• Home
  • /
  • 5 Cara Atasi Mata Lelah karena Astenopia

5 Cara Atasi Mata Lelah karena Astenopia

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
5 Cara Atasi Mata Lelah karena Astenopia

Halodoc, Jakarta – Setiap anggota tubuh, bahkan termasuk mata dapat mengalami kelelahan. Mata yang terasa lelah dapat menimbulkan kondisi yang tidak nyaman pada pengidapnya. Meskipun mata lelah atau astenopia bukan masalah serius pada kesehatan, kondisi yang tidak segera diatasi dapat mengganggu aktivitas.

Baca juga: Kelelahan pada Mata, Kenali Gejalanya

Umumnya, mata lelah dapat diatasi dengan memenuhi kebutuhan istirahat. Namun, jika mata lelah berlangsung dalam waktu yang cukup lama, kondisi ini dikategorikan sebagai gangguan mata. Tidak ada salahnya untuk mengetahui cara sederhana yang dilakukan untuk mengatasi mata lelah agar tidak mengganggu kehidupan sehari-hari.

Kenali Gejala Mata Lelah

Mata lelah dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti menatap gadget dalam waktu yang cukup lama, terlalu lama membaca dalam cahaya yang kurang terang, terpapar cahaya yang terlalu menyilaukan, dan menyetir dalam waktu yang cukup lama. Sebaiknya perhatikan kegiatan yang dilakukan ketika kamu mengalami mata lelah.

Mata lelah dapat menimbulkan gejala pada pengidapnya. Dilansir dari Healthline, gejala astenopia atau mata lelah berbeda pada setiap pengidapnya dan tergantung pada penyebabnya. Meskipun begitu, ada beberapa gejala yang umum terjadi pada pengidap mata lelah, seperti nyeri pada sekitar mata, mata terasa gatal, sakit kepala ketika kamu melakukan kegiatan yang menggunakan organ mata secara terus-menerus, dan mata yang menjadi kering.

Tidak hanya itu, pengidap astenopia juga mengalami perubahan pandangan yang lebih sensitif saat melihat cahaya dan pandangan yang menjadi buram. Bahkan, terkadang pengidap astenopia kesulitan membuka mata saat mengalami astenopia. Dilansir dari American Academy of Ophthalmology, pengidap astenopia terkadang mengalami beberapa gejala lain, seperti migraine yang menyebabkan pengidapnya mual serta kedutan pada beberapa otot di sekitar wajah atau mata.

Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan pada rumah sakit terdekat ketika mengalami beberapa gejala mata lelah. Mata lelah yang tidak segera diatasi dapat sebabkan komplikasi pada kesehatan mata, seperti astigmatisma dan hyperopia.

Baca juga: Hobi Nonton Marathon? Ini Tips Istirahatkan Mata

Cara untuk Atasi Astenopia

Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa hal untuk melindungi dan menjaga mata dari astenopia, seperti:

1. Istirahatkan Mata

Dilansir dari Very Well Health, cara ampuh yang bisa mengatasi mata lelah dengan mengistirahatkan mata yang mengalami kelelahan. Jika kamu mulai mengalami gejala mata lelah atau astenopia, sebaiknya pejamkan mata beberapa menit dan hindari melihat objek yang terlalu kecil.

2. Perhatikan Cahaya yang Muncul dari Gadget

Cara lainnya yang bisa dicoba dengan memerhatikan letak layar komputer. Pastikan lebih rendah dari level mata agar meningkatkan produksi air dan menenangkan mata yang lelah. Manfaat lain jika posisi layar lebih rendah adalah menghindari otot leher jadi tegang karena selalu tegak menatap layar komputer.

3. Gunakan Obat Tetes Mata

Penggunaan gadget dapat sebabkan mata kering yang membuat astenopia atau mata lelah. Sebaiknya gunakan obat tetes mata jika kamu mengalami mata kering agar terhindar dari mata lelah. Jangan khawatir, kamu bisa membeli obat tetes mata tanpa keluar rumah dengan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc, sekarang juga!

4. Perhatikan Objek yang Kamu Lihat

Sebaiknya saat mengalami mata lelah perhatikan objek yang fokus kamu lihat. Hindari objek yang terlalu kecil saat mengalami mata lelah. Saat kamu menyetir, tidak ada salahnya berhenti sebentar untuk mengistirahatkan mata yang fokus pada perjalanan.

5. Kompres Mata

Cara untuk membuat mata menjadi lebih rileks adalah kamu bisa mengompres mata dengan menggunakan air dingin dan air hangat secara bergantian.

Baca juga: Filter Tiktok Dapat Sebabkan Kebutaan, Benarkah?

Setelah melakukan kegiatan pencegahan terkena astenopia, terpenting adalah medical check-up minimal satu tahun sekali. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk mata seperti wortel, melon kuning, dan buah persik.

Makanan ini mengandung karotenoid untuk mencegah kekurangan vitamin A. Jadi selain dari gaya hidup, kamu harus memperhatikan pola makan untuk memiliki mata yang sehat.

 

Referensi:

Very Well Health. Diakses pada 2020. An Overview of Asthenopia

American Academy of Ophthalmology. Diakses pada 2020. Asthenopia

Healthline. Diakses pada 2020. Getting Relief for Asthenopia