Selain Air Putih, Ini 5 Minuman Sehat untuk Menemani Sahur

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
selain-air-putih-ini-5-minuman-sehat-untuk-menemani-sahur-halodoc

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang hanya memperhatikan menu makanan saja saat makan sahur. Padahal, memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat sahur juga penting, lho. Kamu dianjurkan untuk minum 2 gelas air putih saat sahur agar tubuh tidak dehidrasi.

Namun, memenuhi kebutuhan cairan tubuh tidak hanya bisa dilakukan dengan minum air putih saja, lho. Masih banyak minuman sehat lainnya yang bisa bikin kamu segar dan berenergi lebih lama selama puasa. Biar enggak bosan, ini jenis minuman saat sahur lainnya selain air putih yang bisa kamu pilih.

1. Air Kelapa Tanpa Gula

Air kelapa biasanya menjadi pilihan minuman untuk menyegarkan tenggorokan setelah berpuasa. Namun, ternyata air kelapa juga baik diminum saat sahur, lho.

Tidak hanya memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, air kelapa juga mengandung karbohidrat berbentuk gula dan elektrolit yang mudah diserap tubuh, sehingga bisa mencegah dehidrasi selama berpuasa. Air kelapa juga bisa membantu mencegah gangguan pencernaan seperti sakit maag saat puasa.

Namun ingat, sebaiknya air kelapa dikonsumsi tanpa tambahan gula. Hal ini untuk menghindari penumpukan gula pada tubuh yang tidak baik untuk kesehatan.

2. Susu Cokelat

Segelas susu cokelat yang hangat juga bisa menjadi pilihan minuman saat sahur yang nikmat. Selain bisa memberikan energi yang kamu butuhkan untuk berpuasa, susu cokelat juga memiliki beragam manfaat kesehatan, seperti menyehatkan jantung dan mencerahkan kulit.

Kandungan proteinnya yang tinggi juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Untuk sahur, sebaiknya pilihlah susu cokelat rendah lemak dan bebas gula.

Baca juga: Berbuka dan Sahur dengan Susu, Bolehkah?

3. Teh Jahe

Sedang ingin menyesap minuman hangat dan nikmat saat sahur? Nah, teh jahe bisa jadi pilihan tepat. Memiliki kandungan vitamin C, magnesium, dan mineral lainnya, membuat jahe sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan. Untuk sahur, teh jahe sebaiknya diminum setelah menyantap hidangan utama. Dengan begitu, penyerapan makanan dalam usus bisa lebih optimal. Minum teh jahe juga bisa mencegah sendawa dan perut kembung setelah makan terlalu banyak.

Baca juga: 6 Manfaat Rutin Minum Air Jahe

4. Bajigur

Terbuat dari perpaduan kopi tubruk, santan, jahe, gula aren, kayu manis, dan terkadang kelapa muda, membuat bajigur menjadi minuman saat sahur yang sangat enak, lho. Minuman asal Jawa Barat ini juga bisa menghangatkan sekaligus meningkatkan energi tubuh kamu. Sajikan dengan ubi atau kacang rebus agar semakin nikmat.

5. Jus Buah

Kalau kamu sedang tidak nafsu makan atau tidak sempat mengonsumsi makanan berat, jus buah bisa menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi saat sahur. Perpaduan antara buah-buahan segar yang kaya akan serat dan air bisa membantu memberikan asupan cairan dan elektrolit yang kamu butuhkan untuk berpuasa.

Salah satu jus buah yang bisa kamu coba adalah perpaduan buah melon, mangga, jeruk, dengan tambahan strawberry atau apel. Sekali lagi ingat, hindari menambahkan gula terlalu banyak ke dalam jus buah kamu agar berat badan tetap terjaga.

Baca juga: Sekalian Diet, Bolehkah Sahur dan Berbuka Hanya dengan Jus?

Nah, itulah pilihan minuman saat sahur lainnya selain air putih yang bisa kamu coba. Namun ingat, jangan jadikan minuman tersebut sebagai pengganti minuman air putih, ya. Air putih tetap merupakan jenis minuman yang paling baik untuk dikonsumsi. Usahakanlah untuk minum air putih minimal 8 gelas sehari setiap harinya.

Jangan lupa download juga Halodoc yang bisa menjadi teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan kamu selama bulan puasa. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc untuk minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.