11 October 2018

Inilah 7 Faktor Penyebab Gagal Diet

Inilah 7 Faktor Penyebab Gagal Diet

Halodoc, Jakarta - Ketika seseorang merasakan badannya sudah terlalu berat, biasanya ia akan melakukan diet. Namun, diet membutuhkan konsistensi agar berat badan dapat turun. Konsistensi bukan lah hal yang mudah, sehingga tidak sedikit yang mengalami kegalalan dalam diet. Banyak faktor yang menyebabkan diet gagal. Faktor-faktor tersebut adalah:

  1. Kurang Tidur

Salah satu faktor yang menyebabkan diet gagal adalah karena kurang tidur. Selain itu, angka kegemukan dan obesitas pada beberapa tahun belakangan disebabkan oleh kurangnya jam tidur. Kekurangan jam tidur dapat menyebabkan hormon ghrelin meningkat. Hormon tersebut berfungsi untuk merangsang nafsu makan dan mengurangi hormon leptin atau hormon pemicu rasa kenyang. Ketika seseorang hanya tidur sebentar, rasa lapar dan nafsu makan akan meningkat.

  1. Makan sebagai Pelampiasan Emosi

Hal yang dapat menyebabkan kegagalan diet lainnya adalah makan sebagai pelampiasan emosi. Seseorang yang melakukan hal tersebut biasanya langsung akan melupakan program dietnya dan makan apa pun yang dia mau. Jika kamu mempunyai kebiasaan seperti itu, hentikanlah hal tersebut. Alihkan lah pikiranmu dengan hal positif, seperti membaca buku atau berolahraga.

  1. Mengonsumsi Alkohol

Penyebab diet gagal lainnya adalah kebiasaan mengonsumsi alkohol. Tidak sedikit orang yang lebih memilih alkohol untuk relaksasi. Kebiasaan tersebut harus dikurangi karena perasaan rileks ketika meminum minuman beralkohol dapat mengganggu pola tidur, menghambat aktivitas, juga meningkatkan perasaan cemas dan depresi. Selain itu, meminum alkohol untuk begadang dapat menyebabkan obesitas.

  1. Kurang Berolahraga

Kegagalan diet juga dapat disebabkan oleh kurangnya berolahraga. Melakukan diet tetapi tidak dibarengi dengan olahraga yang teratur dapat membuat hasil jadi tidak maksimal. Karena itu, sangat disarankan untuk rutin berolahraga setiap hari. Cukup hanya dengan olahraga ringan seperti senam, joging, atau yoga, asalkan rutin setiap hari. Untuk hasil yang lebih maksimal, olahraga dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat olahraga agar lemak dan kalori terbakar lebih banyak.

  1. Diet Karena Tren

Kemungkinan besar diet akan gagal bila hanya mengikuti tren. Kamu harus mengetahui apa motivasi dari diet sebelum menjalankannya. Apabila hanya mengikut tren atau orang-orang di sekitar, hal tersebut akan sia-sia. Temukanlah alasan paling kuat kenapa kamu harus melakukan diet, lalu tulis dan tempel di tempat yang selalu terlihat olehmu. Maka tekad kamu untuk diet akan semakin kuat.

  1. Jarang Sarapan

Diet mungkin akan gagal bila seseorang jarang sarapan. Banyak yang salah sangka apabila tidak sarapan akan menurunkan berat badan dengan cepat. Sebuah studi menyebutkan bahwa sarapan pagi sangat berpengaruh pada penurunan berat badan. Sarapan sebaiknya dilakukan paling tidak 2 jam setelah bangun pada pagi hari. Fungsi sarapan yaitu dapat membantu proses metabolisme tubuh dan mempercepat proses pembakaran kalori.

  1. Diet Terlalu Ketat

Diet terlalu ketat dapat menyebabkannya diet gagal. Ketika kamu terbiasa mengonsumsi makanan yang manis dan berlemak, secara mendadak kamu harus mengubah pola makan, akibatnya tubuh akan sulit beradaptasi. Akhirnya, program diet tidak bertahan lama, karena tubuh tidak terbiasa. Diet yang baik adalah diet yang dilakukan secara perlahan dan berkala. Meskipun perlahan, hasil yang didapatkan akan lebih maksimal.

Itulah tadi 7 faktor yang dapat membuat diet gagal. Jika kamu ingin mendiskusikan soal diet, dokter-dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, hanya dengan download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!

Baca juga: