24 January 2019

5 Tips Menyiapkan MPASI sebelum Bepergian

5 Tips Menyiapkan MPASI sebelum Bepergian

Halodoc, Jakarta – Bayi wajib mendapatkan ASI eksklusif dalam enam bulan pertama kehidupannya, kecuali ada kondisi tertentu yang membuat ibu kesulitan memberikan ASI. Pasalnya, anak rentan tersedak dan mengalami reaksi alergi yang berdampak negatif pada kesehatannya. Setelah enam bulan, baru ibu memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) dengan kombinasikan ASI dan makanan pendamping sesuai usianya.

Baca Juga: Bahaya MPASI sebelum Usia 6 Bulan

Adakah Ciri Khusus Anak yang Siap Diberikan MPASI?

Selain usia, ada beberapa tanda yang menunjukkan Si Kecil siap diberikan MPASI. Antara lain bisa meraih makanan dan memasukkan makanan ke dalam mulutnya, bisa duduk sendiri tanpa bantuan dengan kepala tegak, tertarik pada makanan yang sedang ibu konsumsi, dan bisa menelan makanan.

Bagaimana Cara Menyiapkan MPASI Sebelum Bepergian?

Bukan hanya siap mengonsumsi berbagai tekstur makanan, anak berusia 6 bulan sudah bisa diajak bepergian. Maka itu, kebanyakan ibu antusias mengajak anaknya bepergian meskipun harus repot menyiapkan MPASI. Menyiapkan MPASI selama perjalanan membuat bayi lebih nyaman dan asupan nutrisinya tetap terjaga.

Berikut tips menyiapkan MPASI sebelum bepergian yang bisa dicoba:

Baca Juga: Tips Menyiapkan MPASI Pertama untuk Si Kecil

1. Bawa Bekal Makanan Praktis

Misalnya pepaya, roti, biskuit bayi, sereal, dan kentang rebus. Bayi berusia kurang dari 1 tahun biasanya belum mampu konsumsi makanan padat bisa diatasi dengan membawa buah - buahan dan mengolahnya menjadi puree. Caranya dengan melembutkan makanan menggunakan blender, atau ditekan - tekan hingga halus.

Jika Si Kecil berusia lebih dari 1 tahun dan bisa mengunyah makanan, sediakan buah potong selama perjalanan. Hindari makanan yang membuat Si Kecil terlalu kenyang karena bisa memicu rasa mual dan mabuk udara.

2. Simpan Makanan dengan Baik

Sediakan MPASI di tempat kedap udara dan sediakan peralatan makan lengkap, seperti mangkuk, sendok, dan botol minum. Pastikan tempat makan untuk Si Kecil bebas bahan kimia yang berbahaya bagi bayi, sehingga aman digunakan. Bawa juga termos berisi air panas untuk membuat susu atau mencuci tempat makan bayi sebelum digunakan.

3. Masukkan MPASI ke Dalam Cooler Box

Jika perjalanan yang ditempuh cukup panjang, bawa cooler box untuk menyimpan MPASI. Makanan bisa bertahan dalam cooler box selama 4 - 5 jam. Pastikan ibu membawa blue ice yang cukup banyak agar suhu dalam boks tetap dingin. Apabila dalam perjalanan MPASI mencair, jangan buru-buru membuangnya karena selama masih ada bagian yang berbentuk es dan tidak ada perubahan pada makanan, MPASI masih bisa digunakan.

4. Jangan Lupa Bawa Lap

Lap atau tisu bawa perlu dibawa selama perjalanan. Selain untuk membersihkan mulut dan tangan Si Kecil, alat ini juga bisa mencegah makanan tumpah ke bajunya.

5. Beri MPASI Saat Kendaraan Berhenti

Memberikan makanan saat kendaraan berjalan meningkatkan risiko mabuk darat pada Si Kecil. Sebaiknya berikan makanan saat kendaraan berhenti, misalnya saat mobil sedang menepi atau saat berada dalam kemacetan panjang.

Baca Juga: 7 Pilihan Menu MPASI dengan Baby Led Weaning

Kalau ibu punya pertanyaan seputar MPASI, tanya dokter Halodoc agar mendapatkan jawaban yang tepat. Ibu dapat menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!