• Home
  • /
  • Faktor Lingkungan Penyebab Penuaan Dini

Faktor Lingkungan Penyebab Penuaan Dini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Faktor Lingkungan Penyebab Penuaan Dini

Halodoc, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, pasti ada saja perubahan pada tubuh yang dapat terjadi. Baik dari segi pikiran, mental, hingga fisik. Hal yang paling kentara terlihat dari perubahan fisik yang disebabkan oleh penuaan. Maka dari itu, banyak orang yang menggunakan segala cara agar tetap terlihat awet muda. Namun, bagaimana jika seseorang mengalami penuaan dini?

Seseorang yang masih berusia terbilang muda ternyata dapat mengalami penuaan dini, lho! Orang tersebut dapat terlihat seperti seseorang dengan usia jauh lebih tua dari umur aslinya. Namun, mengapa hal tersebut bisa terjadi? Faktor apa saja yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penuaan dini? Berikut adalah beberapa penyebab dari penuaan dini!

Baca juga: 5 Faktor Penuaan Dini yang Perlu Kita Hindari

Beberapa Penyebab Penuaan Dini

Setiap orang pasti akan bertambah usianya. Sejalan dengan hal tersebut, proses internal pada tubuh, mulai dari pergantian sel kulit hingga pemulihan tubuh dapat melambat dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih. Hal tersebut dapat menimbulkan tanda-tanda tubuh mengalami penuaan, seperti keriput, rambut yang mengalami kebotakan, hingga tubuh yang cepat lelah.

Ternyata, hal-hal ini dapat terjadi lebih awal daripada hal yang diperkirakan. Perubahan tersebut disebut juga dengan penuaan dini. Memang sulit untuk menghindari perubahan ini sepenuhnya, tetapi ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada tubuh. Salah satu caranya adalah mengetahui penyebab dari penuaan dini. 

Penuaan dini dapat terjadi disebabkan oleh banyak hal. Namun, hal yang paling memengaruhi adalah faktor lingkungan yang ada di sekitarmu. Segala hal yang ada di sekitarmu dapat menyebabkan dampak buruk, termasuk juga penuaan dini. Untuk itu, kamu harus mengetahui beberapa faktor lingkungan yang dapat menjadi penyebab penuaan dini. Berikut adalah beberapa hal tersebut:

  1. Sinar Matahari

Hal pertama yang dapat menjadi penyebab terjadinya penuaan dini adalah paparan sinar matahari. Sinar matahari ternyata mengandung zat-zat yang dapat menimbulkan dampak negatif pada kulit. Namun, beberapa orang yang kerap beraktivitas di luar ruangan sulit untuk menghindarinya. Maka dari itu, cobalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung dengan menggunakan tabir surya saat berada di luar ruangan.

Baca juga: Usir Penuaan Dini, Ini 6 Manfaat Masker Wajah

  1. Radikal Bebas

Hal lainnya yang dapat menjadi penyebab terjadinya penuaan dini adalah radikal bebas yang masuk ke tubuh. Beberapa hal dapat menjadi penyebab timbulnya radikal bebas, seperti polusi lingkungan, air tercemar, hingga faktor cuaca. Agar dapat menghindari penuaan dini yang disebabkan hal ini, kamu dapat menerapkan pola makan sehat, seperti konsumsi buah dan sayur. Disarankan juga menggunakan masker saat di luar ruangan agar meminimalisir radikal bebas yang masuk ke tubuh.

Penuaan dini dapat menurunkan kepercayaan diri beberapa orang. Maka dari itu, jika kamu ingin meminta saran dari profesional tentang hal ini, dokter dari Halodoc siap menjawabnya. Kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan.

  1. Asap Rokok

Semua orang tahu apabila merokok adalah suatu kebiasaan yang buruk dan dapat memberi gangguan yang fatal. Selain itu, salah satu hal yang dapat terjadi sebagai dampak dari asap rokok adalah terjadinya penuaan dini pada tubuh. Kandungan nikotin yang terkandung pada rokok dapat memengaruhi tubuh, terutama sel-sel kulit. Pada akhirnya, sel-sel kulit akan sulit regenerasi yang membuat wajah dan kulit terlihat kusam.

Baca juga: Lakukan Perawatan Wajah Ini untuk Cegah Penuaan Dini

Maka dari itu, sangat penting untuk menghindari beberapa penyebab penuaan dini. Direkomendasikan untuk memulai pola hidup sehat dengan memperbanyak makanan tinggi serat dan vitamin. Selain itu, biasakan untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar untuk mencegah polusi udara masuk ke tubuh. Dengan begitu, diharapkan agar tubuh menjadi lebih sehat.

 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Premature Aging
Afpa Fitness. Diakses pada 2020. The Seven Most Common Factors in Premature Aging