17 May 2019

Tips Jitu Agar Enggak Telat Bangun Sahur

tips-jitu-agar-enggak-telat-bangun-sahur-halodoc

Halodoc, Jakarta – Sahur merupakan waktu makan penting yang sebaiknya tidak dilewatkan oleh kamu yang sedang berpuasa. Ini karena asupan makanan dan minuman yang kamu konsumsi saat sahur bisa memberikanmu energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk berpuasa seharian.

Namun sayangnya, karena kelelahan atau alasan lainnya, masih banyak orang yang sering telat atau bahkan susah bangun sahur, sehingga melewatkan waktu makan tersebut. Akibatnya, kesehatan tubuh pun kadang-kadang menjadi terganggu. Karena itu, yuk perhatikan tips-tips jitu berikut biar kamu enggak telat sahur.

Jangan Sampai Telat Sahur, Ini Tipsnya!

1. Tidur Lebih Awal

Tips yang paling jitu agar bisa bangun lebih pagi untuk sahur tentu saja dengan mengatur jadwal tidur menjadi lebih awal. Mengubah waktu tidur bisa jadi hal yang sulit, tapi bukan berarti tidak bisa dilakukan. Kamu bisa mencobanya secara bertahap, dengan menggeser waktu tidur beberapa menit lebih awal. Misalnya, cobalah untuk tidur 15 menit lebih awal dari biasanya. Bila sudah terbiasa tidur 15 menit lebih awal, kurangi lagi 15 menit, dan begitu seterusnya.

Agar kamu bisa tidur lebih awal, hindarilah mengonsumsi kafein beberapa jam sebelum tidur. Kamu juga bisa mengonsumsi susu hangat atau pisang yang bisa membuat kamu cepat mengantuk. Selain itu, batasi cahaya minimal satu jam sebelum tidur. Cahaya yang dimaksud seperti cahaya dari lampu utama atau dari layar gadget.

Baca juga: 6 Makanan Bantu Atasi Insomnia

2. Gunakan Alarm

Sebelum tidur, aturlah waktu alarm terlebih dahulu. Bila kamu adalah tipe orang yang sering memencet tombol snooze saat alarm berbunyi, kamu bisa mengatur waktu bangun 30 menit lebih awal dari waktu sahur. Satu tips jitu lainnya agar kamu bisa berhasil bangun untuk sahur adalah atur volume alarm sedikit lebih kencang, pilihlah lagu atau ringtone yang bertempo cepat sebagai alarm (bila kamu menggunakan gadget sebagai alarm), dan jauhkan alarm dari jangkauan kamu, sehingga kamu tidak bisa dengan mudah mematikan alarm.

3. Hindari Makan Terlalu Banyak Saat Buka Puasa

Tahanlah diri untuk makan terlalu banyak saat berbuka puasa. Pasalnya, makan terlalu banyak saat berbuka akan membuat kamu cepat mengantuk. Namun, bila kamu langsung tidur setelah makan, ini akan memicu terjadinya refluks asam lambung. Kondisi ini menyebabkan asam lambung naik menuju kerongkongan dan membuat kamu merasa tidak nyaman.

Selain itu, makan terlalu banyak saat berbuka puasa juga akan membuat kamu kesulitan untuk bangun pagi di keesokan harinya. Bahkan, kamu jadi malas untuk bangun sahur karena berpikir kamu sudah kenyang. Jadi, hindari makan banyak saat berbuka agar kamu enggak telat bangun sahur.

Baca juga: Dampak Makan Berlebihan Ketika Berbuka Puasa

4. Jangan Berolahraga Larut Malam

Saat puasa, beberapa orang lebih memilih untuk berolahraga menjelang atau setelah berbuka puasa. Namun, perlu kamu ketahui, olahraga yang dilakukan terlalu dekat dengan jam tidur bisa membuat kamu sulit tidur. Penyebabnya adalah karena olahraga memicu perubahan komposisi hormon dalam tubuh. Aktivitas fisik seperti berolahraga bisa memicu pelepasan hormon adrenalin yang akan membuat kamu semakin terjaga.

5. Minum Air Putih

Ketika sudah bangun, agar tidak terlena kembali tidur sehingga jadinya malah melewatkan sahur, kamu disarankan untuk segera minum air putih. Tujuannya adalah untuk merehidrasi tubuh, sehingga pikiran dapat menjadi segar.

Tidur sepanjang malam bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi ringan dan hal ini bisa memengaruhi kinerja tubuh dan otak. Kebiasaan minum air putih segera setelah bangun bisa membuat tubuh segar kembali, seperti tanaman yang disiram air.

Baca juga: Malas Bangun Sahur, Atasi dengan 5 Tips Ini

Nah, itulah beberapa tips jitu yang bisa kamu terapkan biar enggak telat bangun sahur. Jangan lupa download juga Halodoc yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama bulan puasa. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.