• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Perawatan Tubuh yang Bisa Dilakukan selama Kehamilan

5 Perawatan Tubuh yang Bisa Dilakukan selama Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Segera setelah kamu mengetahui dirimu sedang hamil, maka ada banyak sekali penyesuaian yang harus dilakukan. Tak hanya menyangkut pola makan, ibu hamil juga perlu mengubah kebiasaan perawatan kulitnya. Pasalnya, beberapa bahan kimia dalam produk perawatan yang biasa digunakan sebelum hamil bisa terserap ke dalam tubuh dan kemudian memengaruhi bayi di dalam kandungan. 

Supaya tidak mengganggu kehamilan, ibu hamil wajib mengetahui jenis perawatan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Mungkin kebanyakan perawatan masih diperbolehkan, tetapi jenis produk yang digunakan perlu disesuaikan dan memilih jenis yang terbukti lebih aman. Berikut ini adalah beberapa jenis perawatan kulit yang masih bisa dilakukan selama hamil. 

Baca juga: 3 Cara Menjaga Kecantikan Kulit Saat Hamil


Perawatan Tubuh Selama Hamil

Beberapa jenis perawatan kulit yang masih bisa dilakukan oleh ibu hamil, antara lain:


Perawatan Menghilangkan Jerawat

Selama kehamilan, ibu hamil wajib menghindari produk antijerawat yang mengandung retinoid, atau turunan vitamin A, seperti Retin-A atau Renova, serta salisilat, termasuk produk yang mengandung asam salisilat (juga dikenal sebagai asam beta-hidroksi). Ini semua dapat menyebabkan potensi bahaya bagi bayi di dalam kandungan. Sebagai gantinya, Heidi Waldorf, M.D., direktur kosmetik dan dermatologi di Mount Sinai School of Medicine di menyarankan agar ibu hamil menggunakan produk yang mengandung asam laktat atau asam glikolat.


Perawatan Wajah

Perawatan wajah di salon atau klinik kecantikan sebetulnya sah-sah saja untuk dilakukan selama hamil, terlebih bagi ibu hamil yang memiliki masalah kulit. Namun, sebelum melakukan perawatan khusus wajah, sebaiknya pastikan untuk mengetahui perawatan mana yang aman untuk kehamilan. Selama hamil, tidak dianjurkan untuk mengupas kulit yang mengandung asam glikolat atau beta-hidroksi (seperti asam salisilat). Sebaliknya, mintalah produk kulit yang mengandung asam laktat, asam alfa-hidroksi yang aman untuk kehamilan.

Ibu hamil juga tidak perlu beralih ke produk organik jika produk konvensional terbilang aman dari bahan kimia berbahaya. Pasalnya, bisa saja produk organik tersebut mengandung bahan berbahaya yang tersembunyi yang Ibu tidak sadari. 


Perawatan Antipenuaan atau Kerutan

Ibu hamil juga masih diperbolehkan untuk menggunakan produk anti penuaan yang berwujud antioksidan topikal seperti vitamin C. Produk ini dapat dengan aman meningkatkan vitalitas kulit dengan cara melindungi kulit dari kerusakan dan menjaga produksi kolagen. Ada beberapa bahan antioksidan aman kehamilan lainnya yang bisa dicoba seperti: 


  • Vitamin E.
  • Vitamin K.
  • Vitamin B3.
  • Teh hijau.


Baca juga: Perawatan Kecantikan yang Dilarang untuk Ibu Hamil 


Perawatan Kulit Kering dan Stretch Mark

Tidak diragukan lagi bahwa kehamilan akan membutuhkan lebih banyak kebutuhan air. Sehingga pada suatu saat, ia akan menariknya dari tubuh dan membuat kulit menjadi kering. Selain banyak minum air, produk pelembap yang mengandung minyak kelapa, cocoa butter, peptida, dan hyaluronic acid (HA) dapat meningkatkan hidrasi. Selain itu, saat ibu hamil mulai merasa terganggu dengan kehadiran stretch mark, salah satu strategi untuk mencegahnya adalah dengan sering melembabkan area rawan stretch mark tersebut dengan produk yang aman. 


Perlindungan dari Sinar Matahari

Perlindungan sinar matahari adalah salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan untuk mencegah keriput dan kanker kulit jangka panjang. Namun, masih ada perdebatan mengenai produk perlindungan dari sinar matahari yang aman selama kehamilan. Untuk itu, sebaiknya gunakan tabir surya berbahan dasar mineral seperti seng oksida dan titanium dioksida. Selain itu, ibu hamil juga bisa menggunakan topi lebar saat pergi keluar rumah di hari yang cerah. 

Baca juga: Makin Cantik, Ini Alasan Wanita Hamil Terlihat Menarik

Itulah beberapa jenis perawatan tubuh dan kulit selama hamil yang masih diperbolehkan karena tergolong aman. Namun, ibu juga bisa tanyakan pada dokter kulit di Halodoc untuk mengetahui lebih dalam mengenai perawatan kulit yang aman dilakukan selama kehamilan. Ambil segera smartphone-mu dan nikmati kemudahan terhubung dengan dokter kapan dan di mana saja. 



Referensi:
Parents. Diakses pada 2020. Pregnancy Skincare. 
Health Hub Singapore. Diakses pada 2020. Skin Care Tips During Pregnancy and After Birth.
Healthline. Diakses pada 2020. Pregnancy Safe Skincare.