19 March 2018

5 Trik Bentuk Pola Makan Sehat Si Kecil

5 Trik Bentuk Pola Makan Sehat Si Kecil

Halodoc, Jakarta – Ada banyak alasan kenapa ibu perlu menerapkan pola makan sehat untuk Si Kecil sejak dini. Selain karena daya tahan tubuhnya yang masih rentan, pola makan sehat juga dapat mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan kecerdasan Si Kecil. Ingin tahu bagaimana cara membentuk pola makan anak yang sehat? Intip lima trik berikut ini, yuk!

1. Ajak Si Kecil Berbelanja

Sesekali, ibu bisa mengajak Si Kecil berbelanja bahan masakan. Selain sebagai hiburan, aktivitas berbelanja juga bisa menjadi cara untuk memperkenalkan jenis-jenis makanan sehat kepada Si Kecil. Sambil berbelanja, ibu bisa menunjukkan kepada Si Kecil tentang jenis, bentuk, warna, dan tekstur makanan sehat secara langsung. Sehingga cara ini diharapkan bisa meningkatkan rasa ingin tahu Si Kecil tentang jenis-jenis makanan sehat.

2. Jelaskan Pentingnya Makanan Sehat

Sambil menyajikan makanan, ibu bisa memberitahu Si Kecil tentang jenis makanan dan nutrisi yang akan dimakannya. Jelaskan juga tentang manfaat makanan yang Si Kecil makan untuk kesehatannya. Dengan melakukan ini, ibu bisa membantu Si Kecil untuk memahami konsep makanan sehat sejak dini. Nah, agar Si Kecil mudah memahaminya, gunakan bahasa yang sederhana. Misalnya, “Hari ini adik makan buah pepaya supaya buang air besarnya lancar, ya”.

3. Batasi Konsumsi Makanan Cepat Saji

Melarang Si Kecil untuk megonsumsi makanan cepat saji hanya akan meningkatkan keinginannya untuk menyantap makanan cepat saji. Ini karena menurut ahli psikolog anak, Eileen  Kennedy, anak yang sudah merasakan makanan renyah, manis, dan asin akan sulit dilarang untuk berhenti mengonsumsinya. Jadi, dari pada melarang, ibu hanya perlu membatasi jumlah makanan cepat saji yang boleh dikonsumsinya. Dengan cara ini, ibu bisa mengendalikan atau mengurangi keinginan Si Kecil untuk mengonsumsi makanan cepat saji. Misalkan, Si Kecil hanya boleh mengonsumsi makanan cepat saji sebulan sekali. (Baca juga: Ini Alasan Kenapa Anak Suka Makanan Cepat Saji)  

4. Sediakan Pilihan Makanan yang Sehat

Agar Si Kecil terbiasa, ibu perlu menyediakan pilihan makanan sehat untuknya. Ibu bisa memasangkan makanan sehat dengan makanan kesukaan Si Kecil. Minta lah Si Kecil untuk memilih salah satu di antara menu makanan sehat. Misalnya, tanyakan kepada Si Kecil tentang buah apa yang dia inginkan untuk menu makannya. Dengan demikian, Si Kecil tidak akan kehilangan selera makan dan lebih semangat untuk mencoba makanan sehat yang disediakan.

5. Beri Contoh yang Baik

Anak-anak cenderung senang meniru perilaku orang tuanya, termasuk pola makan. Karena itu, jika ibu ingin Si Kecil punya pola makan yang sehat, ibu bisa memulainya dengan memberikan contoh. Misalkan, ibu bisa memberikan contoh dengan memilih makanan yang sehat di depan Si Kecil. Tunjukkan juga kepada Si Kecil jika makanan sehat itu enak dan bermanfaat untuk kesehatan.

Jika Si Kecil sulit diajarkan pola makan sehat, ibu bisa bicara dengan dokter untuk mendeteksi kesulitan pola makan yang dialami Si Kecil. Sambil mendampingi Si Kecil, ibu bisa lho bicara dengan dokter. Ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. Setelah itu, ibu sudah bisa menggunakan fitur Contact Doctor untuk bicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, atau Video Call. (Baca juga: 6 Tips Supaya Anak Enggak Pilih-pilih Makanan)