06 August 2018

6 Makanan yang untuk Atasi Sembelit pada Ibu Hamil

makanan atasi sembelit, sembelit pada ibu hamil, masalah pencernaan pada ibu hamil,sembelit

Halodoc, Jakarta – Kehamilan bisa membuat semua wanita mengalami perubahan pada tubuh. Salah satunya adalah masalah pencernaan atau buang air besar. Sembelit menjadi salah satu keluhan yang biasanya dirasakan oleh ibu hamil, terutama pada trimester pertama.

Sembelit bisa terjadi karena meningkatnya hormon progesteron pada tubuh ibu. Meskipun bukan penyakit yang serius, tapi sembelit harus segera diatasi. Jika dibiarkan, sembelit akan menyebabkan wasir atau penyakit lainnya.

Baca juga: Cara Atasi Susah BAB Pada Ibu Hamil

Sebaiknya ibu tidak menggunakan obat-obatan untuk menghilangkan sembelit yang dirasakan. Ibu bisa melakukan beberapa olahraga ringan. Sebab, bergerak lebih banyak dapat mengurangi penyakit sembelit.

Efek gerakan yang baik tentu berdampak baik juga untuk pencernaan dan usus. Selain itu, jangan lupa memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Nah, berikut adalah makanan yang bisa mengatasi sembelit pada ibu hamil.

1. Buah Pepaya

Sudah bukan rahasia jika buah pepaya memiliki segudang manfaat untuk masalah pencernaan. Salah satunya adalah untuk melancarkan penyakit sembelit, khususnya pada ibu hamil. Pepaya mengandung serat dan vitamin yang cukup tinggi.

Tidak hanya itu, papaya juga mengandung enzim papain yang berfungsi untuk melunakkan feses yang keras. Dengan begitu, feses akan lebih mudah keluar. Jangan lupa konsumsi buah pepaya dengan rutin, agar ibu terhindar dari masalah pencernaan selama menjalani masa kehamilan.

2. Brokoli

Brokoli mengandung banyak serat dan air, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan mengonsumsi brokoli, ibu hamil akan terhindar dari penyakit masalah pencernaan, salah satunya sembelit. Agar manfaat brokoli bisa dirasakan dengan baik, sebaiknya jangan memasak brokoli terlalu lama.

3. Kacang Polong

Selain memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi, kacang polong juga memiliki kandungan serat. Dengan mengonsumsi kacang polong, kamu bisa menghindari sembelit. Tidak hanya serat dan protein nabati, kacang polong ternyata mengandung asam folat yang sangat baik untuk kesehatan bayi dalam kandungan.

4. Buah Kismis

Buah kismis juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga baik dikonsumsi ibu hamil. Dengan rutin mengonsumsi buah kismis, ibu akan terhindar dari sembelit saat menjalani masa kehamilan. Selain membantu ibu mengatasi masalah sembelit, buah kismis juga bisa membantu dalam meningkat kadar haemoglobin ibu hamil.

5. Cincau

Selain untuk menghilangkan penyakit panas dalam, nyatanya cincau sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan pada ibu hamil. Kandungan serat dalam cincau akan membantu ibu hamil menghindari masalah sembelit. Cincau juga bermanfaat untuk membersihkan saluran pencernaan, supaya ibu terhindar dari penyakit serius yang bisa mengancam saluran pencernaan.

6. Semangka

Sembelit bisa terjadi bukan saja karena tubuh kekurangan serat. Saat tubuh kekurangan cairan, sembelit pun bisa terjadi pada ibu hamil. Untuk mengatasi sembelit, ibu bisa mengonsumsi semangka karena mengandung mineral dan air yang cukup tinggi. Mengonsumsi buah semangka dapat membantu meningkatkan gerakan pada usus dan memperbaiki sistem pencernaan ibu.

Baca juga: 5 Tips untuk Mencegah Sembelit

Selain mengonsumsi beberapa makanan tersebut, ibu jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh untuk menghindari penyakit sembelit. Jika ibu memiliki keluhan terhadap masalah pencernaan saat hamil, ibu bisa menanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!