5 Teh yang Efektif Atasi Insomnia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5-teh-yang-efektif-atasi-insomnia-halodoc

Halodoc, Jakarta – Meski dikenal sebagai minuman yang punya efek menenangkan, tetapi teh mungkin akan dijadikan pilihan minuman terakhir bagi orang yang mengalami masalah sulit tidur atau insomnia. Hal ini karena di dalam teh terdapat kandungan kafein. Kafein disebut-sebut sebagai kandungan yang bisa menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur. Namun, menurut pakar kesehatan, ada beberapa jenis teh yang justru bisa mengatasi insomnia. Yuk, cari tahu di sini. 

Meski memiliki kandungan kafein, nyatanya kadar kafein dalam teh lebih sedikit bila dibandingkan dengan kopi. Alih-alih mengkhawatirkan kandungan kafein di dalamnya, kamu justru perlu memperhitungkan kandungan lain dalam teh yang efektif untuk membantu pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks, sehingga akhirnya kamu bisa lebih mudah untuk merasa ngantuk dan tidur nyenyak. 

Baca juga: 4 Cara Ampuh Cegah Insomnia

Berikut ini beberapa jenis teh yang direkomendasikan oleh para ahli untuk membantu mengatasi insomnia:

1. Teh Chamomile

Teh chamomile punya kandungan yang bisa memberikan efek menenangkan, seperti obat penenang, sehingga bisa membantu kamu untuk tertidur lebih cepat. Kandungan tersebut adalah apigenin, yaitu sejenis flavonoid yang bisa memengaruhi reseptor benzodiazepine yang ada di dalam otak. Bahkan, aroma dari teh chamomile juga bisa membantu menghilangkan stres. Jadi, bila kamu tidak bisa tidur karena sedang stres, minum teh chamomile bisa membantu kamu untuk merasa lebih tenang dan rileks.

2. Teh Akar Valerian

Teh akar valerian juga sudah dikenal baik sebagai obat alami untuk mengatasi insomnia. Akar valerian sudah digunakan sejak zaman Yunani dan Roma untuk mengatasi insomnia, sakit kepala, stres, cemas, dan gugup. Kata ahli, teh akar valerian tidak hanya bisa membuat kamu tertidur, tetapi juga meningkatkan kualitas tidur kamu. Dengan minum teh akar valerian, kamu bisa mendapatkan tidur dalam fase REM yang lebih lama yang sangat penting untuk mengembalikan energi dan merevitalisasi seluruh tubuh kamu.

3. Teh Lavender

Lavender merupakan tanaman yang terkenal akan aromanya yang menenangkan. Orang Yunani dan Romawi kuno sering menambahkan lavender ke air pemandian mereka untuk mendapatkan aroma yang wangi dan menenangkan. Hal ini pun turut diperkuat oleh penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa lavender punya kandungan yang bisa membuat orang tertidur lebih cepat dan meningkatkan kualitasnya dalam jangka panjang tanpa efek samping. Kualitas obat penenangnya sudah membantu banyak orang yang memiliki masalah dengan insomnia dan gangguan kecemasan tidur menjadi lebih baik.

Baca juga: 4 Jenis Gangguan Tidur yang Rentan Dialami Lansia

4. Teh Lemon Balm

Lemon balm atau yang sering disebut juga balsam mint dikenal akan khasiatnya yang bisa mengurangi kecemasan, meningkatkan semangat, bahkan memperpanjang umur bila dikonsumsi secara teratur. Orang-orang sudah menggunakan lemon balm sejak lama sebagai obat alami untuk mengatasi masalah tidur, kecemasan dan luka. Minyak esensial lemon balm memiliki kandungan bernama terpene yang bersifat menenangkan. Penelitian juga menunjukkan bahwa lemon balm bisa mengatasi insomnia. 

5. Teh Pisang

Jenis teh ini mungkin terdengar asing di telinga kamu. Teh ini dibuat dari kulit pisang yang sudah dihaluskan menjadi bubuk. Kulit pisang kaya akan kandungan potasium dan magnesium. Mineral magnesium dikenal dapat meningkatkan kualitas tidur dan juga merilekskan pembuluh darah.

Baca juga: 6 Makanan Bantu Atasi Insomnia

Nah, itulah 5 jenis teh yang bisa kamu konsumsi untuk membantu mengatasi insomnia yang kamu alami. Bila insomnia kamu tidak kunjung sembuh, coba bicarakan saja kepada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa berbicara dan minta saran kesehatan kepada dokter terpercaya kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
HowSleepWorks (Diakses pada 2019). 10 Herbal Sleep Teas To Sleep Naturally (Everything You Need to Know)
Tuck (Diakses pada 2019). Teas That Help You Sleep