5 Perawatan Kecantikan Wanita Setiap Hari

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Perawatan Kecantikan Wanita Setiap Hari

Halodoc, Jakarta – Wanita memiliki perhatian dan ritual khusus terhadap perawatan kecantikannya. Dilansir dari telegraph, 10 persen wanita di dunia senantiasa mengikuti tren kecantikan yang sedang happening sedangkan 14 persennya menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi brokoli supaya awet muda.

Sebuah fakta mengejutkan juga disampaikan oleh TODAY/AOL, wanita menghabiskan 55 menit setiap harinya untuk perawatan kecantikan. Ingin tahu detil ritual kecantikan yang dilakukan wanita supaya penampilannya sempurna, berikut 5 diantaranya.

  1. Membentuk Alis

Hampir setiap musim selalu ada tren baru dalam pembentukan alis yang membuat wanita harus selalu update supaya tidak kehilangan tren. Mulai dari yang alami sampai kepada sulam alis yang bikin wanita tidak perlu repot-repot lagi setiap pagi membentuk dan mewarnai alis. Ada banyak tips dan aturan supaya alis terlihat cetar mulai dari bentuk alis yang tidak simetris supaya terlihat natural sampai penyesuaian warna alis dengan lipstik dan arah jatuhnya rambut. (Baca juga: 5 Cara Penyebab Timbulnya Ketombe)

  1. Mengaplikasikan Bulu Mata

Buat wanita yang tidak memiliki bulu mata lebat dan hitam, mengaplikasikan bulu mata palsu adalah bagian dari ritual perawatan kecantikan harian. Bulu mata yang panjang dan lentik akan membuat mata terlihat lebih besar dan bulat. Sesuai dengan kebutuhannya bulu mata ini juga ada yang sifatnya waterproof sampai bisa dibawa berenang juga.

  1. Lipstik

Ritual menggunakan lipstik tidak akan pernah lepas dari perawatan kecantikan harian para wanita. Bahkan sebelum mengaplikasikan lipstik, supaya lipstik menempel dengan sempurna, dilakukan scrubbing menggunakan garam dan madu supaya sel-sel kulit matinya terangkat. Tidak berhenti sampai di situ, warna lipstik juga memengaruhi mood hari ini, warna baju dan event yang akan dihadiri pada hari tersebut.

  1. Foundation

Mengaplikasikan foundation adalah salah satu perawatan kecantikan rutin wanita yang tidak pernah dilewatkan. Dasar makeup ataupun foundation dapat menutupi bekas jerawat ataupun warna belang di permukaan kulit sehingga bedak yang dibubuhkan dapat melekat lebih sempurna. Menggunakan foundation juga tidak sembarangan, ada tekniknya bahkan butuh waktu sekira 7 menit untuk mengaplikasikan foundation agar terlihat flawless.

  1. Perawatan Rambut

Setelah selesai dengan wajah, perawatan kecantikan berlanjut pada sesi rambut. Sebagian besar wanita tidak pernah membiarkan dirinya keluar tanpa  sebelumnya mengeringkan rambut dengan blow dryer. Sebagian wanita memilih meluruskan atau bahkan mengikalkan ujung-ujung rambut untuk memberikan sentuhan berbeda pada penampilannya. Dilansir dari dailymail, rata-rata wanita menghabiskan 15 menit untuk melakukan ritual rambut hariannya. Bahkan 12 persen wanita bisa membatalkan acara atau rencananya di hari tersebut karena merasa tidak memiliki penampilan rambut yang oke.

Sebenarnya sah-sah saja kalau wanita memberikan perhatian lebih terhadap penampilannya. Hanya saja, kecenderungan perawatan kecantikan yang berlebihan ternyata bisa memicu stres, depresi bahkan kegagalan dalam menilai imej diri sendiri. Masih menurut survei yang dilakukan TODAY/AOL, 60 persen wanita dewasa memiliki pikiran negatif terhadap penampilannya setiap minggu. Sedangkan 78 persen remaja perempuan justru mengalami kritik diri terhadap apa yang dipakai dan dikenakannya setiap hari. (Baca juga: Dampak Media Sosial Terhadap Body Image)

Menjaga dan merawat kecantikan wajah dan tubuh sudah semestinya dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri. Tapi, jangan sampai terobsesi sehingga terlalu mengutamakan penampilan dan mengabaikan karakter. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai perawatan kecantikan yang pas dan sesuai dengan kebutuhan dan kesehatan bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan informasi sejelasnya. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.