5 Makanan yang Baik untuk Pengidap Artritis Gout

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Makanan yang Baik untuk Pengidap Artritis Gout

Halodoc, Jakarta – Artritis gout atau penyakit asam urat adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat deposisi kristal asam urat pada jaringan sekitar sendi. Dalam kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan keluar melalui urine. Namun, ketika kadar asam urat terlalu tinggi dalam darah, kondisi ini menyebabkan penumpukan asam urat dalam tubuh.

Baca juga: Sakit Seperti Tertusuk Jarum Jadi Tanda Artritis Gout

Asam urat yang menumpuk bisa berubah menjadi kristal pada sendi yang dapat menyebabkan sendi terasa nyeri dan mengalami pembengkakan. Meskipun kebanyakan asam urat terjadi pada bagian sendi, kondisi ini bisa dialami pada bagian lain pada tubuh seperti ginjal dan saluran kemih.

Gejala umum yang dialami oleh pengidap asam urat atau artritis gout adalah nyeri sendi yang terjadi pada beberapa bagian sendi seperti jempol kaki, lutut, dan pergelangan kaki. Gejala nyeri sendi terasa setelah pengidap mengalami kondisi asam urat selama beberapa hari. Rasa nyeri bertambah parah ketika memasuki malam hari. Pada kondisi ini, bagian sendi yang mengalami asam urat terlihat kemerahan dan bengkak, bahkan terasa nyeri ketika disentuh.

Sebaiknya, segera berkunjung pada tim medis atau dokter untuk mendapatkan penanganan untuk kondisi asam urat. Penanganan terhadap kondisi asam urat bisa dilakukan dengan penggunaan obat-obatan yang dapat mengurangi rasa nyeri pada gejala asam urat. Selain itu, mengatur pola makan dapat mengobati kondisi asam urat. Diet rendah karbohidrat dan menghindari mengonsumsi makanan yang mengandung purin bisa menjadi cara sederhana untuk mengobati kondisi asam urat.

Baca juga: Catat, 5 Penyebab Asam Urat Ini!

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah, salah satunya konsumsi beberapa makanan yang baik untuk pengidap asam urat:

1. Stroberi

Stroberi menjadi buah yang memiliki kandungan antiinflamasi didalamnya. Sebaiknya pengidap asam urat konsumsi buah stroberi untuk mencegah kenaikan kadar asam urat dalam darah. Tidak hanya untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah, rutin konsumsi stroberi dapat menjaga kesehatan jantung, melawan penyakit kanker, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Buah Delima

Buah delima memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan seperti protein, karbohidrat, serat, dan vitamin. Selain untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh, buah delima dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Hal ini karena buah delima mampu mengurangi plak dalam arteri yang menjadi penyebab asam urat.

3. Jeruk Nipis

Tidak hanya untuk penyedap makanan, jeruk nipis mampu mengurangi kadar asam urat dalam darah. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis mampu melarutkan asam urat dalam darah.

4. Buah Ceri

Zat inflamasi dalam buah ceri dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. Zat antiinflamasi yang disebut anthocyanin dapat mencegah asam urat mengkristal dan mengendap pada sendi.

5. Apel

Selain mengandung serat yang cukup tinggi, kandungan asam malat pada apel mampu menetralkan asam urat dalam aliran darah. Bagi kamu pengidap asam urat, sebaiknya rutin konsumsi buah apel.

Tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi asam urat. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Perbedaan Rematik dan Asam Urat