05 September 2018

5 Manfaat Mengonsumsi Telur Ikan

telur ikan

Halodoc, Jakarta – Buat kamu yang sering makan sushi, pasti sudah familiar dengan telur ikan. Makanan berbentuk bulat-bulat kecil ini sering menjadi topping yang ditaruh di atas sushi. Walaupun ukurannya kecil, tapi telur ikan bisa memberi manfaat yang besar untuk kesehatan, lo. Selain itu, gizi yang terkandung dalam telur ikan enggak kalah dengan dagingnya.

Telur ikan yang biasanya terdapat di atas sushi berasal dari ikan salmon. Selain ikan salmon, ikan-ikan lainnya, seperti kakap, gurame, dan ikan mas juga memiliki telur-telur kecil yang berkerumun menjadi satu kelompok besar. Beda jenis telur ikan, beda juga kandungan nutrisi dan manfaatnya. Namun, secara garis besar, berikut nutrisi yang terkandung dalam telur ikan beserta manfaatnya.

1. Protein

Ikan dikenal sebagai makanan yang mengandung protein tinggi. Begitu juga dengan telur-telurnya. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari IPB, telur dari ikan cakalang mengandung beragam protein jenis asam amino yang bermanfaat untuk memperbaiki berbagai jaringan dalam tubuh, membantu penyerapan kalsium, serta meningkatkan antibodi. Sedangkan dalam 100 gram telur ikan kakap, terdapat protein sebanyak 24-30 gram.

2. Kaya akan Asam Lemak Omega-3

Telur ikan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Dari berbagai jenis ikan yang ada, telur ikan salmon lah yang diketahui memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang paling tinggi. Jenis lemak yang baik ini dapat memberi segudang manfaat kesehatan untuk tubuh, antara lain mencegah terjadinya penyumbatan dalam pembuluh darah dan juga pengerasan pembuluh darah yang bisa mengganggu kerja jantung, menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah pembentukan radikal bebas, serta mendukung proses tumbuh kembang anak.

3. Kaya akan Selenium

Telur ikan salmon juga kaya akan selenium. Nutrisi tersebut akan bekerja sama dengan vitamin E di dalam tubuh untuk melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sumber radikal bebas yang bisa didapatkan dari sinar UV, polusi, pestisida dan lain-lain bisa memberi dampak buruk dalam tubuh, antara lain merusak kesehatan sel tubuh dan meningkatkan risiko penyakit jantung, bahkan kanker. Dengan mengonsumsi telur ikan, kamu bisa mendapatkan asupan selenium yang enggak hanya mencegah kerusakan sel, tapi juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mendukung pertumbuhan sel lebih baik.

4. Vitamin B12

Telur-telur ikan juga mengandung beragam jenis vitamin dan mineral, salah satunya adalah vitamin B12 yang baik untuk kesehatan otak. Tubuh juga membutuhkan vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah serta memaksimalkan fungsi asam lemak dengan baik. Nah, kamu bisa mendapatkan asupan vitamin B12 ini dalam produk hewani, termasuk dalam telur ikan salmon.

5. Vitamin D dan Mineral

Selain vitamin B12, telur-telur ikan juga mengandung vitamin D yang dibutuhkan agar tulang semakin kuat, kalsium untuk meningkatkan kepadatan tulang, magnesium, dan zat besi.

Nah, itulah beberapa manfaat telur ikan. Untuk menghilangkan bau amisnya, cukup lumuri saja telur ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan sekitar 10 menit, baru diolah.

Kalau kamu ingin tahu lebih banyak seputar nutrisi makanan tertentu, tanyakan saja pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: