4 Cara Ampuh Cegah Insomnia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Cara Ampuh Cegah Insomnia

Halodoc, Jakarta – Umumnya seseorang memerlukan waktu untuk tidur selama 8 jam perharinya. Waspada terhadap kesehatan jika kamu memiliki waktu tidur yang kurang dari 8 jam. Kualitas tidur seseorang akan memengaruhi kualitas hidup seseorang.

Baca juga: Jangan Dibiarkan, Insomnia Bisa Sebabkan 7 Penyakit Ini

Tidak hanya kualitas hidup, tentu akan gangguan tidur akan berdampak pada kesehatan kamu. Gangguan tidur atau yang dikenal dengan istilah insomnia nyatanya dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental atau gangguan fisik.

Ada beberapa penyakit yang rentan dialami oleh seseorang dengan kondisi insomnia, seperti radang sendi, asma hingga depresi dapat dialami oleh seseorang yang sering mengalami gangguan tidur.

Ada beberapa gejala yang dialami seseorang yang mengalami insomnia, seperti mudah lelah saat beraktivitas, sering merasakan kondisi ngantuk pada siang hari dan sulit fokus ketika beraktivitas.

Sebaiknya kenali penyebab insomnia yang mengganggu tidur kamu, agar kondisi ini bisa segera diatasi. Insomnia dapat dialami oleh siapa saja, namun, kondisi gangguan tidur ini sering terjadi pada seseorang di usia produktif hingga lanjut usia. Tidak hanya itu, seseorang  yang mengalami gangguan kesehatan juga sangat rentan mengalami gangguan tidur atau insomnia.

Sebaiknya lakukan beberapa cara ini agar kamu terhindar dari gangguan tidur atau insomnia:

1. Hindari Konsumsi Makanan Mendekati Waktu Tidur

Sebaiknya jika kamu sudah memiliki waktu tidur yang rutin, hindari mengonsumsi makanan atau minuman setengah jam sebelum waktu tidur kamu. Banyak mengonsumsi makanan nyatanya bisa membuat tubuh kamu kembali segar dan membuat kamu akan mengalami gangguan tidur. Khususnya makanan dan minuman yang mengandung kafein, sebaiknya hindari pengonsumsiannya sebelum waktu tidur. Kafein merupakan bahan kimia yang bermanfaat sebagai stimulan alami dalam tubuh. Kafein nyatanya dapat meningkatkan adrenalin dalam darah yang dapat menyebabkan seseorang akan merasakan lebih segar setelah mengonsumsi minuman yang mengandung kafein.

2. Konsumsi Makanan yang Dapat Menghindari Kamu Insomnia

Ketika waktu makan malam tiba, sebaiknya konsumsi makanan yang dapat membuat kamu terhindar dari gangguan tidur atau insomnia, yaitu:

  • Labu

Kandungan kalsium, magnesium, omega 3 dan kandungan kromium nyatanya dapat membantu terhindar dari insomnia. Selain itu, labu juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Kacang Almond

Kacang almond mengandung magnesium dan triptofan yang dapat membantu otot lebih rileks.

  • Pisang

Kandungan triptofan pada pisang dapat memproduksi hormon serotonin pada otak. Hasilnya, tubuh menjadi lebih rileks.

3. Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh. Dengan begitu, kamu lebih mudah untuk merasa ngantuk dan beristirahat pada malam hari.

4. Buat Suasana Tidur yang Nyaman

Tidur dalam kondisi yang nyaman menghindarkan kamu dari gangguan tidur atau insomnia. Tidak ada salahnya buat suasana yang nyaman agar kamu terhindar dari perasaan takut atau cemas. Memiliki perasaan takut dan cemas dapat mengganggu kebiasaan tidur kamu.

Jika dampak dari kondisi insomnia telah mengganggu aktivitas kamu sehari-hari tidak ada salahnya untuk segera berkunjung ke dokter. Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Kamu bisa pilih dokter di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu melalui Halodoc. Kamu juga bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play, ya!

Baca juga: Sama-Sama Gangguan Tidur, Ini Beda Insomnia dan Parasomnia