasanya, pengidap merasakan gejala, seperti sakit kepala, napas menjadi lebih pendek, gangguan tidur, hingga keringat berlebihan.

Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin. Penanganan lebih dini tentunya akan memudahkan pengobatan yang perlu dilakukan.

Baca juga: Cara Menurunkan Darah Tinggi yang Paling Efektif

Bahan Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Sebaiknya lakukan pengobatan sesuai dengan anjuran dokter untuk meringankan gejala dan menurunkan risiko komplikasi dari tekanan darah tinggi. Tidak ada salahnya kamu melakukan berbagai perawatan di rumah agar pengobatan yang dijalani dapat berjalan dengan maksimal.

Perubahan gaya hidup dan pola makan sehat menjadi tindakan yang perlu kamu lakukan sehari-hari untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Rutin berolahraga, menjaga berat badan tetap stabil, mengurangi asupan makanan yang menggunakan garam, menghentikan kebiasaan merokok, dan membatasi pengonsumsian alkohol menjadi gaya hidup sehat yang membantu kamu untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, kamu perlu mengonsumsi beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, seperti:

  1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibiotik secara alami. Bawang putih mampu meningkatkan produksi oksida nitrat tubuh yang membantu otot polos untuk rileks dan pembuluh darah melebar. Kondisi ini bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Seledri

Seledri menjadi salah satu sayuran yang bisa membantu kamu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan seledri memiliki kandungan senyawa phthalides yang mampu membantu pembuluh darah menjadi lebih rileks dan menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Wortel

Bukan hanya untuk kesehatan mata, wortel mampu membuat pembuluh darah mengendur dan mengurangi peradangan. Manfaat tersebut bisa membantu kamu menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Buah Sitrus

Ada berbagai jenis buah sitrus yang bisa kamu temui dengan mudah, seperti jeruk dan lemon. Buah sitrus memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang membantu kamu menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan nitrat yang bisa membantu kamu mengontrol tekanan darah. Mengonsumsi sayuran hijau secara rutin bermanfaat untuk mencegah risiko tekanan darah tinggi. Cobalah mengonsumsi beragam sayuran hijau, seperti kale, bayam, hingga brokoli.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Darah Tinggi

Itulah bahan alami yang bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang sedang dialami. Gunakan aplikasi Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter mengenai perawatan tepat bagi pengidap tekanan darah tinggi di rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. 10 Ways to Control High Blood Pressure Without Medication.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Fifteen Good Foods for High Blood Pressure.
Healthline. Diakses pada 2021. The 17 Best Foods for High Blood Pressure.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Hypertension.