24 October 2017

7 Makanan yang Membuat Kulit Sehat Sepanjang Tahun

7 Makanan yang Membuat Kulit Sehat Sepanjang Tahun
Halodoc, Jakarta – Indonesia beriklim tropis dan ketika musim panas tiba kulit lagi jadi lebih rentan terkena masalah. Kulit jadi lebih mudah kering dan bahkan terancam penuaan dini karena paparan radikal bebas.

Nah dilansir dari Prevention, ada tujuh makanan yang bisa membuat kulit sehat sepanjang tahun. Jadi tak hanya membuat tubuh sehat namun makanan-makanan ini pun menutrisi kulit dari dalam. Yuk, jaga kesehatan kulit kamu sepanjang tahun dengan tujuh makanan ini:

Pepaya
Buah yang satu ini tak hanya baik untuk pencernaan namun juga untuk vitamin C. Saat musim panas, ketika matahari bersinar lebih terik bisa mengganggu kesehatan kulit. Dengan konsumsi papaya, bisa menambah asupan vitamin C dan meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit.

Alpukat
Alpukat mengandung vitamin E dan dapat melawan radikal bebas yang berdampak negatif untuk kulit. Rajin konsumsi alpukat dapat membuat kulit bersinar dan lebih segar.

Biji Rami
Makanan super yang satu ini masih jarang dikenal padahal memiliki banyak manfaat. Kandungan minyak yang sehat terkandung dalam biji rami dan membantu untuk menghidrasi kulit serta memperbaiki sel kulit. Selain itu, biji rami juga mengandung omega 3.

Kerang
Bahan dasar dari sunscreen adalah zinc yang tak hanya mencegah pengaruh sinar UV namun juga mencegah kerusakan sel kulit. Nah, kamu bisa mendapatkan sumber zinc yang baik untuk kulit kerang atau bahkan tiram.

Melon Oranye
Disebut juga cantaloupe, melon oranye sangat segar untuk dikonsumsi dengan rasa manis yang khas dan kaya akan beta karotin. Buah ini mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari radikan bebas. Tubuh akan mengubah beta karotin menjadi vitamin A dan membantu sel-sel kulit untuk tumbuh dan memperbaiki diri dari dalam.

Sarden
Jika membahas tentang kulit yang sehat, kamu mungkin enggak akan langsung terpikir dengan jenis ikan yang satu ini. Namun nyatanya, ikan sarden mengandung DMAE atau dimethylaminoethanol yang banyak digunakan pada produk kecantikan karena membantu produksi kolagen. Selain itu, juga membantu air untuk naik ke permukaan kulit. Tak hanya itu, ikan ini juga kaya akan omega 3 dan kalsium.

Air
Memang air bukan termasuk dalam jenis makanan tertentu namun sangat penting buat kamu memenuhi asupan air. Terutama jika cuaca sedang sangat panas. Pemenuhan kebutuhan air dibutuhkan untuk menjaga kesehatan secara umum, tak terkecuali kulit. Efeknya dari dehidrasi bahkan bisa mudah terlihat dari kondisi kulit kamu. Kulit yang terhidrasi dengan baik terlihat lebih kencang dan sehat. Jadi ketika kamu merasa asupan air kurang, kamu bisa siasati dengan makan makanan yang mengandung banyak air seperti semangka dan timun.

Tak hanya kesehatan kulit yang perlu dijaga sepanjang tahun. Kamu pun harus menjaga kesehatan tubuh agar tak mudah sakit terutama di musim pancaroba ini, ya.

Jika kamu mengalami gangguan masalah kesehatan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan melalui Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.