• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Hal yang Perlu Dilakukan Wanita setelah Bercinta

5 Hal yang Perlu Dilakukan Wanita setelah Bercinta

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Bukan sebuah rahasia lagi kalau romansa di atas ranjang menguras banyak energi. Itulah sebabnya tak sedikit orang, baik pria atau wanita yang langsung tertidur setelah berhubungan intim dengan pasangannya. Namun, ada pula mereka yang masih bermesraan, bermain ponsel, atau menonton televisi setelah bercinta.

Nah, untuk para wanita, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah bercinta. Mau tahu apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini. 

Baca juga: 4 Posisi Hubungan Intim Saat Hamil Muda

1. Buang Air Kecil

Infeksi saluran kemih merupakan (ISK) adalah salah satu keluhan yang amat umum terjadi pada wanita. Penyebab ISK berbagai macam, salah satunya hubungan seksual. Menurut jurnal dalam US National Library of Medicine National Institutes of Health, “Urinary Tract Infection”, hubungan seksual adalah penyebab ISK yang terbilang umum. Apa sebabnya?

Menurut jurnal di atas, hubungan seksual mendorong migrasi bakteri ke dalam uretra (saluran yang mengalirkan urine dari kandung kemih) dan kandung kemih. Nah, hal ini yang bisa menyebabkan ISK dan menimbulkan sederet gejala. 

ISK lebih berisiko dialami wanita ketimbang pria. Alasannya, lokasi uretra wanita dekat dengan anus, sehingga bakteri lebih mudah masuk dan menyebar ke dalam vagina, termasuk uretra. Selain itu, uretra wanita lebih pendek ketimbang pria. Artinya, bakteri akan lebih mudah untuk memasuki uretra. 

Nah, ternyata buang air kecil setelah berhubungan seks bisa membantu menghilangkan bakteri dari uretra. Meski belum ada bukti yang kuat, namun tidak ada salahnya mengikuti praktik ini. Menurut beberapa ahli, buang air kecil usai bercinta bisa membantu mengurangi risiko ISK. 

2. Cuci Tangan 

Hal yang perlu dilakukan setelah bercinta lainnya adalah mencuci tangan. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mencuci tangan adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari kuman, bakteri, atau virus.

Nah, mencuci tangan usai bercinta, bisa menjadi cara terbaik untuk menghilangkan bakteri yang menempel di tangan setelah menyentuh kelamin pasangan. 

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Hubungan Intim untuk Kesehatan

3. Basuh Vagina

Selain dua hal di atas, membasuh vagina dengan lembut adalah salah satu hal yang perlu dilakukan setelah bercinta. Setelah berhubungan intim vagina bisa terpapar beragam jenis bakteri. Kotoran ini bisa masuk dari pelumas, oral seks (mulut), atau alat bantu seksual (sex toys). 

Untuk membasuh vagina gunakanlah air hangat dengan sabun yang berbahan lembut. Lalu, basuhlah organ intim dari depan ke belakang. Tujuannya agar bakteri di anus tak menyebar ke vagina. 

4. Konsumsi Camilan Sehat

Bercinta tentunya menghabiskan banyak energi, itulah sebabnya beberapa orang merasa lapar setelah melakukan hubungan seksual. Nah, untuk kembali mengisi energi, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan berminyak dan berlemak.

Namun, konsumsi camilan sehat yang kaya akan probiotik, seperti yogurt yang bisa membantu memberikan bakteri pada vagina. Selain itu, camilan sehat juga membantu memulihkan energi setelah berhubungan seksual. 

Baca juga: 5 Perubahan pada Tubuh Wanita Setelah Malam Pertama

5. Ganti Pakaian

Hal yang perlu dilakukan setelah bercinta lainnya adalah mengganti pakaian. Pilihlah pakaian yang longgar dan berbahan katun agar dapat menyerap keringat dengan baik. Sebaiknya jangan menggunakan pakaian berbahan nylon yang super ketat, karena bisa membatasi sirkulasi udara. 

Nah, bagi kamu yang memiliki masalah pada organ intim atau masalah seksual, bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu juga membeli obat atau vitamin untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan menggunakan aplikasi Halodoc. Sangat praktis, bukan?



Referensi:
US National Library of Medicine National Institutes of Health. Diakses pada Januari 2021. Urinary Tract Infection
Medical News Today. Diakses pada Januari 2021. What to know about peeing after sex
Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Diakses pada Januari 2021.  Body, Facial, & Dental Hygiene
Web MD. Diakses pada Januari 2021. Health & Sex. Things You Should (and Shouldn't) Do After Sex.