5 Makanan Sehat untuk Pengidap Vaskulitis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Makanan Sehat untuk Pengidap Vaskulitis

Halodoc, Jakarta – Vaskulitis adalah kondisi yang menyebabkan radang pada pembuluh darah. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini memberikan dampak buruk seperti kerusakan pada organ maupun jaringan yang ada pada tubuh.

Baca juga: 5 Pemicu Penyakit Vaskulitis yang Perlu Kamu Perhatikan

Biasanya gejala yang ditimbulkan dari kondisi vaskulitis berbeda kondisi pada setiap orang yang mengidap vaskulitis. Gejala yang ditimbulkan akan tergantung pada pembuluh darah dan organ yang mengalami penyempitan dan terlibat dalam proses inflamasi.

Umumnya, seseorang yang mengidap vaskulitis memiliki gejala seperti sesak napas dan batuk, mengalami mati rasa pada bagian tangan dan kaki, munculnya bercak merah pada kulit, dan biasanya bercak merah akan terasa nyeri ketika disentuh. Selain itu, vaskulitis menyebabkan seseorang mengalami penurunan nafsu makan, berat badan menurun cukup drastis, dan tubuh selalu merasa kelelahan.

Ada beberapa vaskulitis yang disebabkan oleh jenis infeksi atau racun tertentu. Namun, hingga saat ini penyebab utama dari penyakit vaskulitis sebenarnya belum ditemukan. Tapi tidak ada salahnya untuk menghindari faktor-faktor yang dapat meningkatkan seseorang mengalami penyakit vaskulitis seperti gaya hidup yang kurang baik, kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi dan ketidakseimbangan kolesterol.

Baca juga: Penjelasan Vaskulitis Dapat Menyebabkan Infeksi Pneumonia

Lakukan perubahan gaya hidup agar kamu terhindar dari penyakit vaskulitis. Menghentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi makanan sehat baik untuk menghindari kondisi vaskulitis. Berikut makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pengidap vaskulitis:

  • Ikan Salmon

Kondisi vaskulitis dipengaruhi oleh kadar kolesterol dalam tubuh. Sebaiknya, konsumsi ikan salmon dengan kandungan omega 3 tinggi untuk membantu kamu menjaga keseimbangan kolesterol dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu, kandungan EPA dan DHA dalam ikan salmon juga dinilai baik untuk kesehatan jantung.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memang cocok untuk dijadikan makanan camilan. Kacang-kacangan membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga terhindar dari beberapa penyakit seperti vaskulitis. Konsumsi makanan berjenis kacang-kacangan secara rutin membantu kamu menurunkan kadar kolesterol sebanyak 10%. Kacang juga mengandung serat tinggi untuk menjaga kesehatan pencernaan.

  • Pisang

Selain kolesterol, faktor yang memengaruhi kondisi vaskulitis adalah tekanan darah tinggi. Sebaiknya konsumsi makanan yang membantu kamu untuk menurunkan tekanan darah seperti buah pisang. Selain murah, pisang adalah buah yang mudah untuk ditemukan. Kandungan kalium yang tinggi pada pisang dapat menyeimbangankan tekanan darah.

  • Yoghurt

Seseorang yang kekurangan kalsium berisiko memiliki tekanan darah tinggi. Tentu bagi pengidap vaskulitis, kondisi ini harus dihindari. Konsumsi yoghurt juga menjadi cara untuk memenuhi kebutuhan kalsium agar tekanan darah tetap stabil.

  • Kentang

Kentang juga bisa menjadi makanan pilihan bagi pengidap vaskulitis agar tekanan darah tetap stabil dan memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh.

Kamu bisa bertanya pada dokter mengenai penyakit vaskulitis melalui aplikasi Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Waspada, Ini Komplikasi yang Dapat Terjadi pada Pengidap Vaskulitis