04 September 2018

5 Faktor Penuaan Dini yang Perlu Kita Hindari

penuaan dini, faktor penuaan, anti aging, faktor genetik penuaan, penyebab penuaan dini

Halodoc, Jakarta – Penuaan merupakan proses yang tidak bisa dihindari. Setiap sel dalam tubuh kita sudah terprogram untuk menua dan menurun fungsinya. Namun, tentunya tidak ada perempuan yang menginginkan penuaan dini. Fakta yang perlu kita ketahui, penuaan dini adalah salah satu masalah kulit yang paling sering muncul pada perempuan Indonesia.

Kenali penyebab terjadinya penuaan dini. Ada beberapa faktor yang memengaruhi penuaan dini, faktor pertama dari dalam tubuh, kedua dari luar tubuh (lingkungan), dan faktor ketiga adalah penuaan yang diakibatkan oleh proses mekanis. Penuaan dini ditandai dari munculnya flek hitam di wajah, muncul garis kerutan, dan sebagainya. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai faktor penuaan dini, simak poin-poin di bawah ini.

  1. Kebiasaan yang Tidak Sehat

Kesehatan kulit sangat dipengaruhi oleh kebiasaan hidup sehari-hari. Kebiasaan buruk seperti merokok, minum kopi dan alkohol, stres, sampai kurang tidur akan membuat kulit menjadi lebih kering. Kulit kering menjadi salah satu penanda dari faktor penuaan dini, karena pada usia produktif kulit manusia sebenarnya masih memiliki tekstur yang baik. Namun, berbagai kebiasaan buruk justru membuat sel kulit menjadi rusak dan lebih kering, karena kulit tidak mampu menangkap dan mempertahankan air dalam lapisan kulitnya.

2. Efek Lingkungan

Tanpa disadari, lingkungan juga bisa memberi pengaruh buruk bagi kulit kamu. Misalnya saja terlalu sering berada di ruangan berpendingin udara, udara kotor, polusi, sampai radiasi matahari. Namun, hal yang paling memberikan pengaruh buruk adalah radiasi. Sebaiknya gunakan krim tabir surya agar kulit tidak mengalami penuaan dini.

3. Umur atau Usia

Proses penuaan biasanya dimulai pada usia 20-an, tapi kulit masih akan mampu menyeimbangkan dan menghambat proses penuaan ini. Kulit akan berkurang kemampuannya untuk memproduksi sel-sel kulit baru ketika sudah memasuki usia di atas 20 tahun.

4. Genetik

Penuaan dini juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Gen “aging” yang terbawa dalam diri seseorang akan memungkinkan dirinya menjadi tua sebelum waktunya. Sebaliknya, ada juga seseorang yang memiliki faktor keturunan untuk terlihat awet muda.

5. Kondisi Fisik dan Kesehatan

Kulit merupakan salah satu penanda fisik yang menonjol ketika tubuh mengalami masalah kesehatan. Ketika tubuh sedang sakit, efeknya akan langsung terlihat pada kulit, misalnya menjadi kusam dan tidak bercahaya. Jika kulit tidak dirawat dengan tepat setelah mengalami sakit, kulit akan menjadi semakin bermasalah dan rusak.

Tidak heran jika penuaan dini menjadi momok yang menakutkan bagi perempuan. Pasalnya, perubahan akan terjadi pada kulit wajah membuat rasa percaya diri semakin berkurang hari demi hari. Mulai dari kerutan di area mata, garis halus, hingga munculnya flek hitam, seakan semuanya tidak mudah dihindari bagi para wanita.

Untuk mencegah atau merawat diri dari penuaan dini, kamu bisa melakukan diskusi dengan dokter ahli di Halodoc. Tanpa harus keluar rumah, diskusi bisa dilakukan via Chat atau Voice Call/Video Call di mana saja dan kapan saja. Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store!

Baca juga: