22 March 2018

5 Makanan yang Bisa Dikonsumsi saat Flu

5 Makanan yang Bisa Dikonsumsi saat Flu

Halodoc, Jakarta – Sebelum terjadi flu, biasanya, tubuh akan memberi "tanda" seperti hidung terus-menerus mengeluarkan ingus, sering bersin, sering batuk, pernapasan tidak lancar, suara serak, dan tidak enak badan. Jadi, sebelum flu menyerang, kamu harus menceganya.

Jika saat ini kamu merasa memiliki gejala tersebut, ada baiknya kamu memperbaiki asupan makan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Apa saja makanan untuk mencegah flu? Cari tahu di sini, yuk! (Baca juga: Cari Tahu 7 Cara Mudah Hindari Flu)

1. Bawang Putih

Bukan hanya sebagai penambah rasa, namun konsumsi bawang putih juga bisa mencegah flu. Ini karena bawang putih mengandung allicin, senyawa sulfur yang kaya akan antioksidan. Senyawa tersebut dipercaya dapat mengurangi gejala flu yang dialami dengan meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi tahun 2012 yang menemukan bahwa kelompok orang yang mengonsumsi bawang putih mengalami gejala flu lebih sedikit dan pulih lebih cepat dibandingkan yang tidak.

2. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin C, merupakan nutrisi yang berperan penting dalam respon daya tahan tubuh. Itu mengapa saat gejala flu muncul, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, salah satunya brokoli. Karena dibandingkan jeruk, brokoli lebih banyak mengandung vitamin C, lho. Brokoli juga kaya akan vitamin K, asam folat, dan antioksidan yang dapat meningkatkan efektivitas daya tahan tubuh dalam melawan virus penyebab flu. Agar lebih nikmat untuk dikonsumsi, kamu bisa mengolah brokoli dengan direbus, dibuat sup, atau apapun yang kamu sukai.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan omega 3 dan vitamin D yang berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya mengurangi risiko penyakit jantung, namun omega 3 juga dapat memicu produksi sel darah putih (limfosit) yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan menghancurkan bakteri berbahaya di dalam tubuh. Selain ikan salmon, kamu juga bisa mengonsumsi ikan lain yang kaya omega 3 seperti ikan sarden, makarel, dan tuna.

3. Yogurt

Probiotik yang terkandung dalam yogurt tidak hanya baik untuk pencernaan, melainkan juga daya tahan tubuh. Ini karena bakteri sehat yang ada di dalam yogurt membantu mengirimkan sinyal ke sel-sel kekebalan tubuh sehingga dapat meningkatkan daya kerja mereka dalam melawan kuman berbahaya. Studi yang dilakukan oleh Universitas Vienna menemukan bahwa mengonsumsi yogurt setiap hari membuat seseorang lebih kuat menahan serangan virus flu.

4. Ubi Jalar

Kandungan beta-karoten dalam ibu jalar akan diubah menjadi vitamin A, nutrisi yang dapat membantu memulihkan daya tahan tubuh saat muncul gejala flu. Ini karena vitamin A akan menjaga selaput lendir yang melapisi hidung dan tenggorokan tetap berfungsi optimal. Karena itu, kamu bisa mengonsumsi ubi jalar saat gejala flu muncul. Tapi sebisa mungkin, hindari merebus ubi jalar terlalu lama agar kandungan vitaminnya tidak hilang.

Umumnya, gejala flu akan sembuh dalam waktu 1-2 minggu. Namun, jika lima makanan di atas enggak membuat gejala flu yang kamu rasakan berkurang, kamu dianjurkan untuk bicara dengan dokter. Terlebih jika gejala flu tidak sembuh lebih dari 3 minggu dan disertai gejala lain seperti kesulitan bernapas, nyeri dada, dan batuk berdarah. Untuk bicara dengan dokter, kamu bisa memanfaatkan fitur Contact Doctor di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, Voice Call, dan Video Call. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play. (Baca juga: Tanpa Minum Obat, Redakan Flu Bisa dengan 4 Makanan Sehat Berikut)