5 Jenis Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
5 Jenis Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta - Menjaga kesehatan sama pentingnya dengan berinvestasi. Sebab ketika sudah sakit, kita perlu mengeluarkan banyak biaya untuk bisa sehat kembali. Namun, tahukah kamu bahwa bukan cuma fisik, mental juga perlu dijaga kesehatannya dan ada beberapa jenis olahraga yang ternyata baik untuk kesehatan mental. Apa sajakah itu?

1. Yoga

Olahraga ini memang sudah terkenal sekali keterkaitannya dengan kesehatan mental. Gerakan-gerakan yoga yang terkesan santai, justru dapat membantu mental menjadi tenang dan relaks. Oleh karena itu, olahraga ini sangat cocok dijadikan sebagai latihan untuk memelihara kesehatan tubuh sekaligus mental. 

Baca juga: Olahraga Juga Menyehatkan Otak, Kok Bisa?

Dengan melakukan yoga secara rutin, emosi dan kesehatan mental akan bisa terpelihara dengan baik. Bagi pemula, pilihlah gerakan sederhana dan mudah untuk dilakukan. Jika dilakukan dengan rutin, yoga akan memberikan manfaat luar biasa untuk pikiran yang jernih dan jiwa yang sehat.

2. Lari

Ketika merasa stres dan depresi, ada kalanya kita ingin lari dari kenyataan. Namun, olahraga yang baik untuk kesehatan mental bukanlah lari dari kenyataan, lho. Melainkan lari santai yang dilakukan pada pagi atau sore hari secara rutin. 

Selain praktis dan hemat, karena bisa dilakukan di mana pun dan tidak memerlukan biaya apapun, olahraga lari yang dilakukan secara rutin sangat baik bagi kesehatan tubuh serta mental. Terlebih jika melakukannya bersama teman atau keluarga, dan dilakukan di tempat bersuasana nyaman. Dijamin pikiran akan menjadi relaks dan stres pun berkurang. 

3. Jalan Santai

Merasa lari terlalu berat? Kamu bisa pilih jalan santai. Manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan mental tidak kalah dengan olahraga lari, kok. Jalan santai di tempat yang nyaman dan sejuk dapat membantu menghilangkan stres serta mengatasi pegal-pegal pada tubuh. Lakukan secara rutin selama 30 menit setiap harinya, gangguan mental dan kecemasan berlebih akan berangsur membaik.

Baca juga: Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Berolahraga

4. Renang

Berenang dapat membuat pikiran tetap fokus dan membantu mengalihkan pikiran dari masalah yang sedang dialami. Selain banyak menggerakkan anggota tubuh, berenang juga membantu menjaga jiwa tetap sehat. Alasannya, berenang membuat kita harus berinteraksi dengan orang lain yang juga kebetulan berenang di tempat yang sama. Jadi hati dan pikiran akan lebih bahagia dan tenang saat merutinkan olahraga ini.

5. Zumba

Senam ini belakangan kian populer. Gerakannya mengikuti alunan musik pengiring, sehingga terasa menyenangkan efek meningkatnya produksi hormon endorfin yang meningkatkan rasa bahagia. Kesehatan tubuh dan mental pun dapat meningkat. 

Nah, itulah beberapa jenis olahraga yang tidak hanya sehat bagi tubuh, tetapi juga mental. Penting untuk diketahui bahwa apapun jenis olahraganya, jika ingin mendapatkan manfaat yang maksimal, kamu perlu melakukannya secara rutin, serta diimbangi dengan pola makan sehat dan tidur yang cukup.   

Baca juga: Rajin Olahraga tapi Perut Belum Juga Rata, Ini 5 Penyebabnya

Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut soal hal ini atau gangguan kesehatan lainnya, jangan ragu untuk mendiskusikannya dengan dokter pada aplikasi Halodoc, lewat fitur Talk to a Doctor, ya. Mudah kok, diskusi dengan dokter spesialis yang kamu inginkan dapat dilakukan melalui Chat atau Voice/Video Call. Dapatkan juga kemudahan membeli obat menggunakan aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja, obatmu akan langsung diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download sekarang di Apps Store atau Google Play Store!