10 November 2017

Lakukan Perawatan Wajah Ini untuk Cegah Penuaan Dini

Lakukan Perawatan Wajah Ini untuk Cegah Penuaan Dini

Halodoc, Jakarta – Seiring bertambahnya usia, kulit wajah pun akan mengalami penuaan. Hal tersebut adalah proses alami yang tidak dapat dihindari. Namun, kamu bisa menjaga kesehatan kulit dengan melakukan perawatan agar kulit tetap kencang dalam waktu yang cukup lama dan mencegah penuaan dini.  Selain perawatan, mengonsumsi makanan sehat dan menghindari hal-hal yang dapat berpengaruh buruk terhadap kulit juga dapat memperlambat proses penuaan.    

Sebenarnya kulit kita mengalami proses penuaan seiring bergantinya hari. Penuaan terjadi karena proses pembaruan sel kulit dan produksi kolagen melambat, serta melemahnya struktur pendukung internal dan lapisan pelindung kulit alami. Faktor-faktor eksternal, seperti paparan sinar matahari, polusi, asap rokok, dan gaya hidup juga dapat mempercepat penuaan. Tanda-tanda penuaan dapat muncul sedini mungkin, yaitu di umur 20-an. Tanda-tanda tersebut berupa garis halus di sekitar mulut dan hidung, bintik gelap, lingkaran gelap di bawah mata dan kelopak mata yang menurun. Karena itu, merawat kulit penting dilakukan sejak dini untuk menjaga kulit tetap sehat dan memperlambat penuaan pada wajah. Berikut perawatan yang bisa kamu lakukan:

1.  Membersihkan wajah dan menggunakan pelembap
Membersihkan wajah wajib dilakukan setiap hari, di pagi dan malam hari. Terutama jika kamu menggunakan makeup, maka wajah harus dibersihkan dengan benar agar tidak ada sisa makeup yang masih menempel. Kandungan kimia yang terdapat dalam makeup dapat mempercepat munculnya keriput.

Setelah membersihkan wajah, gunakan pelembap untuk mencegah kulit menjadi kering. Karena kulit yang kering dapat menyebabkan keriput. Oleskan pelembap dengan gerakan menarik ke atas agar kulit tidak kendur.

2.  Gunakan Krim Malam
Pada malam hari, di saat tubuh beristirahat adalah waktu dimana kulit mengalami proses regenerasi. Menggunakan krim malam sebelum tidur dapat mempercepat proses regenerasi dan meremajakan kulit.

3.  Gunakan Tabir Surya
Saat akan beraktivitas di luar rumah, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya pada wajah. Paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Mungkin dampaknya tidak akan terlihat dalam waktu dekat, namun lama kelamaan akan timbul tanda-tanda penuaan pada wajah, seperti bintik hitam dan kerutan. Jadi, menggunakan tabir surya sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar matahari.  

4.  Aplikasikan Masker dari Bahan-bahan Alami Pada Wajah
Merawat wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami jauh lebih baik daripada menggunakan bahan-bahan kimia. Kamu bisa membuat masker dari jus lemon dan lidah buaya lalu mengaplikasikannya pada wajah. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat menghilangkan bintik-bintik hitam, sedagkan lidah buaya menyejukkan dan memperhalus kulit. Gunakan masker tersebut seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

5.  Serum Antioksidan
Semakin bertambahnya usia, kekencangan kulit akan semakin menurun karena kolagen yang merupakan protein alami untuk menjaga elastisitas kulit berkurang. Menggunakan serum antioksidan dapat mendorong produksi kolagen, sehingga memperlambat proses penuaan. Selain itu, antioksidan juga bermanfaat untuk membersihkan radikal bebas dalam kulit akibat pengaruh paparan sinar matahari.

6.  Retinoid
Selain antioksidan, retinoid juga bermanfaat mendorong kulit memproduksi kolagen serta menghaluskan kerutan. Kamu bisa mencari produk anti-penuaan yang mengandung retinoid yang dijual di toko-toko skin care.

Masalah-masalah yang timbul pada kulit wajah sebagai akibat dari proses penuaan tidak bisa disepelekan. Karena itu, jaga kesehatan kulit sebaik mungkin dengan perawatan di luar maupun dari dalam. Kamu bisa menghubungi dokter untuk menanyakan masalah kesehatan kulit melalui aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli dan profesional siap untuk membantumu kapan saja  melalui Video/Voice Call dan Chat. Halodoc juga memudahkanmu untuk membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order dan pesananmu akan diantarkan dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.