07 February 2019

5 Tips Sederhana untuk Mencegah Batu Ginjal

5 Tips Sederhana untuk Mencegah Batu Ginjal

Halodoc, Jakarta – Batu ginjal terjadi ketika terdapat penumpukan mineral keras dalam ginjal. Gangguan kesehatan ini menyebabkan rasa sakit yang begitu luar biasa ketika melewati saluran kemih. Belum ada cara pasti mencegah batu ginjal, namun kombinasi perubahan pola makan dan gaya hidup, serta beberapa pengobatan bisa membantu mengurangi risiko terkena batu ginjal.

Meski begitu, kamu bisa mencoba beberapa cara alami untuk membantu pencegahan terhadap penyakit batu ginjal:

  • Perhatikan Asupan Cairan

Konsumsi cukup air adalah cara terbaik untuk mencegah batu ginjal. Jika kamu kurang minum, keluarnya urine lebih sedikit. Artinya, urine kamu lebih pekat dan kecil kemungkinannya untuk melarutkan garam urine yang bisa menyebabkan munculnya batu ginjal.

Konsumsi limun dan jus jeruk menjadi pilihan yang baik. Keduanya kaya kandungan sitrat yang mencegah pembentukan batu ginjal. Jangan lupa untuk minum setidaknya 8 gelas setiap hari, atau jumlah yang cukup untuk melewatkan dua liter urine. Jika kamu banyak berolahraga atau berkeringat atau memiliki riwayat batu sistin, maka kamu memerlukan cairan tambahan.

Baca juga: Ini Bedanya Batu Empedu dan Batu Ginjal

  • Konsumsi Makanan Kaya Kalsium

Jenis batu ginjal yang paling umum adalah batu kalsium oksalat, membuat banyak orang percaya makanan dengan kandungan kalsium harus dibatasi. Faktanya, diet rendah kalsium meningkatkan risiko batu ginjal dan osteoporosis.

Meski begitu, hindari konsumsi suplemen kalsium karena ini memicu terjadinya batu ginjal. Makanan seperti susu rendah lemak, keju rendah lemak, dan yogurt rendah lemak adalah pilihan yang tepat.

  • Kurangi Konsumsi Garam

Mencegah batu ginjal bisa kamu lakukan dengan konsumsi lebih sedikit garam. Pasalnya, terlalu banyak garam dalam urine mencegah kalsium diserap kembali dari urine ke darah. Hal ini menyebabkan kalsium dalam urine meningkat, yang berdampak pada batu ginjal.

Konsumsi lebih sedikit garam membantu menjaga kadar kalsium urine lebih rendah. Semakin rendah kalsium dalam urine, semakin rendah risiko terserang batu ginjal. Ada pun makanan yang mengandung banyak garam adalah makanan olahan, sup kaleng, daging bumbu, dan makanan yang mengandung bahan pengawet.

Baca juga: 5 Penyebab Batu Ginjal yang Harus Dihindari

  • Batasi Asupan Protein Hewani

Konsumsi terlalu banyak protein hewani, seperti daging merah, unggas, telur, dan makanan laut meningkatkan kadar asam urat dan menyebabkan batu ginjal. Diet tinggi protein mengurangi kadar sitrat, bahan kimia dalam urine yang membantu mencegah pembentukan batu.

Jika kamu rentan terserang batu ginjal, batasi asupan daging harian untuk membantu pencegahannya. Tidak hanya itu, membatasi konsumsi protein hewani juga bermanfaat untuk jantung.

  • Hindari Makanan Pemicu Batu Ginjal

Bit, cokelat, bayam, teh, dan sebagian besar kacang kaya kandungan oksalat. Sementara itu, cola mengandung fosfat dalam jumlah besar, dan kedua kandungan tersebut berkontribusi besar dalam pembentukan batu ginjal. Bagi beberapa orang, makanan dan minuman tertentu tidak memicu terjadinya batu ginjal kecuali dikonsumsi dalam jumlah yang tinggi.

Baca juga: Susah Buang Air Kecil, Waspada Batu Ginjal

Seperti misalnya, pria yang mengonsumsi vitamin C dosis tinggi dalam bentuk suplemen memiliki risiko batu ginjal yang sedikit lebih tinggi. Hal ini terjadi karena tubuh mengubah vitamin C menjadi oksalat.

Itu tadi beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba untuk mencegah batu ginjal. Kamu juga bisa menanyakan langsung pada dokter tentang gangguan kesehatan ini tanpa perlu bertatap muka. Caranya dengan download aplikasi Halodoc. Yuk, pakai aplikasi Halodoc sekarang juga!