24 October 2018

6 Jenis Minuman Penghangat di Musim Hujan

6 jenis minuman penghangat di musim hujan

Halodoc, Jakarta – Di penghujung tahun seperti sekarang ini, Indonesia sudah memasuki musim hujan. Hujan yang turun hampir setiap hari membuat suhu udara makin lama semakin dingin. Cuaca yang dingin ditambah lagi dengan angin kencang membuat banyak orang jadi rentan terserang penyakit, seperti pilek, flu, demam, dan masuk angin. Karena itu, menjaga badan tetap hangat penting biar kamu enggak gampang sakit. Salah satu caranya adalah dengan minum minuman yang hangat. Nah, di musim hujan seperti ini, paling enak minum minuman hangat khas tradisional Indonesia. Enggak hanya bisa menghangatkan badan, minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami berikut ini juga bisa mencegah kamu terserang penyakit lho.

1. Wedang Ronde

 

 

Minuman yang satu ini menjadi favorit banyak orang di musim hujan karena rasanya yang enak dan dapat memberi sensasi hangat untuk tubuh ketika diminum. Wedang ronde merupakan bola-bola sagu berisi kacang yang disiram dengan air jahe panas dan gula. Minum air jahe memang merupakan cara yang ampuh untuk memberi kehangatan buat tubuh. Namun selain itu, jahe yang banyak mengandung vitamin C dan magnesium juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar kamu enggak gampang jatuh sakit.

2. Wedang Uwuh

 

 

Minuman hangat lainnya yang juga cocok dikonsumsi saat musim hujan adalah wedang uwuh. Minuman yang berasal dari Yogyakarta ini memiliki ciri khas, yaitu warna airnya yang kemerahan yang didapat dari kayu secang. Nah, salah satu manfaat kayu secang menurut beberapa penelitian adalah meningkatkan kerja sistem imun tubuh untuk melawan berbagai jenis bakteri. Dengan meminum wedang uwuh, kamu bisa terhindar dari diare, tifus, dan gangguan pencernaan lainnya yang disebabkan oleh bakteri yang biasanya muncul di musim hujan.

3. Bir Pletok

 

 

Bir pletok merupakan minuman tradisional khas Betawi. Meski namanya bir, tapi minuman ini enggak bikin mabuk lho karena tidak mengandung alkohol sama sekali. Bir pletok terbuat dari banyak bahan-bahan alami, seperti jahe, cengkeh, biji pala, lada, sereh, kapulaga, kayu manis, daun pandan, daun jeruk, dan gula manis. Dengan bahan-bahan tersebut, enggak heran bila bir pletok efektif membuat tubuh hangat seketika.

Selain itu, cengkeh yang terkandung dalam bir pletok juga punya banyak manfaat baik untuk tubuh lho. Cengkeh kaya akan antioksidan eugenol yang bermanfaat melawan radikal bebas dalam tubuh yang merupakan pemicu tumbuhnya sel kanker. Cengkeh juga memiliki sifat antibakteri yang mampu menghentikan infeksi dan membunuh bakteri E.coli yang menjadi penyebab diare.

4. Bir Kotjok

 

 

Sama seperti bir pletok, bir kotjok juga bir yang tidak mengandung alkohol. Bir khas kota Bogor ini juga menyehatkan karena terbuat dari jahe merah, kayu manis, cengkeh, dan gula merah. Tahukah kamu, jahe merah enggak kalah berkhasiatnya dari jahe kuning lho. Manfaat jahe merah, antara lain mencegah masalah pencernaan, membantu mengatasi radang otot, dan sebagai agen anti peradangan.

5. Bandrek

 

 

Bandrek bisa dibilang juga “wedang jahenya” orang Sunda. Terbuat dari jahe dan gula merah, serta tambahan rempah lainnya, seperti serai, merica, pandan, dan telur ayam kampung, dijamin tubuh akan langsung terasa hangat begitu kamu meminum bandrek.

6. Bajigur

 

 

Minuman hangat berwarna cokelat ini sangat nikmat dikonsumsi saat musim hujan. Berbahan dasar jahe dengan tambahan gula aren, santan, garam, daun pandan, dan bubuk vanili, membuat rasa bajigur semakin mantap.

Itulah 6 pilihan minuman hangat yang baik untuk dikonsumsi saat musim hujan. Kalau kamu sakit, beli obatnya di aplikasi Halodoc saja. Tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: