5 Minuman Segar Nan Sehat Berbahan Kurma

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Minuman Segar Nan Sehat Berbahan Kurma

Halodoc, Jakarta – Selama bulan Ramadan, kurma kerap dijadikan bahan makanan pelengkap untuk berbuka puasa. Untuk orang yang tinggal di Timur Tengah, kurma kerap dicampur dengan pistachio dan kacang mede, lalu dicampur dengan susu kental dan ditaburi parutan kelapa.

Kurma tidak hanya makanan yang sarat dengan nilai religi dan sejarah panjang, tapi juga kaya akan vitamin dan mineral. Kurma dikenal dapat membantu memberi energi pada tubuh dan mengurangi rasa lapar.

Dewasa ini, variasi mengolah kurma sebagai bahan minuman segar dan sehat sudah sangat variatif. Kurma bagus dan tetap segar ketika disimpan dalam freezer, sehingga kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak sebagai persediaan. Berikut ide untuk mengolah kurma sebagai minuman segar, yaitu:

Kurma Shake

Kamu bisa membuat kurma shake dengan cara membekukan kurma, lalu diblender bersama susu, es krim vanila, serta pala untuk menjadikannya kental sempurna dan tetap lembut seperti krim. Kombinasi ini enak dijadikan sebagai pilihan dessert karena dingin, menyegarkan dan menetralkan menu berat yang baru kamu konsumsi.

Baca juga: Tips Jitu Agar Enggak Telat Bangun Sahur

Susu Kurma

Selain kurma shake, kamu juga bisa menjadikan susu kurma alternatif pilihan minuman segar nan bergizi. Caranya adalah cukup merendam kurma secukupnya selama 3–5 menit sampai cukup lunak. Lalu, daging kurma yang sudah lunak dicampur dengan air rendaman kurma, bersama susu UHT (bebas rasa apa saja sesuai selera), kemudian ditambahkan madu secukupnya. Bahan-bahan tadi diblender, jadilah susu kocok dengan rasa kurma yang lezat. Sebagai pemanis, kamu bisa meletakkan garnish di atasnya.

Jus Kurma Pisang

Buat kamu yang kerap mengalami sembelit, bisa menjadikan jus kurma pisang ini pilihan untuk menu buka puasa ataupun sahur. Caranya gampang sekali, kamu tinggal menyediakan daging kurma dan pisang. Upayakan pisang yang kamu gunakan sebagai bahan bertekstur lunak. Kamu tinggal memblender kurma dan pisang sampai benar-benar lunak. Mau dinikmati dingin atau hangat sesuai selera. Kalau dingin menjadi pilihanmu, kamu tinggal memblendernya dengan es batu.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Cara Atasi Kekenyangan Saat Buka Puasa

Infused Kurma

Ini pilihan yang paling sederhana, tapi tetap memberikan khasiat mujarab buat kesehatan. Kamu tinggal memisahkan daging kurma dengan bijinya, baru direndam dengan irisan lemon bersama beberapa liter air yang disesuaikan dengan daging kurma dan lemonnya. Jadilah infused kurma. Sajian minuman ini cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Sehat, segar, dan tidak akan mengalami dehidrasi.

Es Buah Kurma

Kalau menu minuman yang satu ini tidak jauh berbeda dengan es buah lainnya. Kamu tinggal menambahkan daging kurma sebagai variatif sajian dalam es buahmu. Lebih pasnya lagi bila kamu juga menambahkan mangga, kolang-kaling, melon, dan semangka. Menu minuman berbahan kurma ini cukup direkomendasikan karena kaya akan serat, sehingga membantu metabolismemu tetap lancar di bulan puasa ini.

Baca juga: Jadi Menu Buka Favorit, Ternyata Ini Kandungan Gizi Kurma

Minuman Jahe Kurma

Buat kamu yang memfavoritkan minuman hangat, kamu bisa menambahkan kurma dalam sajian teh jahe. Caranya adalah dengan menggeprek jahe lalu direbus dan sebagai pengganti gula merah, kamu bisa menambahkan daging kurma sesuai selera.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai khasiat kurma dan rekomendasi pengolahan kurma sebagai minuman segar, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Talk to a Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.