• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Meredakan Stres saat Menjadi Ibu Baru

6 Cara Meredakan Stres saat Menjadi Ibu Baru

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Cara Meredakan Stres saat Menjadi Ibu Baru

Halodoc, Jakarta – Ketika buah hati yang pertama yang sudah lama dinanti-nantikan akhirnya lahir ke dunia, ibu tentu merasakan bahagia yang tidak terhingga. Namun, tidak lama setelah itu, ibu mulai disibukkan dengan mengurus berbagai kebutuhan Si Kecil, mulai dari bangun tengah malam untuk menyusui, menenangkan bayi yang menangis, mengganti popok, dan masih banyak lagi.

Bagi ibu baru yang masih belum terbiasa dengan kehidupan setelah mempunyai anak dan masih mencoba untuk belajar cara merawat bayi, memenuhi tuntutan bayi baru lahir yang cukup banyak mungkin bisa membuat ibu lama kelamaan menjadi stres. Seluruh waktu, tenaga, dan emosi ibu mungkin akan terkuras ketika mengurus Si Kecil. Bahkan, ibu mungkin tidak sempat lagi untuk mengurus dan memberi perhatian pada diri sendiri.

Wajar bagi ibu baru untuk merasa kewalahan dan stres. Namun, hal ini hanyalah sementara dan seiring waktu, segala sesuatunya akan mulai terasa mudah. Itulah pentingnya bagi ibu baru untuk mencari cara untuk meredakan stres agar ibu bisa bertahan menghadapi situasi ini dan memberikan yang terbaik untuk Si Kecil.

Baca juga: Ibu Baru Wajib Pahami 5 Tips Merawat Newborn Baby Berikut Ini

Cara yang Bisa Dilakukan Ibu Baru untuk Meredakan Stres 

Berikut beberapa cara meredakan stres untuk ibu baru:

1.Beristirahat

Luangkan waktu setengah jam setiap malam untuk melakukan sesuatu yang ibu sukai. Cara ini bisa membantu ibu untuk menyingkirkan sejenak hal-hal yang harus dikerjakan atau kekhawatiran dari pikiran ibu dan bersantai.

Mandi, berolahraga, menonton TV, lakukan apa saja yang ibu senangi yang bisa membantu ibu melepas penat. Abaikan sejenak pekerjaan rumah tangga dan luangkan waktu untuk diri sendiri.

2.Bersosialisasi 

Bertemu dan berbicara dengan orang lain juga bisa membantu ibu baru untuk menghilangkan stres. Ibu bisa menghubungi keluarga atau teman-teman terdekat untuk sekadar mengobrol dan curhat ketika ibu merasa stres dan perlu mengeluarkan keluh kesah. Atau sesekali menitipkan anak untuk bertemu dan bersosialisasi dengan teman-teman juga menjadi cara efektif untuk menghilangkan kepenatan dan stres saat menjadi ibu baru. 

3.Luangkan Waktu untuk Pasangan

Hubungan dengan pasangan juga bisa terkena dampaknya bila ibu baru merasa stres, lelah dan kurang menyediakan waktu untuk bersama dengan pasangan saat mengurus Si Kecil.

Jadi, usahakan untuk meluangkan waktu bersama pasangan, meskipun yang ibu dan suami lakukan hanya bersantai bersama di sofa sambil menonton televisi. Menghabiskan waktu berduaan bersama pasangan bisa menjadi cara bagi ibu baru untuk rileks dan meredakan stres. 

Baca juga: Cara Menjaga Keharmonisan dengan Suami setelah Memiliki Anak

4.Ungkapkan Perasaan 

Terkadang, cara efektif untuk meredakan stres bagi ibu baru hanya sesederhana mengungkapkan perasaan atau unek-unek sehingga ibu bisa merasa lega. Cobalah untuk mengungkapkan kelelahan, kekhawatiran, dan kejenuhan yang ibu rasakan pada pasangan, agar ibu dan pasangan bisa memahami perasaan satu sama lain dan mencari cara untuk saling mendukung.

5.Jangan Segan Menerima Bantuan

Jangan merasa tidak enak hati untuk berbicara dan meminta bantuan dari orang lain saat ibu sedang mengurus kebutuhan dasar Si Kecil yang baru lahir. Kerabat atau teman-teman yang mencintai ibu tentunya tidak akan keberatan bila ibu minta tolong untuk mampir untuk membelikan makan malam kesukaan ibu.

Jadi, biarkan orang lain membantu ibu dengan beberapa pekerjaan rumah tangga atau mengawasi bayi bila mereka menawarkan. Menerima bantuan dari orang lain untuk mencuci piring saat ibu sedang beristirahat di sofa atau menggantikan ibu menggendong bayi sejenak saat ibu mandi, menjadi sangat berarti ketika ibu merasa kewalahan dan stres.

6.Rileks

Tidak ada orangtua yang sempurna, jadi ibu tidak perlu bersikap perfeksionis dalam setiap hal. Ibu hanya perlu memberikan yang terbaik yang bisa ibu lakukan bagi Si Kecil. Selebihnya, rileks dan nikmati saja momen-momen sibuk merawat Si Kecil sehari-hari. 

Baca juga: Buat Ibu Baru, Cegah Baby Blues dengan Cara Ini

Itulah beberapa cara untuk meredakan stres saat menjadi ibu baru. Bila Si Kecil sakit, ibu juga tidak perlu panik berlebih. Ibu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasinya sekarang juga untuk memudahkan ibu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap.

Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2021. Coping with stress after having a baby.
Verywell Family. Diakses pada 2021. 8 Things to Do When You're Overwhelmed as a New Mom.