5 Cara Diet Golongan Darah B

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Cara Diet Golongan Darah B

Halodoc, Jakarta - Tidak semua golongan darah itu sama, beberapa dari kamu mungkin memiliki golongan darah A, B, O, atau AB. Tidak hanya menentukan bagaimana karakteristik diri, adanya golongan darah dapat membantu untuk memilih makanan yang wajib dikonsumsi atau perlu dihindari saat diet. Seperti yang dituliskan oleh dr. Peter D’Adamo dalam bukunya yang berjudul “Eat Right for Your Type Diet”.

Melalui buku ini, dr. Peter menuliskan makanan yang wajib dikonsumsi dan perlu dihindari untuk kamu yang bergolongan darah B. Meski begitu, jangan langsung dihilangkan, kamu tetap perlu membicarakannya dengan dokter untuk memastikan kalau menghilangkan jenis makanan tersebut baik untuk kesehatan. Kamu perlu tahu, belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan golongan darah berpengaruh jenis diet yang dilakukan.

Buat kamu yang bergolongan darah B, ikuti diet golongan darah yang direkomendasikan ini.

  • Beragam Kacang

Ini makanan yang wajib ada dalam menu diet kamu. Jenis kacang seperti kacang tanah, almond, kacang hijau, kedelai, dan lainnya baik untuk menunjang kesehatan tubuh dan memaksimalkan diet yang dijalani. Tidak lupa, makanan berupa bubur gandum, kue beras, atau oatmeal bisa menjadi alternatif.

Baca juga: Sama-Sama Turunkan Berat Badan, Ini Beda Diet Keto dan Paleo

  • Hidangan Laut

Selanjutnya adalah hidangan hasil laut. Makanan ini bukan yang terbaik untuk golongan darah A, tetapi tidak ada yang sesempurna ini untuk kamu pemilik golongan darah B. Jenis ikan sardin, salem, juga telur ikan baik untuk dikonsumsi karena memiliki berbagai nutrisi yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh dan mendapatkan berat badan ideal.

  • Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran menjadi menu yang harus ada di setiap jenis diet, tidak terkecuali pada diet untuk golongan darah B. Namun, supaya lebih maksimal, buah yang direkomendasikan tidak sembarangan. Khusus untuk kamu pemilik golongan darah B, buah-buahan seperti pepaya, nanas, anggur, dan pisang bisa menjadi pilihan terbaik. Sementara untuk jenis sayurannya, kamu bisa memilih wortel, kubis, bit, brokoli, dan kembang kol.

Baca juga: Kenalan dengan Diet LCHF yang Tidak Menyiksa

  • Makanan Sumber Protein

Makanan sumber protein juga direkomendasikan untuk diet golongan darah B. Pilihan menu seperti telur, tempe, dan tahu sangat direkomendasikan. Hindari terlalu banyak konsumsi untuk produk susu. Meski rasanya lezat, susu sapi, yoghurt, keju kambing, mozarella, dan kefir perlu dibatasi konsumsinya.

  • Konsumsi Daging

Tidak seperti golongan darah A yang disarankan untuk menjadi vegetarian, kamu yang bergolongan darah B tetap bisa mengonsumsi daging seperti biasa. Batasi konsumsi daging ayam, dan sebagai gantinya, kamu bisa konsumsi daging kambing, domba, dan daging kelinci. Kamu bisa mengganti daging ayam dengan daging unggas lainnya.

Baca juga: Inilah 7 Faktor Penyebab Gagal Diet

Itu tadi rekomendasi makanan untuk diet golongan darah B. Jangan lupa, konsumsi juga vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Tidak perlu harus ke apotek, kamu bisa membelinya di layanan Beli Obat dari aplikasi Halodoc. Selain itu, kamu juga bisa bertanya langsung pada dokter kapan saja dan di mana saja tanpa dipungut biaya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!