16 October 2018

5 Manfaat SPF untuk Melindungi Kecantikan Kulit

 manfaat SPF, manfaat SPF untuk kulit

Halodoc, Jakarta – Selama ini kamu menggunakan produk kecantikan dan terdapat kandungan SPF di dalamnya. SPF merupakan singkatan dari Sun Protection Factor, kandungan pelindung matahari yang mampu melindungi kulit kamu dari sengatan matahari. Biasanya SPF memiliki angka yang berbeda-beda, sebagai penentu seberapa lama kamu dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut.

Semakin tinggi angka SPF sebenarnya tidak mengindikasi seberapa kuat perlindungan yang disediakan oleh produk sehat. SPF 10 melindungi kamu dari terik matahari sama baiknya dengan SPF 15 atau SPF 50 sekalipun. Tingkat SPF tinggi akan memblokir lebih banyak UVB, tetapi tidak menyediakan 100 persen perlindungan dari risiko kulit gosong.

Meski begitu, produk ber-SPF tinggi mampu memberikan perlindungan lebih baik dari risiko kerusakan kulit jangka panjang, seperti kanker kulit. Di balik kemampuannya melindungi kulit dari paparan matahari, ternyata manfaat SPF sangat banyak sekali. Di antaranya:

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan SPF 30 baik untuk menjaga kesehatan kulit kamu. Hal tersebut karena SPF memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat baik untuk kulit kamu. Dengan kandungan SPF ini, maka sunscreen dapat membantu menjaga kesehatan kulit, serta menjaga kecerahan dan kebersihan kulit setiap saat.

2. Menutrisi Kulit

Selain membantu mengoptimalkan kesehatan kulit, produk kecantikan yang mengandung SPF ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi pada kulit kamu. Vitamin dan juga mineral yang diserap sangat penting untuk kesehatan kulit.

3. Meningkatkan Kelembapan

Produk yang mengandung SPF juga memberikan manfaat dalam menjaga kelembapan kulit. Pastinya kulit kering akan mengganggu penampilan. Kandungan SPF dalam skincare-mu akan melindungimu dari sinar ultraviolet, sehingga kelembapan pun akan terjaga.

4. Menjaga Kulit dari Radiasi Sinar Ultraviolet

Sesuai dengan namanya, SPF akan melindungimu dari sinar matahari. Ini berarti SPF selama kurang lebih 300 menit mampu menjaga kulit kamu dari radiasi sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh pancaran sinar matahari. Terutama pada waktu-waktu tertentu, antara pukul 11.00-14.00. Pada waktu seperti itu, matahari sedang bersinar terik dan memancarkan sinar UV A, B, dan C.

5. Mencegah Terjadinya Kulit Terbakar

Salah satu efek buruk dari pancaran sinar matahari bagi kulit kamu adalah dapat menyebabkan kulit menjadi gosong dan terbakar. Hal ini tentu akan sangat mengganggu penampilan kamu. Manfaat SPF 30 untuk kulit dapat membantu kamu mencegah terjadinya hal seperti ini.

Apa pun produk kecantikan yang kamu gunakan, pastikan untuk memilih tingkat SPF yang terbaik untukmu. Para ahli merekomendasikan untuk menggunakan pelindung matahari yang memiliki fitur tahan air dengan jangkauan SPF 30-60. Selain itu, pastikan setiap produk yang kamu gunakan mengandung komposisi penangkal UVA seperti zinc, oxide, titanium dioxide, avobenzone, ecamsule, dan oxybenzone.

Apabila kamu masih ragu dan bingung tentang produk SPF yang cocok bagi kebutuhan kulit, kamu bisa melakukan tanya jawab dengan dokter ahli di Halodoc. Diskusi dengan dokter menjadi lebih praktis di aplikasi Halodoc via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana pun. Yuk, segera download aplikasinya sekarang!

Baca juga: