16 May 2017

5 Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

5 Pertolongan Pertama Pada Anak Demam

Halodoc, Jakarta - Saat memiliki buah hati, kesehatan anak adalah hal yang tak mungkin Anda lewatkan dari prioritas. Ketika anak terkena demam untuk pertama kalinya, wajar apabila rasa cemas sangat menghantui. Demam ditandai dengan kenaikan suhu tubuh melebihi 38 derajat celsius. Namun jangan khawatir, demam pada anak bisa dengan cepat Anda atasi dengan cara yang cukup mudah. Ada 5 pertolongan pertama pada anak demam, berikut ini langkah-langkahnya:

1.  Hindari Pakaian Tebal
Beberapa orang mungkin beranggapan kalau mengenakan anak pakaian yang tebal atau selimut akan membuatnya lebih cepat berkeringat, hingga suhu tubuh pun berangsur menurun. Namun sesungguhnya ini anggapan yang salah. Kedua hal tersebut justru malah memberikan dampak negatif pada demam bagi pegidap-. Selain itu, penggunaan AC juga menjadi pertolongan pertama pada anak demam cukup membantu. Walau demikian, usahakan untuk tetap mengatur dingin agar tidak berlebihan.

2.  Kompres Air Hangat
Apabila penyebab demam adalah infeksi virus, Anda dapat memberikan pertolongan pertama dengan cara mengompres menggunakan air hangat. Air hangat dapat langsung terserap pada pusat tubuh sehingga akan menurunkan suhu secara otomatis. Hindari menggunakan alkohol atau air dingin. Alkohol akan berbahaya karena uapnya berdampak negatif ketika terhirup oleh bayi. Mau yang lebih praktis? Anda juga dapat menggunakan plaster kompres yang sering kali banyak ditemui di pasaran.

3.  Beri Banyak Cairan
Demam secara otomatis akan menurunkan jumlah cairan pada tubuh anak. Cairan tersebut berkurang melalui keringat yang keluar. Maka dari itu, berilah ia banyak cairan agar terhindar dari resiko dehidrasi. Sediakan air putih, jus buah encer, sup hangat, atau minuman isotonik untuk mengembalikan cairan tubuh yang sempat hilang karena demam.

4.  Minum Paracetamol
Apabila usia anak Anda lebih dari 1 tahun, paracetamol atau acetaminophen juga bisa Anda berikan sebagai pertolongan pertama pada anak demam. Obat ini sering digunakan bahkan diresepkan untuk menurunkan demam dan menghilangkan rasa sakit. Acetaminophen bekerja dengan cara mempengaruhi pusat rasa sakit untuk menurunkan suhu ketika naik. Dosis paracetamol untuk anak-anak sendiri tergantung berat badannya. Sebagai contoh, jika umur anak Anda 2 tahun dengan berat badan 10 kg, artinya ia bisa diberikan obat penurun deman anak parasetamol dengan dosis minimal 100 mg parasetamol (10 mg parasetamol × 10 kg berat badan) dan maksimal 150 mg parasetamol (15 mg parasetamol × 10 kg berat badan).

5.  Segera Ke Dokter
Pertolongan pertama pada anak demam lainnya,  segera bawa ke dokter. Terlebih jika demam mulai disertai gangguan seperti muntah, diare, leher kaku, atau ruam yang tidak biasa. Dokter akan memberi anak penanganan lebih lanjut, seperti dengan antibiotik.

Saat demam, anak pun akan lebih rewel dan mudah menangis dari biasanya. Hal ini disebabkan rasa tidak nyaman yang ia rasakan. Untuk itu, bersabarlah sembari memberikan pertolongan pertama pada anak demam di atas. Agar bisa berdiskusi dengan dokter spesialis anak, yuk download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. Tanyakan apapun keluhan Anda seputar kesehatan melalui chat, voice call, bahkan video call secara gratis hanya bersama Halodoc.