• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Susah Makan? Begini Cara Mengatasinya

Anak Susah Makan? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Salah satu masalah yang kerap dialami orangtua adalah anak susah makan. Hal ini akan memunculkan rasa khawatir berlebihan karena asupan nutrisi seimbang sangat dibutuhkan pada masa perkembangan Si Kecil. Banyak sekali masalah makan yang memang sering terjadi, mulai dari anak menolak makan, gerakan tutup mulut atau GTM, atau hanya mau konsumsi makanan tertentu atau picky eater. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Biasanya, susah makan mulai terjadi pada anak yang baru menginjak usia satu tahun. Sebenarnya, kondisi ini terjadi bukan tanpa alasan. Pertumbuhan anak akan menjadi lebih lambat dari sebelumnya pada usia ini sehingga nafsu makan pun akan berkurang. Sayangnya, orangtua cenderung kurang memberikan perhatian pada hal ini yang akhirnya berujung pada pertumbuhan anak yang terhambat.

Baca juga: Kenali Gangguan Makan Anak Sejak Dini

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Mengatasi masalah anak susah makan itu membutuhkan kesabaran dari orangtua. Kenali dulu apa penyebab anak menolak makanan yang diberikan, bahkan ketika ibu memasakkan makanan favoritnya. Dengan begitu, ibu akan jauh lebih mudah mengatasinya. 

Apakah sang buah hati mengalami susah makan karena salah satu dari beberapa kondisi berikut ini?

1. Hanya Memilih Makanan Tertentu alias Picky Eater

Tidak heran jika anak anak menyukai jenis makanan tertentu ketika pertama kali ibu mengenalkannya pada beragam jenis makanan. Memang benar, hal ini akan berisiko pada anak yang hanya mau makan makanan tersebut dan menolak menu lain yang ibu tawarkan alias menjadi picky eater. Padahal, jika ini terus terjadi, anak bisa kekurangan asupan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.

  • Cara Mengatasi

Jangan menyerah untuk menawarkan menu baru setiap hari. Bahkan, setidaknya ibu perlu menawarkan sebanyak 10 sampai 15 kali menu baru yang sama, hingga akhirnya anak mau menerimanya. Tidak ada salahnya juga menyajikan menu baru bersama dengan makanan favorit Si Kecil.

2. Menolak untuk Makan

Masalah lain yang paling umum terjadi adalah anak menolak makan. Anak bisa menghabiskan makanan yang disediakan oleh orangtua pada hari pertama, tetapi justru menolak menu yang sama keesokan harinya. Ketika pikirannya berubah, bisa jadi selera makan pun akan berubah.

  • Cara Mengatasi

Memang butuh kesabaran ekstra ketika anak menolak makan. Namun, jangan memaksa anak untuk menghabiskan makanannya. Jika anak menolak, tawarkan kembali dua jam kemudian atau berikan jenis makanan lain atau camilan padat gizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Memaksa anak makan atau memarahi anak akan membuatnya trauma.

Baca juga: 9 Kiat Mengatasi Anak yang Sulit Makan

3. Makan Satu Jenis Makanan Saja

Terkadang ada anak yang hanya mau makan satu jenis makanan saja selama beberapa hari, bahkan hingga beberapa minggu. Biasanya, hal ini disebabkan karena anak tertarik dengan makanan yang rasanya sudah dikenali. Hanya saja, dengan pola konsumsi seperti itu sering membuat orang tua bingung.

  • Cara Mengatasi

Sebaiknya orangtua tetap tenang dan menawarkan pilihan makanan lain, tetapi bukan dengan cara paksa. Bagi anak yang sudah lebih besar, ibu bisa mengajaknya ke supermarket dan meminta dia untuk memilih sayur, buah, dan camilan yang ia suka. Saat tiba di rumah, ajaklah dia menyiapkan makanan sebelum mengonsumsinya.

4. Hanya Mau Makanan Cepat Saji

Makanan siap saji bukan hanya disukai oleh orang dewasa, tetapi juga sangat digemari oleh anak-anak. Rasanya yang enak dengan tampilan menu beragam membuat anak cenderung lebih suka dengan makanan siap saji seperti misalnya kentang goreng, ayam goreng atau bahkan mi instan.

  • Cara Mengatasi

Cara mengatasi anak susah makan dan hanya menyukai makanan cepat saji adalah tidak menyimpan makanan cepat saji di rumah. Sebaiknya ibu menyediakan makanan yang lebih sehat seperti buah-buahan, misalnya buah melon dengan campuran yoghurt, atau jus buah yang dihiasi stroberi dan irisan pisang di atasnya.

Baca juga: 5 Trik Bentuk Pola Makan Sehat Si Kecil

Agar memastikan kecukupan gizi anak, tidak ada salahnya jika ibu membuat catatan makanan dan minuman yang dikonsumsi anak selama seminggu. Cek kembali apakah Si Kecil telah menerima asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuhnya.

Jika ibu membutuhkan saran dokter anak untuk mengatasi anak susah makan, download saja aplikasi Halodoc di ponsel ibu. Kapan saja ibu ingin tanya jawab dengan dokter tentang tumbuh kembang anak atau berobat ke rumah sakit terdekat, pakai aplikasi Halodoc sudah pasti lebih mudah. 

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Solutions for Toddler Feeding Problems.
Baby Center. Diakses pada 2021. How to solve 12 toddler eating problems.
Baby Center. Diakses pada 2021. Feeding problems: Refusing to eat.