06 November 2018

5 Pemicu Penyakit Vaskulitis yang Perlu Kamu Perhatikan

5 pemicu penyakit vaskulitis yang perlu kamu perhatikan

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan tubuh hal penting yang bisa kamu lakukan dengan menjalani gaya hidup sehat dan memperhatikan pola makan agar terhindar dari berbagai penyakit. Salah satunya adalah penyakit vaskulitis yang dapat menyerang pembuluh darah. Penyakit ini dapat berubah dengan mengalami penebalan, penyempitan, pelemahan, dan muncul bekas luka. Tentunya perubahan pada dinding pembuluh darah berdampak pada aliran pembuluh darah yang terhambat sehingga menyebabkan kerusakan pada organ maupun jaringan tubuh yang lain.

Pemicu Penyakit Vaskulitis

Pembuluh darah yang terkena penyakit vaskulitis akan melemah, sehingga mudah berdarah atau terjadi peradangan. Ketika terjadi perubahan pada dinding pembuluh darah, rongga pembuluh darah akan menyempit. Ini yang menyebabkan terhambatnya aliran darah yang memungkinan terjadinya kerusakan pada fungsi organ tubuh. Penyebab dari penyakit vaskulitis belum diketahui pasti. Meskipun begitu, perhatikan faktor pemicu yang dapat meningkatkan risiko penyakit vaskulitis, yaitu sebagai berikut:

1. Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika daya tahan tubuh kamu menurun, kekebalan tubuh kamu akan melemah. Ini salah satu yang memicu penyakit vaskulitis. Akibat gangguan sistem kekebalan tubuh ini sehingga penyakit ini dapat menyerang pembuluh darah pada tubuh kamu.

2. Penyakit Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit yang dapat menyerang hati. Ada berbagai jenis hepatitis, namun penyakit hepatitis B dan C berpotensi meningkatkan risiko penyakit vaskulitis. Rajin mengonsumsi air putih dan berolahraga menjauhkan kamu dari penyakit hepatitis. Hal ini juga akan menurunkan risiko terkena penyakit vaskulitis.

3. Penyakit Kanker Darah

Pengidap kanker darah memiliki risiko untuk mengalami penyakit vaskulitis.

4. Gaya Hidup Kurang Sehat

Gaya hidup sehat menjadi cara kita untuk menjauhkan diri dari berbagai penyakit, salah satu kebiasaan buruk yang perlu dihindari adalah merokok. Zat beracun dalam rokok dapat membahayakan tubuh dan menjadi pemicu penyakit vaskulitis.

5. Penggunaan Obat Tertentu

Penyakit vaskulitis juga bisa disebabkan karena beberapa penyakit yang menyerang kesehatan kamu. Penyakit vaskulitis menjadi dampak dari penggunaan obat-obatan tertentu yang kamu konsumsi. Sebaiknya konsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter.

Gejala Penyakit Vaskulitis

Penyakit vaskulitis memiliki gejala yang berbeda-beda. Gejala yang terjadi pada penyakit vaskulitis dipengaruhi pada bagian mana yang mengalami gangguan pada aliran darah. Namun, gejala vaskulitis memiliki gejala umum. Pengidap vaskulitis mengalami demam dan tubuh yang mudah lelah. Tidak hanya itu, badan yang terus merasa pegal dan nyeri diiringi dengan keringat yang mudah keluar pada malam hari bisa menjadi gejala penyakit vaskulitis. Hal  yang paling terlihat dari gejala penyakit vaskulitis adalah gangguan sistem saraf pada tubuh sehingga kamu merasakan kebas pada beberapa bagian tubuh yang mengalami gangguan sistem saraf.

Miliki pola makan dan gaya hidup yang sehat untuk mencegah terjadinya penyakit vaskulitis. Jika kamu merasakan gejala di atas, tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: