04 October 2017

5 Perawatan Kulit Kering yang Patut Dicoba

5 Perawatan Kulit Kering yang Patut Dicoba

Halodoc, Jakarta – Setiap orang pasti ingin memiliki kulit wajah yang halus dan kencang. Hanya saja, kulit bisa kehilangan cairan akibat kondisi tertentu sehingga menjadikannya tampak kering. Jangan biarkan kulit yang kering mengganggu penampilan dan keseharian kamu. Oleh karena itu, penting untuk  melakukan perawatan kulit kering untuk membuat kulit menjadi sehat dan lembap. Kulit kering bisa ditandai dengan kurangnya kandungan cairan pada lapisan kulit.

Kulit wajah menjadi kering bisa disebabkan karena faktor keturunan, proses penuaan di mana kandungan minyak alami dalam kulit ikut menipis seiring bertambahnya usia, penyakit seperti alergi dan tiroid.  Selain itu, kulit kering juga disebabkan oleh kesalahan perawatan kulit wajah, seperti  alat pencuci wajah yang terlalu keras dan terlalu sering, mencuci wajah dengan sabun yang keras dan menggunakan scrub. Di bawah ini ada langkah perawatan kulit untuk wajah kering yang bisa kamu ikuti demi memperbaiki kondisi tersebut.

Nutrisi
Langkah yang paling mudah untuk melakukan perawatan kulit kering adalah dengan meminum air putih yang cukup untuk menghidrasi kulit kamu setidaknya 2 liter sehari. Kamu juga sebaiknya mengonsumsi asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kandungan minyak alami pada kulit agar selalu terjaga kelembapannya. Kamu bisa memperoleh omega-3 dari ikan salmon, sarden, kacang walnut, biji rami, dan minyak biji bunga matahari.

Basuh Wajah dengan Air Biasa atau Hangat
Jangan membasuh wajah dengan menggunakan air panas karena bisa memperparah kondisi kulit yang kering. Air panas juga bisa dengan cepat mengurangi minyak di kulit sebagai pelembap alami. Sebaiknya dalam membasuh wajah menggunakan air biasa atau air hangat untuk mencuci wajah.

Pencuci Wajah
Dalam melakukan perawatan untuk kulit kering sebaiknya menggunakan produk pencuci wajah dengan pH yang sesuai dengan kulit wajah (5,5), tidak memiliki kandungan pewangi, sabun, dan alkohol. Kamu yang memiliki kulit wajah kering sebaiknya memakai pencuci wajah yang mengandung bahan pelembap seperti seramid dan gliserin. Setelah wajah kamu bersih, keringkan dengan menepuk-nepuk pelan menggunakan handuk. Jangan menggosok wajah kamu, karena bisa membuat kulit wajah mudah iritasi.

Pelembap Wajah
Sebaiknya, ketika kulit masih lembap, oleskan krim pelembap untuk mengunci kelembapan ke dalam kulit kamu. Karena jikamengoleskan pelembap ketika wajah sudah kering akan mengurangi manfaat dalam mengunci kelembapantersebut. Disarankan kamu memilih pelembap yang mengandung seramid, gliserin, urea, asam stearat, shea butter, asam hialuronat, asam laktat, dan dimethicone. Jangan memakai pelembap wajah yang memiliki kandungan pewangi, alkohol, retinoid, dan alpha hydroxy acids (AHA).

Tabir Surya
Dalam melakukan perawatan untuk kulit kering jangan sampai lupa untuk selalu mengoleskan tabir surya (minimal SPF 30) untuk mencegah kerusakan wajah akibat terpapar sinar matahari. Bahaya sinar ultraviolet bisa memperparah kulit kering dan kusam, bahkan bisa menyebabkan timbulnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan flek hitam.


Bila setelah melakukan upaya di atas kulit wajah masih saja kering atau bahkan semakin kering dan membuat kamu merasa terganggu, sebaiknya segera tanyakan keluhan kamu kepada dokter kulit yang ada di Halodoc. Dokter kulit yang ada di aplikasi Halodoc akan memberikan pengobatan yang bisa membantu mengatasi hal tersebut. Di aplikasi Halodoc, kamu bisa memilih dokter yang ingin kamu ajak diskusi dengan metode chat, voice call, atau video call melalui menu Contact Doctor. Kamu juga bisa memesan obat atau vitamin melalui aplikasi Halodoc lewat menu Pharmacy Delivery. Ayo download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau di Google Play.

BACA JUGA: 4 JENIS PENYAKIT KULIT YANG PERLU DIWASPADAI