Patut Dicoba, 5 Cara Kecilkan Perut Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
patut-dicoba-5-cara-kecilkan-perut-saat-puasa-halodoc

Halodoc, Jakarta – Salah satu bagian tubuh yang sering menjadi tempat tertimbunnya lemak adalah perut. Itulah mengapa kenaikan berat badan pada kebanyakan orang paling sering ditandai dengan perut yang bertambah besar. Perut yang buncit tentu saja bisa mengurangi penampilan, terutama bagi para wanita.

Nah, bulan puasa kali ini bisa menjadi waktu yang tepat bagi kamu untuk mengecilkan perut. Tidak makan dan minum selama belasan jam memang sudah bisa mengurangi berat badan kamu. Namun, perut yang rata dan langsing tentu saja tidak bisa terwujud hanya dengan berpuasa saja. Karena itu, simak cara-cara kecilkan perut saat puasa di sini.

1. Mengontrol Porsi Makan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan banyak orang saat puasa adalah kalap mengonsumsi makanan dalam jumlah banyak saat berbuka puasa. Hasilnya, berat badan bukannya berkurang, tapi malah bertambah.

Meski kamu sudah tidak mengonsumsi makanan dan minuman sepanjang hari, tapi kamu tetap perlu mengontrol porsi makan saat berbuka puasa agar perut tidak buncit. Kurangi juga asupan karbohidrat dan gantilah dengan memperbanyak makan buah dan sayur.

Baca juga: Porsi yang Tepat Saat Berbuka Puasa

2. Lakukan Olahraga yang Tepat secara Rutin

Untuk kecilkan perut saat puasa, tidak cukup hanya dengan mengontrol asupan makanan dan minuman saja. Kamu juga harus mengimbanginya dengan berolahraga secara rutin agar perut rata yang kamu idam-idamkan bisa terwujud dengan cepat.

Nah, olahraga terbaik yang bisa kamu lakukan untuk kecilkan perut saat puasa adalah perpaduan antara latihan kardio dan angkat beban. Latihan kardio bermanfaat untuk membakar kalori, sedangkan latihan angkat beban bisa membantu kamu membangun otot tubuh.

Selain itu, beberapa jenis olahraga lainnya yang juga efektif untuk mengecilkan perut, yaitu sit up, push up, planking, pilates, dan berenang. Gerakan sit up dan push up dapat membantu membentuk otot perut, sedangkan planking dapat membakar lemak dengan baik, sehingga dinilai efektif untuk mengecilkan perut yang buncit.

3. Mengurangi Makanan yang Manis

Meskipun saat berbuka puasa kamu dianjurkan mengonsumsi makanan manis untuk mengembalikan kadar gula dalam darah, tapi sebaiknya batasilah konsumsi asupan gula. Pasalnya, makanan manis termasuk dalam salah satu faktor penyebab perut buncit. Ini karena selain akan diubah menjadi sumber energi, sisa gula yang berlebih dari makanan manis yang kamu konsumsi akan diubah menjadi lemak.

Bila kamu mengonsumsi terlalu banyak makanan manis, lemak dalam tubuh kamu akan semakin bertambah banyak dan mungkin menumpuk di perut. Jadi, kurangilah menyantap makanan manis untuk kecilkan perut saat puasa.

Baca juga: Awas, Jangan Berlebihan Asupan Manis Ketika Berbuka

4. Perbanyak Cairan

Kamu juga dianjurkan memperbanyak konsumsi cairan, seperti sup, jus, atau air putih, baik saat sahur maupun buka puasa untuk mendapatkan perut yang kecil. Meminum cairan sebelum makan bisa membuat kamu merasa kenyang lebih cepat, sehingga mencegah kamu untuk makan secara berlebihan. Selain itu, asupan cairan yang cukup juga akan membantu menjaga melancarkan pencernaan kamu.

5. Tidur yang Cukup

Jangan sepelekan waktu tidur saat puasa. Menurut sebuah penelitian, orang yang tidurnya cukup, yaitu enam sampai tujuh jam per hari, memperoleh lebih sedikit visceral dibandingkan dengan orang yang tidur kurang dari lima jam per hari. Jadi, walaupun puasa mengubah jadwal tidur kamu, tapi pastikan kamu cukup tidur setiap malamnya ya agar perut tidak buncit.

Baca juga: Kurang Tidur Bikin Gemuk, Begini Cara Atur Pola Tidur saat Puasa

Nah, itulah beberapa cara kecilkan perut saat puasa yang bisa kamu coba. Jangan lupa download juga Halodoc yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama bulan puasa. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.