Selain Wortel, 5 Makanan Ini Kaya Kandungan Vitamin A

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Selain Wortel, 5 Makanan Ini Kaya Kandungan Vitamin A

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu kalau Vitamin A sangat berpengaruh terhadap kesehatan? Ini dikarenakan vitamin A menjaga penglihatan tetap normal, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan reproduksi. Vitamin A juga membantu kerja jantung, paru-paru, ginjal, dan organ-organ lainnya.

Selama ini wortel sangat identik dengan asupan Vitamin A yang diperlukan tubuh. Namun tidak hanya wortel, beberapa makanan lainnya juga bisa menjadi sumber suplai dari vitamin A. Makanan apa sajakah itu? Simak ulasanya di sini ya!

Sumber Vitamin A selain Wortel

Vitamin A bisa diperoleh dari satu makanan ataupun kombinasi beberapa makanan, misalnya susu dan sereal. Berikut ini jenis makanan lainnya, sebagai sumber vitamin A, yaitu:

  1. Hati sapi dan daging organ lainnya (tetapi makanan ini juga tinggi kolesterol, jadi batasi jumlah yang kamu makan);

  2. Salmon;

  3. Sayuran berdaun hijau dan oranye seperti brokoli, wortel, dan labu;

  4. Buah-buahan, termasuk melon, aprikot, dan mangga; dan

  5. Produk susu.

Karena vitamin A larut dalam lemak, vitamin A lebih efisien diserap ke dalam aliran darah ketika dimakan dengan lemak. Sebagian besar makanan bersumber hewani yang kaya akan vitamin A juga tinggi lemak. 

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Vitamin A

Sebagai informasi tambahan, kerap ada pertanyaan kenapa wortel selalu disarankan untuk dikonsumsi sebagai sumber vitamin A. Penjelasannya adalah karena selain tekstur wortel yang renyah, sayuran berwarna oranye ini juga mengandung beta karoten, serat, vitamin K1, kalium, dan antioksidan yang sangat baik.

Pun, wortel memiliki sejumlah manfaat kesehatan, yaitu menurunkan berat badan, kadar kolesterol dan antioksidan karotennya telah dikaitkan dengan berkurangnya risiko kanker. Masing kurang yakin? Berikut ini fakta nutrisi dari wortel, di mana 100 gram wortel mengandung: 

  • 88 persen air;

  • 0,9 gram protein;

  • 9,6 gram karbohidrat;

  • 4,7 gram gula;

  • 2,8 gram serat; dan

  • 0,2 gram lemak.

Mengapa Vitamin A Sangat Penting

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan karena mendukung pertumbuhan sel, fungsi kekebalan tubuh, perkembangan dan penglihatan, termasuk janin dalam kandungan. Salah satu fungsi vitamin A yang paling terkenal adalah perannya dalam penglihatan dan kesehatan mata.

Retinal yang merupakan bentuk aktif dari vitamin A, bersama dengan protein opsin membentuk rhodopsin; molekul yang diperlukan untuk penglihatan warna, dan penglihatan rendah cahaya.

Ini juga membantu melindungi dan memelihara kornea yang merupakan lapisan terluar mata dan konjungtiva (selaput tipis yang menutupi permukaan mata dan bagian dalam kelopak mata). 

Baca juga: Lebih Kuat Dari Vitamin C dan E, Inilah Antioksidan Pilihan

Selain itu, vitamin A membantu menjaga kesehatan jaringan permukaan, seperti kulit, usus, paru-paru, kandung kemih, dan telinga bagian dalam. Vitamin A juga Ini mendukung fungsi kekebalan tubuh dengan mendukung pertumbuhan dan distribusi sel-T yang merupakan sejenis sel darah putih (memiliki fungsi untuk melindungi tubuh dari infeksi)

Baca juga: Bagaimana Vitamin Memengaruhi Kesehatan Mata?

Tidak berhenti di situ, vitamin A mendukung sel-sel kulit yang sehat, kesehatan reproduksi pria dan wanita dan perkembangan janin. Kenapa demikian? Ini dikarenakan vitamin A memiliki peranan dalam perkembangan sperma dan telur. Dan kaitannya dengan janin adalah vitamin A pada ibu akan terintegrasi kepada janin dalam kandungan.

Kalau ingin tahu lebih banyak mengenai vitamin A, bisa langsung tanyakan ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:

Healthline (Diakses pada 2019). Carrots 101: Nutrition Facts  and Health Benefits, 20 Foods That Are High in Vitamin A
National Institutes of Health (Diakses pada 2019). Vitamin A
Medline Plus (Diakses pada 2019). Vitamin A