24 January 2018

5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Orang Tua

5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Orang Tua

Halodoc, Jakarta – Berolahraga merupakan latihan yang penting dilakukan bahkan ketika sudah lanjut usia. Sayangnya, banyak orang tua yang sudah tidak lagi bergerak aktif dan memilih untuk banyak beristirahat di rumah. Padahal, dengan aktif berolahraga, kesehatan dan kekuatan orang tua akan terjaga sehingga mereka tidak mudah terserang penyakit, lho.

Sebagian besar orang tua menghabiskan waktunya untuk beristirahat dan melakukan kegiatan yang tidak terlalu berat, seperti duduk-duduk, bersantai, dan menonton TV. Mereka enggan bergerak aktif karena merasa sudah tidak memiliki banyak energi lagi dan mudah merasa lelah.

Padahal, hanya duduk-duduk atau berbaring saja dapat membuat orang tua rentan terserang sakit punggung, sakit pinggang, bahkan berisiko terserang penyakit serius. Olahraga sangat penting untuk terus dilakukan meski sudah lanjut usia, karena aktivitas fisik tersebut dapat memberikan manfaat berikut terhadap kesehatan orang tua:

  • Meredakan Penyakit Sendi

Salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang tua adalah sakit sendi atau yang disebut juga dengan artristis. Penyakit ini membuat mereka kesulitan bergerak dan bagian tubuh terasa kaku. Melakukan aktivitas ringan, seperti berjalan kaki dapat membantu mengurangi rasa sakitnya. Sedangkan olahraga lari pagi dapat memperkuat lutut dan sendi

  • Mencegah Alzheimer atau Demensia

Usia yang semakin lanjut akan membuat daya ingat dan fungsi otak menurun. Olahraga atau aktif bergerak membantu menjaga ketajaman pikiran dan daya ingat dengan cara melancarkan aliran darah ke otak dan membantu pembentukan sel otak.

  • Menjaga Kesehatan Mental

Seiring terjadinya proses penuaan, orang tua juga bisa mengalami gangguan mental, seperti cepat marah, merasa rendah diri, tidak bergairah, hingga akhirnya berujung pada depresi. Sekadar berjalan kaki santai setiap hari dapat mencegah terjadinya gangguan mental dan membuat suasana hati tetap terjaga baik.

  • Mencegah Penyakit Serius

Olahraga juga bisa memperlancar peredaran darah dan metabolisme tubuh, sehingga penyakit-penyakit serius yang banyak dialami oleh orang tua seperti penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2 pun bisa dicegah.

Jadi, untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, para orang tua dianjurkan untuk berolahraga secara rutin. Namun, karena stamina yang sudah tidak lagi tinggi, orang tua disarankan untuk melakukan olahraga ringan yang tidak terlalu menguras tenaga. Berikut olahraga yang cocok untuk orang tua:

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah olahraga yang mudah dan bisa dilakukan di mana saja, sehingga sesuai untuk orang tua. Bagi anak muda, berjalan kaki mungkin adalah kegiatan yang sederhana, namun bagi orang tua, berjalan kaki tetap menguras tenaga dan cukup membakar kalori. Biasakan berjalan kaki secara rutin dan jika mampu, tingkatkan intensitas dengan cara memilih jalur yang menanjak dan menurun, agar kesehatan jantung terjaga dan system pembuluh darah dapat mengalir lancar.

2. Berenang

Berenang dikenal sebagai olahraga yang melibatkan seluruh bagian tubuh, sehingga dapat memberi pengaruh baik terhadap kesehatan orang tua, seperti mengatasi radang sendi. Latihan pernapasan yang dilakukan melalui berenang juga bermanfaat memperkuat jantung.

3. Tai Chi

Senam kesehatan yang berasal dari Tiongkok ini memiliki gerakan yang lambat dan terkontrol, sehingga dapat melatih keseimbangan, meningkatkan kekuatan tubuh dan fleksibilitas orang tua.

4. Yoga

Selain tai chi, yoga juga merupakan olahraga yang lembut yang dapat meningkatkan fleksibilitas orang tua, sehingga mereka tidak mudah mengalami cedera. Melakukan yoga secara teratur juga dapat membantu orang tua mengontrol emosi mereka, sehingga kesehatan mental tetap terjaga.

5. Bersepeda

Mengayuh pedal sepeda dapat memperkuat tubuh bagian bawah orang tua serta meningkatkan kinerja jantung. Tapi perhatikan kemantapan setelan sadel dan pegangan sepeda agar terhindar dari cedera panggul.

Itulah olahraga yang sesuai dan dianjurkan untuk dilakukan secara rutin oleh orang tua. Jika kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.

Jika kamu ingin melakukan cek kesehatan, seperti kadar kolesterol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, tidak usah keluar rumah. Kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Halodoc. Caranya sangat praktis, kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemuimu pada waktu yang sudah ditentukan.

Halodoc juga memudahkanmu membeli vitamin atau produk kesehatan yang kamu butuhkan. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.