5 Cara Menjaga Kesehatan Liver Supaya Terhindar Hepatomegali

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Cara Menjaga Kesehatan Liver Supaya Terhindar Hepatomegali

Halodoc, Jakarta - Liver alias hati adalah organ terbesar dalam tubuh manusia, dan memiliki fungsi yang juga cukup vital. Jika dibandingkan dengan hepatitis, nama ‘hepatomegali’ terdengar masih agak asing di telinga. Padahal, ia juga termasuk salah satu penyakit yang menyerang hati. Hepatomegali adalah penyakit yang terjadi karena adanya pembesaran ukuran organ hati. Gejalanya beragam, mulai dari rasa tidak nyaman pada area perut bagian kanan atas, mual, nyeri otot, merasa lelah atau lemah, penurunan berat badan, dan gejala-gejala lain berdasarkan apa yang menyebabkannya.

Bicara soal gejala, hepatomegali merupakan penyakit hati yang dapat dipicu oleh berbagai hal. Penyakit ini dapat terjadi karena adanya penyakit hati, maupun hal-hal di luar hati, seperti gaya hidup yang kurang sehat. Oleh karena itu, menjaga kesehatan hati merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah hepatomegali.

Baca juga: Hati-Hati, Kenali Penyebab Hepatomegali

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara menjaga kesehatan hati? Jawabannya, mudah saja. Beberapa cara berikut dapat kamu lakukan, jika ingin menjaga kesehatan hati dan penyakit-penyakit yang berpotensi terjadi di dalamnya, seperti hepatomegali.

1. Lakukan Imunisasi Sedini Mungkin

Salah satu penyakit hati yang dapat memicu terjadinya hepatomegali adalah hepatitis. Penyakit ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, dan dapat dicegah dengan imunisasi atau pemberian vaksin. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba mengambil imunisasi, seperti vaksin hepatitis, sedini mungkin. Beberapa jenis vaksin hepatitis seperti vaksin hepatitis B malah disarankan untuk diberikan pada bayi baru lahir.  

Baca juga: Inilah Orang yang Berisiko Terkena Hepatomegali

2. Miliki Pola Makan Sehat dan Bergizi Seimbang

Selain bermanfaat untuk membuat tubuh tetap bugar, memiliki kebiasaan makan sehat dan bergizi seimbang juga dapat membantu mencegah hepatomegali, lho. Pengaturan makanan, baik secara jenis dan jumlah yang tepat, dapat membantu hati untuk mengatur lalu lintas metabolisme dengan baik. Selain itu, kita pun membantu meringankan kerja hati. Fatty liver atau perlemakan hati misalnya, terjadi karena kita tidak mengatur jumlah lemak dan karbohidrat yang kita makan.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Sebagian besar dari tubuh kita terdiri atas air. Itulah mengapa kita kerap mendengar anjuran untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup. Anjuran itu pun memang penting dan wajib dipatuhi. Sebab, air dapat membantu menghilangkan racun dan melakukan proses penyerapan terhadap nutrisi penting. Meminum air dalam jumlah yang diperlukan juga dapat membantu menghilangkan efek samping selama pengobatan atau terapi. Namun, perlu juga diperhatikan jika sudah mengalami sirosis hati, pengurangan cairan malah perlu dilakukan agar tubuh tidak mengandung terlalu banyak cairan.

Baca juga: Apakah Hepatomegali Bisa Disembuhkan?

4. Hindari Konsumsi Alkohol

Alkohol dapat menyebabkan pengerutan hati atau sirosis. Dalam jangka panjang, mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan kanker hati. Oleh sebab itu, jika kamu ingin menjaga kesehatan hati, salah satu yang dapat dilakukan adalah menghindari konsumsi alkohol.

5. Hati-Hati dalam Mengonsumsi Obat

Selain menyaring nutrisi-nutrisi dalam darah, hati juga berfungsi untuk mengubah zat obat menjadi aktif atau netral. Banyak obat yang dijual bebas, misalnya obat demam, obat batuk dan suplemen tubuh, dapat menjadi racun bagi hati bila dikonsumsi berlebihan dan tanpa aturan yang jelas. Bila tidak berhati-hati dalam memilih obat atau suplemen, hal tersebut akan memperberat kerja hati. Oleh sebab itu, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, sebelum memulai mengonsumsi obat atau suplemen tertentu.

Itulah sedikit penjelasan tentang cara menjaga kesehatan hati untuk mencegah hepatomegali. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter di aplikasi Halodoc, lewat fitur Contact Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan pun dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!