25 June 2017

Catat, 6 Makanan untuk Menyembuhkan Demam Berdarah

Catat, 6 Makanan untuk Menyembuhkan Demam Berdarah

Halodoc, Jakarta - Demam berdarah adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue, virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti betina. Seseorang yang terkena virus ini akan mengalami beberapa gejala demam berdarah seperti demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala, serta menimbulkan hilangnya nafsu makan sehingga membuat pengidapnya menjadi lemas.

Hilangnya nafsu makan memang akan membuat tubuh menjadi lemas, dan dapat memperburuk kondisi tubuh. Untuk itu disarankan agar seseorang yang mengidap demam berdarah, wajib untuk mengonsumsi makanan sehat agar kondisi tidak semakin memburuk. Makanan untuk menyembuhkan demam berdarah, haruslah memiliki kandungan gizi yang baik. Agar tubuh tidak semakin drop, konsumsilah makanan yang dapat meningkatkan trombosit dalam darah.

Terdapat 6 jenis makanan untuk menyembuhkan demam berdarah yang bisa dikonsumsi saat seseorang mengidap gejala demam berdarah, agar tubuh dapat mampu melawan virus tersebut. Inilah 6 makanan untuk menyembuhkan demam berdarah tersebut:

1.  Bubur
Bubur adalah makanan yang dikenal sebagai makanan yang mudah dicerna dan banyak memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Bubur memang kerap kali menjadi makanan untuk menyembuhkan demam berdarah yang sering diberikan kepada pengidap, karena 80% dari bubur mengandung air yang dapat membantu mencegah dehidrasi dalam tubuh.

2.  Buah Jeruk
Makanan untuk menyembuhkan demam berdarah lainnya adalah buah jeruk, yang dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah dengan cara dijus. Buah jeruk dipercaya memiliki banyak kandungan vitamin C, yang mampu menambah antibodi dalam tubuh. Sehingga tubuh dapat melakukan pemulihan dengan lebih cepat, selain itu jeruk juga dipercaya dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan bagi pengidap demam berdarah.

3.  Daun Pepaya
Daun pepaya memiliki rasa yang pahit, namun para dokter banyak yang menyarankan bahwa daun pepaya adalah makanan untuk menyembuhkan demam berdarah terbaik untuk melawan virus dengue. Daun pepaya mengandung  vitamin, protein, karbohidrat, zat besi, kalsium dan fosfor yang dapat membantu naiknya trombosit dalam darah.

4.  Mengonsumsi Ikan
Bagi pengidap penyakit demam berdarah, tentunya membutuhkan makanan yang menyehatkan. Salah satu makanan yang menyehatkan adalah dengan mengonsumsi ikan, seperti yang kita ketahui bahwa ikan banyak mengandung vitamin, mineral, dan protein yang dapat menyehatkan otot, jantung serta menjaga tubuh dari kekurangan trombosit akibat virus demam berdarah.

Sehingga selama terserang demam berdarah tubuh pengidap tetap kuat dan bertenaga, dengan mengonsumsi ikan, yang baik untuk tubuh. Sebaiknya olah ikan dengan cara dikukus tanpa menggunakan bumbu cabe dan merica yang berlebihan, agar bermanfaat untuk tubuh.

5.  Daging Sapi Cincang
Daging sapi memiliki kadar mineral dan protein yang tinggi sehingga baik bagi pengidap demam berdarah, mengonsumsi daging sapi berguna untuk meningkatkan kesehatan jaringan tubuh. Ada baiknya mengolah daging sapi ini dengan cara dicincang, dan dijadikan sebagai sup hangat.

6.  Agar-agar
Makanan untuk menyembuhkan demam berdarah lainnya dengan mengonsumsi agar-agar yang terbuat dari rumput laut. Rumput laut mengandung vitamin, mineral, dan serat yang tinggi dapat menyehatkan pencernaan dan peredaran darah ke seluruh tubuh. Pengidap demam berdarah, cenderung kesulitan untuk buang air besar karena keseimbangan tubuhnya sedang terganggu. Maka dari itu pengidap demam berdarah, diwajibkan untuk mengonsumsi agar-agar.


Itulah keenam makanan untuk menyembuhkan demam berdarah yang dapat di konsumsi oleh pengidapnya. Untuk menjawab keluhan lain seputar demam berdarah, tanyakan langsung saja pada dokter yang telah stand by 24/7 lewat aplikasi Halodoc! Selain memiliki pilihan metode komunikasi melalui chat, video call, dan voice call, Halodoc juga menyediakan layanan Pharmacy Delivery yang memudahkan kamu untuk membeli obat melalui smartphone. Tunggu apa lagi? Download aplikasi Halodoc sekarang melalui App Store dan Google Play!

BACA JUGA: 5 Pertolongan Pertama Pada Anak Demam