22 March 2019

6 Fakta Seputar Penyakit Ginjal yang Harus Diketahui

6 Fakta Seputar Penyakit Ginjal yang Harus Diketahui

Halodoc, Jakarta - Ginjal adalah sepasang organ sebesar kepalan tangan yang letaknya di bawah tulang rusuk. Ginjal berfungsi menyaring limbah dan racun dalam darah. Racun yang telah disaring akan disimpan di dalam kandung kemih, kemudian dikeluarkan melalui urine. Ginjal juga berfungsi menghasilkan hormon pengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah.

Terkait fungsinya dalam menghasilkan hormon dan menyaring limbah, rusaknya ginjal umumnya disebabkan oleh penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Tulang yang lemah, kerusakan saraf, dan kekurangan gizi juga dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Berikut fakta penyakit ginjal lainnya yang perlu diketahui.

Baca Juga: 7 Tanda Awal Penyakit Ginjal

1. Penyakit Ginjal Akut Berbeda dengan Ginjal Kronis

Terjadi ketika fungsi ginjal tiba-tiba terhenti. Jika tidak segera ditangani, penyakit ginjal akut berdampak negatif pada organ lain. Sementara ginjal kronis merupakan kondisi penurunan fungsi ginjal secara bertahap dan bersifat permanen.

2. Gejalanya Tidak Disadari

Gejala penyakit ginjal kronis jarang disadari. Pasalnya ginjal memiliki kemampuan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Satu-satunya cara untuk mendiagnosis penyakit ginjal adalah melakukan tes darah dan urine. Ketika penyakit ginjal memburuk, pengidapnya akan mengalami pembengkakan (edema).

3. Gagal Ginjal Tidak Dapat Diobati

Penyakit ginjal cenderung memburuk dari waktu ke waktu hingga fungsinya hilang total. Sampai saat ini belum ada obat untuk penyakit ginjal. Biasanya prosedur dialisis akan dilakukan guna menggantikan kerja ginjal. Dialisis tidak bisa menyembuhkan penyakit ginjal, tetapi bisa memperpanjang hidup pengidapnya.

Baca Juga: Sakit Ginjal Tanpa Cuci Darah, Mungkinkah?

4. Sebagian Besar Kasus Penyakit Ginjal Bisa Dicegah

Penyakit ginjal dapat dicegah jika gejalanya segera diketahui. Pengobatan lebih dini bisa mencegah terjadinya gagal ginjal. Obat-obatan inhibitor seperti ACE atau ARB dapat dikonsumsi untuk mengendalikan tekanan darah tinggi sehingga ginjal tetap sehat.

5. Orang dengan Satu Ginjal Bisa Hidup Normal

Sebagian besar orang dengan satu ginjal bisa menjalani kehidupan normal. Namun, sebagian lainnya menjadi lebih rentan mengalami hipertensi dan penyakit ginjal.

6. Batu Ginjal Jarang Menimbulkan Kerusakan Permanen

Fakta lainnya adalah sebagian besar orang yang mengidap batu ginjal tidak mengalami penyakit ginjal. Gejala batu ginjal berupa nyeri hilang timbul didaerah pinggang yang menyebabkan iritasi pada sistem saraf. Batu ginjal ringan dapat keluar dengan sendirinya yang dibantu dengan konsumsi cairan. Jika ukurannya besar, prosedur pembedahan dilakukan untuk mengangkatnya.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana untuk Mencegah Batu Ginjal

Itulah fakta seputar penyakit ginjal yang perlu diketahui. Jika kamu punya pertanyaan lain seputar penyakit ginjal, jangan ragu bertanya dengan dokter Halodoc. Gunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!