09 October 2018

6 Tips Cegah Demam Berdarah di Rumah

6 Tips Cegah Demam Berdarah di Rumah

Halodoc, Jakarta - DBD atau Demam Berdarah Dengue sudah jadi masalah yang rutin terjadi di Indonesia. Kasus orang terjangkit penyakit ini masih bertambah. Penyakit yang menular lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini banyak dipengaruhi oleh faktor alam seperti suhu yang lembap, hingga curah hujan. Ini adalah 6 hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah dan mengurangi penyakit DBD dari rumah.

1. Terapkan Rumah yang Bersih dan Sehat

Tips pertama ini adalah cara yang sederhana dan mutlak, tetapi sering kali terabaikan. Rumah yang bersih akan menghindarkan banyak penyakit. Karena sebagian besar penyakit berasal dari bakteri dan hewan-hewan yang dapat hidup di tempat yang lembap serta kotor seperti nyamuk. Rutin membersihkan tempat tinggal, khususnya penampungan air, akan menekan perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti.

2. Bersihkan dan Tutup Bak atau Penampungan Air

Seperti sudah disinggung tadi, nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak di air. Telur dan jentik nyamuk sangat bergantung pada penampungan air. Jika kamu biarkan tanpa dikuras atau pun disikat, telur dan jentik ini tidak akan hilang. Lakukan pembersihan tempat penampungan air ini secara berkala untuk memastikan nyamuk tidak berkembang biak di sana. Setelah kamu pastikan tempat penampungan air rumahmu bersih, jangan lupa tutup rapat.

3. Gunakan Bubuk Larvasida

Untuk tempat-tempat yang bisa menampung air tapi sulit dikuras seperti talang air, taburkan bubuk larvasida yang berguna untuk membunuh jentik serta telur nyamuk. Penggunaan bubuk ini tidak hanya ketika talang air sedang penuh, tapi kamu perlu juga menaburkannya di saat kosong. Karena ada fakta menarik mengenai telur dan jentik nyamuk. Mereka sebenarnya dapat bertahan di tempat kering dalam waktu kurang lebih 3-6 bulan.

4. Jangan Tumpuk Barang Bekas

Barang-barang bekas di dalam rumah yang menumpuk, bisa menjadi habitat nyamuk dan bakteri lain. Daur ulang atau buang semua barang tidak terpakai agar rumah tidak memiliki banyak ruangan kecil yang bisa menjadi sarang penyakit termasuk demam berdarah.

5. Cegah Gigitan Nyamuk dengan Obat Anti Nyamuk atau Kelambu

Penyebaran paling utama dari demam berdarah adalah gigitan nyamuk. Karena itu, tips ini sebenarnya sudah sangat jelas. Cegah nyamuk untuk bisa menggigit kulitmu dengan menggunakan losion anti nyamuk atau pun menggunakan kelambu saat tidur. Pilih lah mana yang menurutmu paling nyaman terutama ketika tidur. Karena istirahat yang cukup juga penting untuk menjaga kesehatan secara umum.

6. Jaga Ketahanan Tubuh

Penyakit seperti demam berdarah dengue diakibatkan oleh virus. Karena itu, daya tahan tubuh yang kuat dapat mencegah virus ini menjadi masalah dan penyakit. Minum multivitamin atau pun penguat imun jika dibutuhkan. Kamu juga bisa menggunakan bahan tradisional seperti kelapa hijau dan madu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

jika kamu atau keluarga ingin tahu lebih banyak mengenai demam berdarah, yuk tanyakan pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

Baca Juga: