Cara Punya Telapak Kaki Mulus Tanpa Kapalan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Cara Punya Telapak Kaki Mulus Tanpa Kapalan

Halodoc, Jakarta – Cara membuat telapak kaki mulus bisa dilakukan di salon atau di rumah. Untuk beberapa orang, telapak kaki kasar dapat mengurangi rasa percaya diri. Biasanya, telapak kaki kasar disebabkan karena kulit kering dan mengeras, sehingga membuat kulit telapak kaki menjadi lebih tebal dan tumit pecah-pecah. Karena itu, beberapa orang berusaha untuk membuat telapak kaki yang semula kasar menjadi mulus kembali.

Untuk membuat kaki mulus, kamu enggak perlu repot ke salon lho. Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan di rumah. Intip beberapa tips di bawah ini, yuk!

1. Gosok Kaki dengan Sabun

Salah satu cara sederhana untuk memiliki telapak kaki mulus adalah dengan rutin menggosok kaki saat mandi. Kamu bisa menggunakan sabun atau scrub saat menggosok kaki, bersihkan hingga ke sela-sela jari agar kaki menjadi benar-benar bersih. Lakukan secara rutin setidaknya setiap seminggu sekali untuk mengangkan sel kulit mati yang menumpuk di kaki.

2. Rendam Kaki di Air Hangat

Rendam kaki di air hangat selama 5-10 menit sebanyak 2-3 kali seminggu. Sambil merendam kaki, kamu juga bisa menggosok telapak kaki dan tumit dengan menggunakan batu apung untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

3. Gunakan Sunblock pada Punggung Kaki

Sebelum pergi ke luar rumah, jangan lupa gunakan sunblock untuk melindungi kakimu dari paparan sinar matahari. Dengan rutin menggunakan sunblock, kulit kakimu akan bebas dari belang dan terlihat lebih cerah sehingga kakimu tetap mulus.

4. Cuci Kaki dengan Sabun

Agar kaki tetap mulus, jangan lupa mencuci kaki dengan sabun sebelum beranjak tidur dan setelah berpergian dari luar rumah untuk menghilangkan bau dan kotoran yang menempel. Kaki yang terbungkus dengan alas kaki sepanjang hari bisa membuat kaki menjadi kering, sehingga bisa menyebabkan kaki menjadi pecah-pecah dan terlihat kusam.

5. Gunakan Lotion Sebelum Tidur

Sama halnya dengan wajah, kaki juga perlu dirawat dengan menggunakan lotion sebelum tidur. Bersihkan kaki terlebih dahulu dengan air hangat, lalu gunakan lotion yang memiliki kandungan pelembap tinggi secara menyeluruh hingga ke bagian telapak kaki. Gunakan secara teratur setiap sebelum tidur di malam hari. Hal ini dilakukan untuk melembapkan kaki, mengembalikan kekenyalan, dan menghaluskan kulit kaki sehingga kulit kakimu tetap mulus tanpa kapalan.

5. Potong Kuku Kaki

Selain beberapa tips di atas, kamu juga perlu rutin memotong kuku kaki. Bersihkan kotoran yang terselip di kuku kaki, lalu potong kuku secara lurus, dan hindari memotong kuku terlalu pendek.

Nah, jika kamu punya keluhan dengan kaki, kamu bisa bertanya ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk minta saran tentang keluhan yang kamu hadapi kapan saja dan dimana saja.

Selain bertanya ke dokter, kamu juga bisa cek kadar kolestrol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain melalui aplikasi Halodoc. Caranya mudah! Kamu tinggal pilih Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas lab akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu hanya tinggal order lewat aplikasi Halodoc, dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.