5 Cara untuk Membiasakan Anak Mengonsumsi Makanan Sehat

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
5 Cara untuk Membiasakan Anak Mengonsumsi Makanan Sehat

Halodoc, Jakarta – Membiasakan untuk mengonsumsi makanan sehat bukan hal yang mudah, terutama pada anak-anak. Kebanyakan makanan sehat memang cenderung memiliki rasa yang kurang enak, sehingga menyebabkan Si Kecil pilih-pilih makanan. Meski terkadang menjengkelkan, tapi kebiasaan pilih-pilih makanan sebenarnya merupakan proses yang wajar dan bisa terjadi pada anak-anak.

Soal makanan, anak biasanya akan memilih hal-hal yang ia sukai dan terasa nikmat. Sayangnya, jika dibiarkan hal tersebut bisa menyebabkan anak berisiko mengalami malnutrisi, karena kurangnya asupan makanan sehat yang bergizi. Padahal, makanan sehat dan gizi seimbang sangat dibutuhkan selama masa pertumbuhan anak. Lantas, bagaimana cara untuk membiasakan anak mengonsumsi makanan sehat?

1. Modifikasi Menu

Salah satu tips yang bisa dilakukan agar Si Kecil mau mengonsumsi makanan sehat adalah dengan modifikasi menu. Jika anak sangat menyukai satu makanan, misalnya sosis, ibu bisa membuat jenis makanan itu menjadi lebih sehat. Cobalah membuat sendiri sosis yang berbahan dasar sayur-sayuran. Atau, ibu bisa mengolah sosis dengan menumisnya bersama berbagai jenis sayur-sayuran.

Baca juga: 5 Trik Bentuk Pola Makan Sehat Si Kecil

2. Kurangi Makanan yang Tidak Sehat

Salah satu pemicu anak enggan mengonsumsi makanan sehat adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat, terutama sebelum masuk waktu makan. Saat mengonsumsi makanan tidak sehat, anak akan merasa kenyang sehingga tidak ada lagi ruang untuk makanan sehat masuk. Nah, untuk menghindarinya, ibu bisa mulai dengan mengurangi jatah konsumsi makanan tidak sehat pada anak.

Lakukan cara ini secara perlahan. Ibu bisa mengurangi asupan makanan tidak sehat atau camilan anak secara bertahap. Lama-kelamaan, Si Kecil akan terbiasa dan mulai “beralih” serta menyukai makanan sehat.

3. Makanan Beraneka Warna

Agar Si Kecil lebih bersemangat dalam mengonsumsi makanan sehat, cobalah buat piring makannya menjadi lebih berwarna. Caranya dengan memilih jenis sayuran yang berwarna-warni. Ibu bisa memilih sayuran seperti wortel, kacang merah, paprika, dan tomat.

Semakin beragam warna di piring, selera makan anak juga akan semakin tergugah. Selain jenis sayuran, ibu juga bisa menyiasatinya dengan memilih piring dengan warna terang, seperti merah.

Baca juga: Kenali Gangguan Makan Anak Sejak Dini

4. Mulai dengan Porsi Kecil

Mengajarkan anak makan sehat bisa dimulai dengan porsi kecil terlebih dahulu. Dengan begitu, Si Kecil tidak merasa kesulitan untuk menghabiskan makanan. Cara ini juga bertujuan untuk menghindari anak terlalu memaksakan diri dan malah memuntahkan makanan.

Meski porsinya sedikit, setidaknya ada makanan sehat yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan agar ibu rutin memberi makanan sehat pada anak, sehingga lidahnya akan semakin terbiasa dengan rasa dari makanan tersebut.

5. Campurkan Makanan

Trik berikutnya yang bisa dilakukan adalah mencampurkan makan sehat dengan menu favorit anak. Kalau Si Kecil tipe yang sangat teliti dan enggan makan jika melihat sesuatu yang asing di tengah makanannya, ibu bisa untuk menghaluskan makanan sehat dan mencampurkannya ke piring makan anak. Contohnya, haluskan daun bayam dan kemudian campurkan ke dalam adonan perkedel favorit Si Kecil.

Baca juga: 4 Masalah Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

Usahakan agar anak mendapat asupan nutrisi dan gizi seimbang setiap harinya, agar terhindar dari serangan penyakit yang tidak diinginkan. Kalau cara-cara di atas tidak berhasil, coba diskusikan masalah ini pada ahli gizi di rumah sakit. Ibu bisa mencari dan memilih ahli gizi dan rumah sakit terdekat dengan tempat tinggal di aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!