5 Simbol Kecantikan Unik di Seluruh Dunia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Simbol Kecantikan Unik di Seluruh Dunia

Halodoc, Jakarta – Banyak orang yang mengatakan bahwa “cantik itu relatif”. Perkataan ini benar adanya. Setiap orang pasti punya persepsi standar kecantikan yang berbeda-beda. Nyatanya, di setiap wilayah di dunia memiliki simbol kecantikannya tersendiri. Sebagai contohnya di Indonesia, seseorang yang dianggap cantik yaitu memiliki kulit yang cerah, tubuh langsing, dan berambut hitam serta panjang. 

Baca Juga: 5 Perawatan Kecantikan Wanita Setiap Hari

Di wilayah lainnya, wanita yang memiliki kulit cerah, langsing dan berambut panjang mungkin dianggap biasa-biasa saja. Bahkan di beberapa negara, simbol kecantikan seorang wanita terbilang unik karena berbeda dari simbol kecantikan pada umumnya. Berikut ini simbol kecantikan unik di berbagai belahan dunia yang perlu kamu ketahui.

  1. Leher Panjang di Myanmar

Wanita suku Kayan di Myanmar rata-rata menggunakan cincin kekuningan pada leher mereka. Tujuan menggunakan cincin kekuningan ini agar leher wanita menjadi lebih panjang dari pada wanita normal lainnya. Menurut kepercayaan mereka, leher panjang adalah tanda keindahan dan kekayaan. Leher yang panjang juga dianggap mampu menarik perhatian kaum laki-laki. 

Penggunaan cincin tersebut mungkin terlihat menyiksa bagi wanita Kayan. Namun, penggunaan cincin kuningan itu hanya menciptakan ilusi visual, sehingga leher wanita tampak lebih panjang. Wanita Kayan biasanya mulai mengenakan cincin pada usia empat atau lima tahun. Seiring bertambahnya umur maka bertambah pula cincin yang dipakai. 

  1. Operasi Hidung di Iran

Di beberapa negara, operasi plastik mungkin tidak lazim untuk dilakukan. Berbeda di Iran, wanita di negara ini suka memamerkan hasil operasi plastik mereka. Wanita yang menjalani operasi hidung biasanya bangga sampai mereka tidak ingin melepaskan plester meski sudah tidak membutuhkannya. Beberapa wanita yang tidak menjalani operasi bahkan sengaja menempelkan plester di hidungnya sebagai simbol kecantikan. 

Alasan wanita Iran melakukan hal aneh tersebut karena tubuh dan rambut mereka umumnya ditutupi oleh jilbab. Oleh karena itu, mereka memperlihatkan sesuatu yang masih bisa dilihat orang lain, yaitu hidung. 

Baca Juga: Mengulas Rahasia Kecantikan Alami Wanita Asia 

  1. Kepala Botak dan Telinga Panjang di Kenya

Budaya suku Masai di Kenya terkenal dengan praktek membotaki rambut dan mengenakan perhiasan berat pada wanita. Perhiasan yang mereka kenakan umumnya terbuat dari batu atau gading gajah agar membuat telinga merenggang dari waktu ke waktu. Ternyata, seberapa besar dan panjangnya daun telinga seorang wanita suku Masai menentukan status wanita tersebut.  Untuk lebih menarik perhatian pada telinga mereka yang memanjang, wanita Masai akan menghiasi dengan manik-manik dan perhiasan berwarna cerah.

  1. Bibir Lebar di Ethiopia

Wanita Mursi atau Suri di Ethiopia punya tradisi melebarkan bibir yang dianggap mampu menarik perhatian pria. Pelebaran bibir biasanya dianggap sebagai bentuk mutilasi tubuh, tetapi bagi seorang wanita Mursi merupakan bentuk kedewasaan wanita dan menandakan bahwa Ia telah mencapai usia subur. 

Sebelum melebarkan bibir, gigi depan, dan bawah perlu dihilangkan agar cakram kayu dapat dimasukan untuk meregangkan bibir. Seperti peregangan telinga, cakram yang lebih besar akan diletakan seiring berjalannya waktu. Semakin lebar bibir, maka semakin besar pula keindahannya.

  1. Tato di Selandia Baru

Wanita Māori di Selandia Baru suka menghiasi tato di dagunya sebagai cara untuk menarik pasangan. Tradisi suci ini dikenal sebagai Ta Moko. Semakin penuh bibir wanita Mauri ditato, maka mereka semakin indah dianggap dalam komunitas mereka. Tidak hanya wanita, ternyata laki-laki suku Maori juga melakukan tradisi ini. 

Baca Juga: 6 Manfaat Kopi untuk Kecantikan

Itulah sejumlah simbol kecantikan unik yang ada di dunia. Kalau kamu punya pertanyaan seputar kecantikan dan kesehatan kulit, kamu bisa bicara dengan dokter Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.

Referensi:
The List. Diakses pada 2019. What men find attractive in different parts of the world.
Rough Draft. Diakses pada 2019. The Concept of Beauty in Different Cultures.