5 Cara Ampuh Mengusir Kantuk Saat Kerja

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
5 Cara Ampuh Mengusir Kantuk Saat Kerja

Halodoc, Jakarta – Jam kerja yang panjang tak jarang membuat orang merasa bosan hingga mengantuk. Terlebih bagi pekerja yang memiliki jadwal padat dengan waktu istirahat yang singkat. Nah, agar rasa kantuk saat kerja tidak menurunkan produktivitas kamu, yuk simak beberapa cara ampuh mengusir kantuk saat kerja berikut ini!

1. Bergerak

Selain membuat tubuh selalu bugar, bergerak merupakan salah satu cara paling ampuh untuk usir kantuk saat kerja. Ketika kamu merasa ngantuk, cobalah untuk beranjak sejenak dari tempat duduk dan berjalan di sekitar area kantor selama beberapa menit.

Baca juga: Bekerja di Comfort Zone, Ini Tips Move On ke Kantor Baru

Berjalan kaki dapat membuat jantung terpacu untuk memompa lebih banyak darah kaya oksigen ke pembuluh darah, otak, dan otot. Pasokan oksigen tersebut dapat membuat otak tetap aktif dan waspada, sehingga secara tak langsung rasa kantuk pun menghilang.

2. Lakukan Power Nap

Power nap atau tidur siang sejenak dapat menjadi cara yang juga ampuh untuk hilangkan kantuk saat jam kerja. Hal ini dapat membuat tubuh relaks dan segar dengan cepat. Kamu dapat melakukannya dalam posisi duduk atau berbaring jika ada tempat yang memungkinkan.

Durasi power nap yang ideal adalah selama 15-20 menit. Jika kurang dari 15 menit, tubuh tidak akan terasa segar dan rasa kantuk tetap hinggap. Sebaliknya, jika lebih dari 20 menit, kamu malah akan semakin lesu dan mengantuk.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 9 Tipe "Karyawan Racun" di Kantor

3. Teknik Pernapasan

Tak kalah ampuh dalam mengusir kantuk, teknik pernapasan dapat membantu tingkatkan kadar oksigen dalam tubuh, perlambat detak jantung, turunkan tekanan darah, dan tingkatkan aliran darah. Semua manfaat itu dapat membuat energi tubuh meningkat dan kantuk pun sirna. 

Cara melakukannya adalah:

  • Pasang posisi duduk dengan tegak di kursi, lalu fokuslah untuk bernapas menggunakan perut.

  • Letakkan tangan kanan pada perut, tepatnya di bawah rusuk. Kemudian letakkan tangan kiri pada dada.

  • Tarik napas yang dalam melalui hidung, kemudian biarkan perut mendorong tangan kanan. Usahakan dada tidak bergerak. Lalu embuskan napas melalui bibir yang mengerucut.

  • Ulangi langkah-langkah tersebut sebanyak 10 kali.

4. Makan Camilan Sehat

Ketimbang kopi dan makanan manis, camilan sehat merupakan pilihan terbaik untuk dikonsumsi ketika merasa ngantuk. Kafein pada kopi memang dapat menghilangkan kantuk, tetapi efeknya justru membuat kualitas tidur menurun. Sementara itu, gula pada makanan manis justru dapat membuat tubuh jadi cepat lelah.

Oleh karena itu, sebaiknya biasakan diri untuk mengonsumsi camilan sehat ketika mengantuk di jam kerja, daripada mencari kopi atau kudapan manis. Beberapa contoh camilan sehat yang disarankan adalah:

  • Yoghurt. Bisa dikombinasikan dengan kacang-kacangan.

  • Wortel kecil dengan cocolan keju rendah lemak.

  • Biskuit gandum.

  • Buah-buahan kaya vitamin C seperti jeruk, nanas, kiwi, dan pepaya.

  • Cokelat hitam, tanpa tambahan pemanis.

  • Teh hijau, tanpa tambahan gula.

Beberapa camilan tadi hanya referensi. Ada banyak sekali variasi camilan sehat lain yang bisa kamu coba. Jika butuh saran terkait camilan sehat, kamu bisa melakukan diskusi dengan dokter gizi di aplikasi Halodoc lewat Chat atau Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasinya!

Baca juga: Jadi Orang Introvert di Kantor, Harus Perhatikan 3 Hal Ini

5. Perbaiki Kualitas Tidur

Sesekali mengantuk saat kerja memang hal yang wajar. Namun, jika kamu terlalu sering mengalaminya, bisa jadi ada yang salah dengan pola dan kualitas tidurmu. Kamu bisa memulainya dengan membatasi aktivitas pada malam hari dan hindari aktivitas dengan gawai seperti ponsel atau laptop, dan tidur setidaknya 7 jam setiap malamnya.

Pola waktu tidur dan bangun juga penting untuk diperhatikan. Sebaiknya, usahakan untuk selalu tidur dan bangun pada pukul yang sama. Hal in bertujuan untuk membuat tubuh memiliki jam biologis yang teratur, sehingga kemungkinan untuk mengantuk di siang hari menjadi minim.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. 12 Tips to Avoid Daytime Sleepiness.
Everyday Health. Diakses pada 2019. Ways To Snap Out Of Feeling Sleepy At Work And Home.
Verywell Health. Diakses pada 2019.10 Tips for Staying Awake When You Are Feeling Too Sleepy.