7 Manfaat Salmon Untuk Kesehatan & Kecantikan

manfaat salmon untuk kesehatan
DIET & NUTRISI 12 June 2018

Halodoc, Jakarta – Salah satu jenis ikan yang tidak hanya punya rasa yang lezat, tapi juga dikenal akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan adalah ikan salmon. Tidak heran bila banyak orang yang gemar mengonsumsi jenis ikan tersebut. Ternyata ikan salmon enggak cuma menyehatkan tapi juga berguna untuk kecantikan, lho. Yuk, cari tahu apa saja manfaat salmon untuk kesehatan dan kecantikan di sini.

Tahukah kamu, ikan salmon termasuk ke dalam jenis ikan berlemak seperti hering, makarel, dan sarden. Ikan ini memiliki manfaat yang besar dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya cukup banyak. Ikan salmon mengandung beberapa mineral penting seperti kalium, selenium, dan vitamin B-12. Selain itu, ikan salmon juga memiliki kandungan yang dianggap paling menyehatkan, yaitu asam lemak omega-3 dan asam lemak esensial alami seperti eikosapentatonik (EPA) dan asam dokosaheksanoik (DHA).

Manfaat Salmon untuk Kesehatan

1. Menyehatkan Jantung

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan salmon sangat berguna bagi kesehatan jantung. Zat yang merupakan jenis asam lemak tak jenuh bekerja dengan cara mengurangi terjadinya peradangan di seluruh tubuh, sehingga jantung pun menjadi sehat.

Peradangan dalam tubuh yang dibiarkan dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, asam lemak omega 3 juga dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena stroke dan gagal jantung.

(Baca juga: Ini Bedanya Gagal Jantung dan Serangan Jantung)

2. Meningkatkan Daya Ingat

Kamu sering lupa dan susah berkonsentrasi? Coba atasi dengan mengonsumsi ikan salmon. Kandungan nutrisi pada ikan salmon sangat baik untuk otak. Kaya akan asam lemak omega-3, ikan salmon dapat mempertajam kemampuan otak dan memperbaiki daya ingat. Salmon juga diketahui dapat mengurangi risiko demensia dan hilangnya fungsi mental.

3. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Ikan salmon juga sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak, karena kandungan asam lemak omega-3 EFA yang terdapat di dalamnya bisa membantu meningkatkan perkembangan otak mereka. Tidak hanya baik dikonsumsi oleh anak-anak saja, mereka yang mengidap gangguan pemusatan perhatian (ADHD) juga dianjurkan untuk mengonsumsi ikan salmon, karena kandungan asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi gejala gangguan tersebut.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu nutrisi yang sangat diperlukan tubuh untuk kesehatan tulang adalah vitamin D. Selama ini, cara yang paling dikenal banyak orang untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Selain itu, vitamin D juga dapat diperoleh dengan mengonsumsi suplemen. Namun, tahukah kamu, ikan salmon adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan vitamin D, lho. Jadi, mengonsumsi ikan salmon sangat baik untuk meningkatkan kesehatan tulang.

(Baca juga: Kesehatan Tulang Bisa Dijaga dengan Vitamin Ini)

5. Mengurangi Depresi

Ternyata banyak sekali khasiat yang dapat diperoleh dari asam lemak omega-3. Khasiat lainnya dari kandungan yang terdapat dalam ikan salmon tersebut adalah mengurangi depresi. Namun, khasiat tersebut baru bisa dirasakan bila pengidap depresi mengonsumsi ikan salmon bersamaan dengan obat antidepresan yang diresepkan oleh dokter. Sebuah studi juga menemukan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi ikan salmon selama hamil berisiko lebih kecil mengalami depresi setelah kehamilan.

Manfaat Salmon untuk Kecantikan

6. Baik untuk Kulit dan Rambut

Menjalani diet rendah lemak bisa menyebabkan kulit dan rambutmu kekurangan lemak sehingga menjadi kering dan rontok. Nah, kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan mengonsumsi ikan salmon. Karena asam lemak omega-3 nya dapat membantu memenuhi kebutuhan lemak tubuh, sehingga kulit dapat cerah merona dan rambut pun sehat berkilau.

7. Mengurangi Berat Badan

Ikan salmon memang cocok menjadi santapan saat sedang diet, karena salmon memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, sehingga bisa menurunkan berat badan secara sehat. Ikan salmon juga memiliki lemak jenuh lebih sedikit daripada kebanyakan daging merah.

(Baca juga: Rahasia 5 Nutrisi Ini Bantu Turunkan Berat Badan)

Nah, itulah manfaat kesehatan dan kecantikan dari ikan salmon. Kalau kamu ingin mengetahui nutrisi dari makanan tertentu, tanyakan saja pada ahlinya lewat aplikasi Halodoc. Enggak perlu-repot-repot keluar rumah, kamu bisa ngobrol dengan dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

17 September 2018

Superman Complex dapat berkembang dari perasaan dan kejadian kecil di sekitar kita. Seperti terlalu seringnya ...

Selengkapnya

SEKS

17 September 2018

Agar tak susah ereksi saat memakai kondom, kenali tiga hal yang bisa memicunya. ...

Selengkapnya

IBU & ANAK

17 September 2018

Agar perkembangan bicara anak lancar, sebaiknya ibu perlu mengetahui dampak gadget bagi dirinya....

Selengkapnya