25 April 2018

4 Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan

4 Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan

Halodoc, Jakarta – Seorang ahli kosmetik, Tatiana Kononov, menyebutkan bahwa vitamin E sangat bermanfaat untuk kulit terutama jika dikombinasikan dengan antioksidan lain. Vitamin E ini dianggap dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk eksternal seperti debu, polusi, sinar ultraviolet (UV), dan lainnya.

(Baca juga: 5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan)

Vitamin E adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak dan mempunyai efek antioksidan. Manfaatnya sangat beragam, mulai dari menjaga daya tahan tubuh, pertumbuhan sel, kesehatan mata, hingga kesehatan kulit. Kamu bisa mendapatkan manfaat vitamin ini dengan mengonsumsi sayur-sayuran hijau (seperti bayam, sawi, daun lobak, dan brokoli), buah-buahan (seperti alpukat, tomat, pepaya, mangga, dan wortel), dan kacang-kacangan (seperti kacang almond, kacang tanah, dan kedelai). Lantas, apa yang membuat vitamin E baik untuk kecantikan? Cari tahu faktanya di sini, yuk!

1. Memperbaiki Kulit

Ada banyak manfaat vitamin E untuk kulit, mulai dari mengurangi peradangan, membantu pembentukan kolagen, hingga meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit. Manfaat ini didapat karena vitamin E yang dikonsumsi akan diserap oleh lapisan epidermis kulit dan digunakan untuk memperbaiki kulit yang mengalami kerusakan. Ini dibuktikan oleh sebuah studi yang menyebutkan bahwa vitamin E dapat mengurangi peradangan (baik yang terjadi di dalam tubuh atau kulit), sehingga membuat kulit lebih sehat dan awet muda. Sifat antioksidan yang ada pada vitamin E juga dianggap dapat mempercepat regenerasi kulit, mencegah kerusakan kulit, dan melindungi dari kanker kulit.

2. Menebalkan Rambut

Sifat antioksidan pada vitamin E dapat melancarkan sirkulasi darah ke semua bagian di kepala hingga kulit kepala. Itu sebabnya vitamin E dapat menstimulasi pertumbuhan rambut, memperbaiki struktur pada rambut (folikel), dan mencegah rambut rontok. Selain itu, vitamin E juga dapat memperbaiki jaringan rambut, sehingga rambut menjadi lebih berkilau dan lebih sehat.

3. Menyeimbangkan Hormon

Ketidakseimbangan hormon tak jarang memengaruhi kondisi fisik dan psikis seseorang. Misalkan saat sindrom PMS terjadi, beberapa wanita akan merasakan kram perut, nyeri payudara, hingga perubahan mood. Untuk mengakalinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E seperti sayur dan buah. Sebab, vitamin E diduga dapat menjaga keseimbangan sistem endokrin dan saraf yang mampu menyeimbangkan sistem hormon dalam tubuh.

4. Menjaga Ketahanan Fisik

Vitamin E juga dapat digunakan untuk meningkatkan ketahanan fisik. Sebab, vitamin E dapat meningkatkan energi dan mengurangi tingkat stres pada otot setelah berolahraga. Selain itu, vitamin E juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat dinding kapiler darah, dan menyehatkan sel-sel otot, sehingga kekuatan otot lebih terjaga.

Selain pada makanan, kamu juga bisa mendapatkan asupan vitamin E dengan mengonsumsi suplemen khusus. Namun, kamu tidak boleh sembarangan ketika memilih suplemen vitamin E, karena tidak semua suplemen akan memberikan manfaat yang disebutkan di atas. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih suplemen vitamin E:

  • Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya pilih suplemen dengan sumber vitamin E alami. Biasanya ditandai dengan adanya kandungan D-alpha Tocopherol yang berasal dari biji gandum atau biji bunga matahari.
  • Sesuaikan dengan usia, jenis kulit, dan banyaknya aktivitas fisik. Sebab, seiring pertambahan usia, kebutuhan vitamin E juga cenderung meningkat.
  • Pilih dosis vitamin E yang kecil. Sebab semakin tinggi dosis vitamin E, semakin tinggi pula lemak yang dibutuhkan tubuh dan bisa memicu kenaikan berat badan.

Jika kamu belum punya suplemen vitamin E, kamu bisa mendapatkannya di aplikasi Halodoc. Cukup pesan vitamin rambut yang kamu butuhkan melalui fitur Pharmacy Delivery atau Apotik Antar, lalu pesanan kamu akan diantar dalam waktu kurang dari 1 jam. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play. (Baca juga: Jaga Kesehatan Rambut dengan 3 Cara Mudah Ini)