07 January 2019

6 Jenis Buah untuk Diet ini Wajib Dikonsumsi saat Menurunkan Berat Badan

buah untuk diet

Halodoc, Jakarta - Bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, tidak ada salahnya kamu memperbanyak konsumsi buah-buahan. Buah-buahan dapat membantu kamu menyukseskan program penurunan berat badan karena kandungan seratnya yang baik untuk pencernaanmu. Selain itu, buah-buahan juga kaya akan vitamin dan mineral, serta rendah akan kandungan kalori dan lemak. Maka tidak salah jika buah-buahan dianggap sebagai pilihan diet terbaik yang menyehatkan.

Kandungan serat dalam buah untuk diet dianggap dapat membantu siapa pun yang ingin menurunkan berat badan, karena dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain itu, berlimpahnya kandungan vitamin dan mineral membuat buah memiliki peran istimewa sebagai penunjang diet.

Baca juga: Waspadai Buah Juga Bisa Bikin Gemuk

Berikut daftar buah untuk diet yang direkomendasikan untuk kamu:

  1. Alpukat

Buah alpukat mengandung lemak baik, berupa asam oleat yang merupakan lemak tidak jenuh tunggal. Banyaknya kandungan lemak baik dalam alpukat bermanfaat untuk menunda rasa lapar. Alpukat juga mampu membantu mengontrol kadar gula darah yang membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Lemak jenis ini diprediksi baik bagi kesehatan jantung, serta mampu menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan jumlah lemak baik (HDL).

Selain kaya akan kandungan lemak baik, alpukat juga kaya serat, vitamin, dan mineral. Dalam satu setengah buah alpukat terkandung 4,6 gram serat, folat, dan vitamin B6. Di dalamnya juga terkandung kalium dalam jumlah yang cukup banyak, yaitu sekitar 345 miligram.

  1. Apel

Buah apel kaya akan karbohidrat dan pection (sejenis serat). Apel juga mengandung flavonol yang disebut quercetin dan juga berperan sebagai anti-kanker. Kandungan quercetin di dalamnya juga bermanfaat sebagai bahan anti-radang, sehingga bermanfaat pula bagi penyakit seperti arthritis. Sedangkan kandungan gizinya, apel ternyata mengandung vitamin C, tapi tidak sebanyak buah jeruk.

  1. Jeruk

Buah jeruk mengandung phytochemical yang disebut hesperidin yang bermanfaat sebagai antioksidan. Jeruk juga sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah. Buah ini juga termasuk buah rendah serat tapi kaya sumber vitamin C dan folat.

Jenis jeruk yang dapat kamu pilih adalah jeruk lemon atau jeruk nipis. Mengonsumsi jeruk jenis-jenis ini bisa tergolong dalam bentuk diet sehat dan cepat, karena kamu hanya perlu meminum perasan jeruk setiap pagi yang dicampur dengan air hangat.

Baca juga: Ketahui Fakta Minum Jus untuk Diet

  1. Stroberi

Buah stroberi mengandung ellagic acid yang berfungsi sebagai antioksidan. Ellagic acid terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, esofagus, payudara, cervix, dan lidah. Sebagai obat tradisional, stroberi diyakini memiliki antibakteri dan digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan. Stroberi kaya akan kandungan vitamin C yang juga cocok untuk program diet sehat.

  1. Melon

Buah melon pun ternyata bagus untuk diet sehat. Kandungan gula yang tinggi dan lycopene di dalamnya berfungsi sebagai antikanker.  Melon merah dan orange juga mengandung carotenoid yang dapat melindungi sel tubuh terhadap kerusakan radikal bebas dan dapat juga diubah menjadi vitamin A dalam tubuh.

Melon merupakan sumber karotenoid dan juga mengandung vitamin C. Sementara kandungan gula alami di dalam buah melon mampu memberikan energi pada tubuh ketika mulai lapar. Jadi, buah melon sangat cocok untuk dijadikan camilan sore ketika sedang program diet sehat.

  1. Pisang

Buah pisang kaya akan kandungan vitamin B6. Vitamin ini dibutuhkan untuk membuat serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, serta membuat tubuh terasa relaks dan mengurangi ketegangan. Adanya kandungan karbohidrat yang tinggi pada pisang membuat buah ini baik untuk menekan nafsu makan. Itulah sebabnya, buah pisang sangat cocok dijadikan buah untuk diet. Kamu dapat menjadikan buah ini sebagai pengganjal di jam-jam ngemil.

Baca juga: Luar Biasa, Inilah Manfaat Alpukat untuk Diet

Bagi kamu yang sedang menjalani program diet, cobalah mengonsumsi buah di atas. Hasil diet sehat dan maksimal akan kamu peroleh jika dikombinasikan dengan jadwal makan yang baik dan tetap aktif berolahraga. Kamu juga bisa berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan pilihan buah untuk diet lainnya. Diskusi dengan dokter di Halodoc dapat dilakukan via Chat atau Voice/Video Call kapan dan di mana saja. Saran dokter dapat diterima dengan praktis dengan cara download aplikasi Halodoc di Google Play atau App Store sekarang juga!