5 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Osteoarthritis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Osteoarthritis

Halodoc, Jakarta - Radang sendi lutut atau osteoarthritis adalah kelainan sendi yang sangat umum terjadi, terutama pada orang-orang dewasa muda dan mereka yang menuju dewasa akhir. Peradangan atau inflamasi ini menyebabkan sendi membengkak dan menimbulkan rasa nyeri. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa gejala peradangan ini semakin memburuk jika pengidap tidak memperhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh.

Lalu, apa saja makanan yang harus dihindari pengidap osteoarthritis agar gejala yang muncul tidak semakin buruk? Berikut beberapa di antaranya:

  • Makanan Tinggi Garam

Garam menjadi pantangan untuk sebagian besar gangguan kesehatan, termasuk osteoarthritis. Rasa asin memang sangat menggoda, membuat kamu ingin mencobanya lagi dan lagi. Tetapi, kamu harus tahu, kadar natrium yang berlebih menjadi pantangan utama bagi pengidap osteoarthritis.

Hal ini menyebabkan sel tubuh harus menahan air yang membuat pembengkakan pada tulang dan sendi menjadi semakin buruk. Artinya, kerusakan sendi menjadi semakin meningkat risikonya. Pilihannya lainnya, kamu bisa menggantinya dengan rempah selain garam.

Baca juga: 3 Pekerjaan yang Dapat Tingkatkan Risiko Osteoartritis

  • Susu

Tak sedikit pengidap mengaku mengalami rasa nyeri setelah konsumsi susu. Tenang saja, kamu bisa mengonsumsi susu kedelai jika produk susu sapi atau kambing membuat peradangan sendi yang kamu alami memburuk.

  • Makanan dengan lemak Jenuh yang Tinggi

Apa saja yang termasuk makanan dengan kadar lemak jenuh tinggi? Tentu saja makanan siap saji atau junk food atau makanan yang digoreng. Jenis makanan ini menjadi pantangan untuk para pengidap radang sendi karena senyawa yang terbentuk dari makanan yang digoreng akan membuat kadar kolesterol pada tubuh meningkat. Tidak hanya itu, makanan tinggi lemak jenuh ini cenderung membuat kamu mengidap obesitas.

Baca juga: Bikin Susah Gerak, Ketahui 5 Jenis Kelainan Sistem Gerak

  • Semua Produk Pangan yang Tinggi Gula

Minuman soda, permen, dan minuman atau makanan lain yang tinggi gula menggoyang lidah. Bagi pengidap osteoarthritis, gula memungkinkan sitokin keluar dari tubuh.

Sitokin adalah sejenis protein yang bertugas untuk membawa sinyal yang berkaitan dengan peradangan pada tubuh. Reaksi peradangan pun terjadi, dan ini membuat sendi kamu semakin lemah. Sebaiknya, ganti asupan gula kamu dengan madu atau pemanis alami lainnya.

  • Asam Lemak Omega-6

Asam lemak omega-6 berperan penting dalam tubuh, yaitu untuk mencegah terjadinya peradangan sekaligus membentuk sel baru. Namun, apabila dikonsumsi secara berlebihan, asam lemak ini melakukan fungsi sebaliknya, yaitu memicu terjadinya peradangan yang berlebihan, terutama jika kamu mengalami radang sendi. Asam lemak ini banyak ditemukan pada daging merah dan kuning telur.

Baca juga: Bukan Hanya Orangtua, Anak Muda Juga Bisa Terserang Radang Sendi

Nah, itu tadi 5 (lima) jenis makanan yang menjadi pantangan untuk para pengidap osteoarthritis. Jadi, jika kamu mengalami gangguan kesehatan ini, coba tanyakan pada dokter apa saja makanan yang boleh dikonsumsi. Tidak butuh waktu lama, karena aplikasi Halodoc bisa membantu kamu kapan saja. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di ponsel kamu dan memilih layanan Tanya Dokter. Yuk, biasakan hidup sehat!