Wajib Tahu, Ini Cara Atasi Kekenyangan Saat Buka Puasa

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Wajib Tahu, Ini Cara Atasi Kekenyangan Saat Buka Puasa

Halodoc, Jakarta - Saat menjalani puasa, tidak sedikit orang yang merencanakan akan makan apa saja ketika sudah waktunya berbuka kelak. Saat berbuka puasa, mudah juga terbawa suasana dan menjadi makan berlebihan. Akibatnya, kekenyangan saat buka puasa ini membuat perut terasa begah dan sangat tidak nyaman. Bahkan kadang untuk bernapas atau berjalan saja rasanya jadi sulit.

Mengingat ini merupakan masalah yang cukup umum terjadi, maka berikut ini langkah tepat untuk mengatasi perut kekenyangan saat buka puasa. Simak tipsnya berikut!

Jangan Berbaring

Jika kamu kekenyangan saat buka puasa, maka membaringkan badan kelihatannya lebih  nyaman. Namun, hal ini malah bikin badan kamu semakin tidak nyaman. Tiduran dengan perut begah dapat menghambat pencernaan.

Posisi berbaring bisa memicu penyakit asam lambung atau gangguan pernapasan pada orang yang punya penyakit asma. Ini karena sistem pencernaan manusia dirancang sedemikian rupa untuk memproses makanan dalam posisi duduk atau berdiri tegak. Jadi, tunggulah sampai kira-kira tiga jam sebelum kamu tidur atau berbaring.

Baca Juga: Tidur Setelah Sahur, Bolehkah?

Ganti Pakaian dengan yang Lebih Longgar

Jika kamu kekenyangan setelah buka puasa, coba gunakan pakaian yang lebih longgar. Hal ini karena pakaian ketat menekan lambung dan mengganggu proses pencernaan. Kalau sedang makan di luar, usahakan untuk melonggarkan celana atau jaket agar tidak membuat sesak.

Minum Air Hangat

Saat perut sedang penuh, kamu mungkin tidak sanggup lagi mengisinya dengan apa pun.  Namun, kamu bisa meminum air hangat atau teh daun mint untuk melancarkan sistem pencernaan. Keduanya mampu membantu mendorong gas keluar dari usus dan perut. Hasilnya, proses pencernaan makanan menjadi lebih lancar dan cepat diproses oleh tubuh. Pastikan untuk meminumnya perlahan agar tidak semakin bikin perut penuh.

Baca Juga: 5 Tips Makan Sehat agar Tak Kekenyangan Saat Buka Puasa

Coba Berdiri dan Jalan Kaki

Kamu tidak perlu melakukan olahraga untuk mengatasi kekenyangan saat buka puasa. Cukup lakukan gerakan sederhana seperti berdiri atau jalan kaki. Kalau sedang berada di rumah, kamu bisa melakukan aktivitas lain seperti mencuci piring atau membereskan meja makan. Jika kamu sedang berada di luar rumah, kamu bisa berjalan-jalan sebentar di sekitar tempat makan. Lakukan gerakan sederhana untuk membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Minum Obat

Kalau kamu merasa kekenyangan saat buka puasa hingga menyebabkan dada sesak dan perut sakit, maka segera minum obat antasida. Obat antasida yang ditawarkan untuk mengobati maag bisa meredakan perut begah dan kembung juga. Selain itu, obat antasida juga membantu menetralisir asam lambung yang naik dan menyebabkan nyeri dada.

Baca Juga: Tak Cuma Kolak, Ini Deretan Menu Buka Puasa yang Disarankan

Itulah beberapa tips mengatasi kekenyangan saat buka puasa yang bisa kamu lakukan. Kalau kamu punya pertanyaan seputar gangguan kesehatan selama puasa, bicara saja dengan dokter Halodoc melalui fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc.

Apabila kamu butuh vitamin atau suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh selama bulan puasa, kamu juga bisa membelinya di aplikasi Halodoc lho! Gunakan fitur Buy Medicine untuk membeli obat yang kamu butuhkan, dan pesananmu akan segera diantar ke tempat tujuan. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!