Puasa Mematikan Sel Kanker, Benarkah?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Puasa Mematikan Sel Kanker, Benarkah?

Halodoc, Jakarta – Puasa bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh. Hal tersebut nyatanya bukan isapan jempol belaka. Meski saat berpuasa tubuh mengalami perubahan pola makan dari yang sebelumnya tiga kali sehari menjadi hanya dua kali, namun berpuasa ternyata memberi manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Bahkan yang mengejutkan, berpuasa dikaitkan dengan menurunnya risiko kanker.

Menjalani puasa disebut bisa mematikan sel kanker dan mencegahnya berkembang di dalam tubuh. Tak hanya itu, berpuasa juga disebut menyehatkan karena memberi waktu pada organ-organ vital untuk beristirahat. Termasuk organ pencernaan, sehingga kesehatannya lebih terjaga. Selain itu, berpuasa juga bisa membantu mencegah tubuh menyerap racun dari asupan makanan tertentu yang terurai di usus.

Berpuasa juga bisa membantu mengurangi berkembangnya sel-sel kanker serta menjaga tubuh dari risiko penyakit kronis lain, seperti diabetes, penyakit jantung, hingga mencegah demensia. Puasa ternyata bisa membantu mengatur insulin yang menyebabkan terganggunya fungsi tubuh serta muncul penyakit diabetes.

Baca juga: Datang Diam-Diam, 4 Kanker ini Sulit Dideteksi

Sebuah penelitian dari University of Southern California, menemukan bahwa berpuasa bisa membantu memperlambat pertumbuhan dan penyebaran tumor. Jika dibarengi dengan pengobatan dan kemoterapi, puasa juga disebut-sebut bisa menyembuhkan jenis kanker tertentu. Hasil tersebut didapat dari penelitian yang dilakukan terhadap tikus. Melalui eksperimen tersebut, sel-sel tumor ternyata menunjukkan respon positif ketika tikus “berpuasa”. Kendati begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah puasa benar-benar bisa membunuh sel kanker.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kesehatan dari berpuasa sudah lama dibicarakan. Memang puasa telah terbukti bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh, namun jika tidak dijalankan dengan benar malah bisa berbalik menyerang tubuh. Sembarangan dalam menjalani puasa, misalnya sengaja melewatkan sahur, berbuka puasa dengan makanan yang tidak sehat, dan kebiasaan buruk lainnya bisa meningkatkan risiko penyakit menyerang selama puasa.

Maka dari itu, sangat penting untuk menjalani puasa dengan baik dan tetap memastikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Ada berbagai manfaat sehat yang bisa didapatkan dari puasa. Di antaranya :

  • Menyehatkan Jantung

Berpuasa ternyata bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan jantung. Orang yang rutin berpuasa, setidaknya satu kali dalam sebulan disebut memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Tak hanya itu, berpuasa juga bisa membantu menurunkan kadar insulin dalam tubuh, sehingga terhindar dari risiko penyakit diabetes.

Baca juga: Alasan Rokok Bisa Jadi Penyebab Kanker

  • Mengatasi Penyakit

Berpuasa bisa membantu tubuh untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Tapi perlu diingat, untuk mendapat manfaat ini perlu dibarengi dengan pola makan sehat dan gizi seimbang. Berpuasa bisa membantu mengatasi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit, seperti eksim dan psoriasis.

  • Mengurangi Risiko Kanker

Risiko kanker juga akan menurun saat seseorang rutin menjalankan puasa. Hal itu terjadi karena selama puasa, laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang seiring faktor pertumbuhan yang menurun, karena terbatasnya asupan. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai kaitan puasa dengan penurunan risiko kanker.

  • Menjaga Berat Badan

Berpuasa juga bisa membantu mengontrol dan menjaga berat badan. Tak hanya itu, ini juga berkaitan dengan penurunan kolesterol dan bisa mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Berat Badan Naik Saat Puasa, Apa yang Salah?

Cari tahu lebih lanjut seputar manfaat sehat dari berpuasa dengan bertanya ke dokter di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!